Insomnia? 6 Tips Ini Ampuh Bikin Tidur Nyenyak
Shutterstock
SerbaSerbi

Insomnia merupakan gangguan tidur yang cukup menyebalkan bagi sebagian orang. Yuk simak beberapa cara bikin tidur nyenyak.

WowKeren - Insomnia menjadi satu hal menyebalkan untuk sebagian orang. Gangguan satu ini menyebabkan seseorang sulit untuk terlelap pada waktu tidur.

Efek yang diterima penderita insomnia tidak main-main lho. Insomnia dapat menyebabkan suasana hati buruk hingga sulit berkonsentrasi. Padahal untuk melakukan kegiatan sehari-hari kedua hal itu sangat diperlukan.


Penderita insomnia sebagian besar adalah wanita. Terutama saat hamil atau lanjut usia. Wanita hamil kerap mengalami gangguan tidur karena perubahan pada perutnya yang membuat posisi tidur tidak nyaman.

Namun, insomnia bukannya tidak bisa diatasi. Berikut 6 cara atasi insomia yang ampuh:

(wk/nris)

1. Hindari Cahaya dari Gadget Sebelum Tidur


Hindari Cahaya dari Gadget Sebelum Tidur

Mengatasi insomnia dapat dilakukan dengan memperbaiki pola hidup. Salah satunya adalah kebiasaan penggunaan gadget yang berlebihan.

Bagi yang ingin tidurnya nyenyak disarankan untuk menjauhkan gadget sebelum tidur. Pasalnya, paparan cahaya dari alat elektronik seperti ponsel, komputer dan lainnya dapat memberi sinyal pada otak agar tetap terjaga.

Taruh lah ponsel dalam mode diam dan simpan jauh-jauh dari tempat tidur. Hal itu dilakukan agar tidak tergoda untuk memeriksa pesan masuk atau pun media sosial.

2. Coba Behitung


Coba Behitung

Meski merupakan metode lama, menghitung domba (pada umumnya) terbukti dapat membuat seseorang tertidur lho. Untuk melaksanakan metode ini, tidak harus menghitung domba tetapi bisa juga dengan menghitung mundur dari 100 hingga 1.

Cara tersebut cukup rumit secara matematis sehingga seseorang dapat bosan hingga tertidur. Metode ini juga sangat mudah untuk dilakukan.

3. Buat Kamar Tidur Jadi Nyaman


Buat Kamar Tidur Jadi Nyaman

Suasana kamar tidur rupanya cukup mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Untuk dapat tidur nyaman, lebih baik membuat kamar minim cahaya, sunyi dan memiliki suhu yang sejuk.

Penggunaan penutup mata saat tidur juga bisa membantu lho. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan wangi-wangian yang menenangkan seperti lavender.

4. Atur Jam Makan Malam


Atur Jam Makan Malam

Gangguan tidur mungkin dapat disebabkan juga karena makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Sebaiknya jangan memakan hidangan berat dan minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Selain insomnia, alkohol dapat menyebabkan seseorang tidak segar saat bangun di pagi harinya. Lebih baik mengonsumsi camilan ringan seperti biskuit atau susu 3 hingga 4 jam sebelum tidur.

5. Tidur Bareng Hewan Peliharaan


Tidur Bareng Hewan Peliharaan

Cara satu ini bisa jadi ampuh untuk penderita insomnia. Sebuah penelitian menemukan, seseorang yang tidur dengan hewan peliharaan lebih nyaman saat tidur dari pada yang tidak.

Eits tunggu dulu, tidur yang dimaksud bukan pada kasur yang sama. Kalian bisa membiarkan hewan peliharaan tidur di lantai atau kasur khusus mereka yang berdekatan.

6. Gunakan Penutup Kuping


Gunakan Penutup Kuping

Penutup telinga sangat bermanfaat saat ingin tidur nyenyak. Benda ini dapat meredam suara-suara berisik misalnya dengkuran atau suara lainnya.

Penggunaan penutup telinga saat tidur kini memang sudah popuper. Bahkan terdapat beberapa penutup telinga yang dengan mengeluarkan suara menangkan seperti suara deburan ombak dan air terjun. Karena berfungsi secara wireless, maka tidak perlu khawatir tidur tengganggu dengan lilitan kabel.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru