Sepak Terjang iKON di YG, Debut Penuh Drama Hingga 'Love Scenario' Sukses Besar
Selebriti

Pada Jumat (30/12), iKON diumumkan tidak akan memperpanjang kontrak dengan YG Entertainment. Simak perjalanan karier mereka yang dimulai dengan debut dramatis hingga keluar agensi.

WowKeren - Kabar mengejutkan datang dari iKON. Boy grup yang digawangi Jay (Jinhwan), Song (Yunhyeong), Bobby, DK (Donghyuk), June (Koo Junhoe), dan Chan (Chanwoo) itu memutuskan hengkang dari YG Entertainment.

Pada Jumat (30/12), YG Entertainment mengumumkan bahwa 6 member iKON telah mengakhiri kontrak eksklusif mereka. Keputusan itu diambil setelah mereka melakukan diskusi panjang.

Kabar keluarnya iKON dari agensi yang telah membesarkannya berhasil membuat penggemar syok. Meski sebelumnya Bobby lebih dulu dikabarkan hengkang, pemberitaan ini tetap mengejutkan. Namun penggemar masih bisa bernapas lega karena mereka berenam memutuskan tetap lanjut sebagai grup.

Bicara soal karier, iKON melalui jalan terjal sejak sebelum debut. Dulunya para member minus Chan tergabung dalam Tim B yang dipersiapkan untuk debut. Kala itu, Tim B masih mempunyai BI alias Kim Hanbin yang punya andil dalam hal produksi.

Pada 2012, BI, Bobby, Jinhwan, Junhoe dan Yunhyeong berkompetisi sebagai Tim B di program survival "WIN: Who is Next?" untuk mendapatkan kesempatan debut. Kalah dari Tim A yang kemudian debut sebagai WINNER (II), perjalanan mereka dalam program itu sungguh dramatis.

Pada Juni 2014, Tim B kembali diadu dalam survival "Mix & Match" untuk menentukan line-up akhir grup iKON. Harus melewati dua kali program survival yang ditonton secara terbuka, debut mereka penuh perjuangan.

Sementara Bobby, BI dan Jinhwan sudah fix debut, member tim B sisanya harus berkompetisi dengan tiga trainee baru. Mereka adalah Jung Jinhyeong, Yang Hongseok yang kini jadi member Pentagon dan Chanwoo. Pada akhirnya, semua member Tim B bisa mempertahankan posisinya dan ditambah Chanwoo untuk debut di bawah nama iKON.

Sebelum debut, iKON sudah menggelar fanmeeting di Korea, Jepang dan Tiongkok serta dihadiri puluhan ribu penggemar. Dengan prestasi sedemikian rupa sebelum debut, karier iKON dianggap menjanjikan.


Pada 2015, iKON merilis album debut "Welcome Back" menjadi dua bagian. Mereka memulai debut dengan pra-rilis "My Type" yang langsung meraih kemenangan musik pertama dan meraih triple crown di chart Gaon. Sehari setelah konser debut, mereka meraih kemenangan musik ketiga lagu itu usai menampilkan "Rhythm Ta" dan "Airplane" di "Inkigayo.

Dengan suksesnya debut, iKON menggelar tur Asia pertama bertajuk "iKoncert 2016: Showtime Tour" di Taiwan, Tiongkok, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia dan Indonesia. Selanjutnya mereka mengadakan tur Jepang hingga mendulang hasil akhir 260 ribu penonton dari 25 konser.

Seiring berjalannya waktu dan ditunjang lagu bernuansa asyik, iKON semakin sukses saja. Mereka menggelar dome tur pertama di Jepang pada 2017. Pada tahun yang sama, mereka mulai merilis seri album baru "New Kids" secara terus menerus sepanjang 2017.

Pada Januari 2018, iKON merilis single utama "Love Scenario" yang sukses besar hingga meraih titel Song of The Year. Dalam album pamungkas "New Kids" mereka bahkan menggandeng artis lain termasuk PSY, Taeyang BIG BANG dan Tablo Epik High.

"Love Scenario" menduduki puncak chart Gaon Weekly selama enam minggu dan menjadikan iKON artis pertama dengan capaian sedemikian rupa. Setelah iKON muncul di Closing Ceremony Asian Games 2018 di Jakarta, "Love Scenario" makin populer di Indonesia. Bahkan lagu ini juga sempat digunakan untuk membangunkan sahur di bulan Ramadan oleh remaja Indonesia.

Namun sayangnya sepak terjang iKON harus diwarnai hengkangnya salah satu member. BI mengumumkan keluar dari grup setelah terkena skandal obat-obatan terlarang pada pertengahan 2019.

Sepeninggal BI, iKON terus aktif merilis lagu. Dirilis pada Feburari 2020, EP ketiga mereka "I Decide" memulai debut di nomor 3 Gaon Album Chart. Setahun kemudian mereka meluncurkan single digital baru "Why Why Why" sebelum bergabung dalam program "Kingdom: Legendary War" dan bersaing dengan boy grup besar lain.

Tahun terakhir di YG Entertainment, iKON cukup aktif merilis karya. Setelah comeback dengan EP keempat "Flashback" dengan title track "But You", iKOn menggelar tur Jepang.

Saat ini, iKON tetap berdiri sebagai grup meski sudah hengkang dari YG Entertainment. Penggemar menantikan karya mereka usai tidak lagi bergabung di agensi tersebut.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru