Kembali Puncaki Box Office, Pendapatan 'Solo: A Star Wars Story' Malah Anjlok
Film

Pendapatan turun drastis, 'Solo: A Star Wars Story' menjadi film terburuk dalam saga 'Star Wars'.

WowKeren - "Solo: A Star Wars Story" memang memuncaki box office di pekan kedua penayangan sejak dirilis pada 25 Mei lalu. Namun siapa sangka, meski masih mendominasi posisi puncak, nyatanya pencapaian "Solo: A Star Wars Story" secara global justru menurun drastis.

Pekan ini, film yang dibintangi oleh Alden Ehrenreich tersebut hanya mampu mengumpulkan pendapatan sebesar USD 29,3 juta (sekitar Rp 406 miliar). Jika dihitung secara keseluruhan, pendapatan tersebut turun hingga mencapai 65 persen dari pekan sebelumnya, yang meraup USD 84 juta (sekitar Rp 1,1 triliun). Penurunan ini tentunya berakibat besar bagi Disney serta franchise "Star Wars".

Sementara itu, total pendapatan domestik "Solo: A Star Wars Story" sampai pekan kedua pun hanya USD 149,5 juta (sekitar Rp 2 triliun). Sedangkan penghasilan globalnya mencapai USD 264 juta (sekitar Rp 3,6 triliun).

Dilansir Reuters pada Selasa (5/6), pendapatan ini menjadikan "Solo: A Star Wars Story" sebagai film terburuk dalam saga "Star Wars" karena tidak bisa mendulang lebih banyak keuntungan. Namun hal ini disebut-sebut akibat keputusan Disney yang merilis "Solo: A Star Wars Story" berdekatan dengan "Avengers: Infinity War".

Jika dibandingkan dengan biaya produksinya yang tinggi, tentunya film ini bisa dibilang mengecewakan. Menurut Adam B. Vary, salah satu penulis film senior di BuzzFeed, produksi "Solo: A Star Wars Story" diperkirakan menghabiskan hampir USD 250 juta (sekitar Rp 3,4 triliun).

Di samping itu, masalah di tengah produksi "Solo: A Star Wars Story" disebut-sebut sebagai pemicu meledaknya biaya produksi film. Seperti yang diketahui, awalnya film ini akan digarap oleh sutrdara Phil Lord dan Chris Miller. Namun keduanya keluar karena cekcok dengan Presiden LucasFilm, Kathleen Kennedy, sehingga Ron Howard pun menggantikannya.

Sementara itu, dugaan lain yang memicu anjloknya pendapatan film ini disebabkan "Solo: A Star Wars Story" mengisahkan latar belakang karakter yang tidak dibutuhkan. Seperti yang diketahui, film ini menceritakan asal-usul Han Solo yang dahulu diperankan Harrison Ford, salah satu karakter utama "Star Wars". Hampir semua pemeran dalam film ini pun belum berkarakter kuat, apalagi Han Solo yang kini tak lagi ada di film Star Wars karena karakternya sudah tewas dalam "Star Wars: The Force Awakens".

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait