Sering Tak Bersihkan Maskara Saat Tidur, Wanita Ini Alami Hal Mengerikan
Beauty Junkees
SerbaSerbi

Pada mulanya, wanita asal Australia ini mengeluh merasakan sensasi seperti dipenuhi pasir di kedua matanya.

WowKeren - Bagi banyak wanita, merias wajah merupakan kegiatan yang wajib dilakukan. Lalu, apakah kamu merupakan orang yang malas membersihkan make up di penghujung hari atau saat akan tidur? Wah, kalau iya, kamu harus berpikir ulang lagi. Bahaya kesehatan bisa saja mengintaimu.

Seorang wanita berusia 50 tahun di Sydney, Australia, datang ke dokter dan mengeluh tentang matanya yang terasa seperti dipenuhi pasir. Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter menemukan bintik-bintik hitam yang mengerikan di bagian dalam kelopak matanya. Ketika dokter menggali penyebabnya, bintik-bintik tersebut ternyata berasal dari rutinitas kecantikan yang salah.

Rupanya, pasien wanita bernama Theresa Lynch tersebut mengaku sudah menggunakan maskara selama 25 tahun dan jarang membersihkannya sebelum tidur. "Dia mengaku sudah lebih dari 25 tahun menggunakan maskara yang berat pada bulu matanya," ujar dokter mata Dana Robaei dilansir Livescience pada Selasa (5/6).

Puluhan tahun tidur dengan menggunakan maskara telah menyebabkan berbagai masalah pada mata Lynch. Potongan-potongan kecil maskara terkumpul selama bertahun-tahun dan berubah menjadi benda yang padat dan keras di kelopak matanya. Beberapa dari sisa-sisa maskara tersebut bahkan menyembul melalui konjengtivanya dan menggores korneanya.

Maskara hitam biasanya terdiri atas sekumpulan minyak, lilin, dan juga air yang dicampur bersama dengan karbon hitam dan oksida besi untuk pigmen. Jenis bahan yang diguakan dalam beberapa make up mungkin cukup aman untuk digunakan, tapi maskara, cepat atau lambat, akan membuat bulu matamu mengelupas.


Sering Tak Bersihkan Maskara Saat Tidur, Wanita Ini Alami Hal Mengerikan

Source: Dailymail

Dalam kasus ini, potongan sisa-sisa maskara tersebut berkumpul menjadi satu dan sangat mengganggu matanya. Gumpalan sisa maskara tersebut berakhir dengan peradangan kronis yang aneh.

Untuk membuang gumpalan sisa maskara dalam mata Lynch, dokter menghabiskan waktu operasi selama 90 menit. Akibat operasi tersebut, Lynch harus mendapatkan bekas luka permanen di kedua kelopak mata dan korneanya.

"Ini adalah kasus luar biasa, saya belum pernah melihat yang seperti ini," lanjut Robaei. "Tapi ini adalah risiko yang tidak disadari oleh banyak orang.".

Lynch pun mengaku menyesal karena kerap tidak membersihkan make up di wajahnya sebelum tidur. Ia memperingatkan para wanita yang memakai maskara untuk tidak lupa membersihkannya secara menyeluruh sebelum tidur.

"Sangat penting untuk membersihkan make up Anda setiap malam. Anda tidak boleh melewatkan satu hari pun," ungkap Lynch. "Aku seharusnya tidak membiarkannya sampai sejauh ini.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait