2NE1 Profile
2NE1 Profile Photo

2NE1

Profesi
Grup musik wanita
Nama Asli
To Anyone
Tgl Lahir
Jul 16, 2018
Lahir di
Seoul, Korea Selatan
Profesi
Grup musik wanita
Populer
Merilis singel "Fire" (2009)
Tempat Lahir
Seoul, Korea Selatan
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Populer Sejak
Merilis singel "Fire" (2009)

2NE1 adalah girlband asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan YG Entertainment. Girlband yang didirikan pada tahun 2008 dengan personil CL (Lee Chae Rin), Bom (Park Bom), Dara (Sandara Park) dan Minzy (Gong Min Ji) ini memiliki fansclub bernama Blackjack.

2NE1 adalah akronim dari 21 (menunjukkan abad) dan New Evolution. Jika digabung, 2NE1 bermakna New Evolution of the 21st Century (evolusi baru abad 21). Namun jika dilafalkan, pengucapan 2NE1 mirip dengan To Anyone (untuk semuanya).

Girlband yang belum pernah mengalami pergantian formasi ini memperkenalkan diri ke publik sekitar akhir 2008. 2NE1 menjalani masa training selama empat tahun sebelum debut. 2NE1 tampil perdana menyanyikan single "Lollipop" (2009) bersama Big Bang. Mereka kemudian merilis singlenya sendiri dengan judul "Fire" (2009). Kedua single yang termasuk dalam mini album "2NE1" ini langsung diberi penghargaan sebagai "Song of the Month May" oleh "Cyworld Digital Music Awards 2009".

2NE1 meluncurkan album perdananya, "To Anyone" (2010), yang berisi 12 lagu. Album yang mengandalkan single "Clap Your Hands" (2009) dan "Go Away" (2010) itu sukses mendongkrak kepopuleran 2NE1. Mereka dinobatkan sebagai "Artist of the Year" dan "Best Female Group" di ajang penghargaan Mnet Asian Music Awards 2010. Album "To Anyone" juga sukses meraih gelar "Album of the Year" di acara yang sama.

2NE1 menjalani beberapa promo untuk mendukung debutnya di Jepang. Namun hal tersebut urung terlaksana karena musibah gempa bumi dan tsunami yang melanda negeri sakura. Akhirnya, single "Go Away", yang sudah dibuatkan versi Jepang-nya, dirilis tanpa promosi. Single "Go Away - Japanesse Version" (2011) tetap mendapat respon hangat dari penikmat musik K-Pop di Jepang.

Sekembalinya ke Korea, mereka langsung disibukkan dengan pembuatan mini album, "2NE1 2nd Mini Album" (2011), yang memuat "Lonely" (2011) sebagai single utama. Single bergenre ballad tersebut berbeda dengan single sebelumnya karena dibuat tanpa gerakan dance. Kemampuan akting dan berekspresi keempat personilnya di single ini justru menyedot perhatian. Tak heran jika di Mnet Asian Music Awards 2011, single "Lonely" diberi gelar "Best Vocal Performance Group". Mini album "2NE1 2nd Mini Album" juga berhasil membawa pulang gelar "Album of the Year" di acara yang sama.

Ketika tampil pertama kali ke publik, 2NE1 seakan ingin menampilkan kesan cewek yang tidak bisa diam dan unik. Namun di beberapa lagunya, 2NE1 mengubah imej itu menjadi karakter wanita feminim yang kuat. Di lagunya yang lain, 2NE1 malah tampil misterius dengan dandanan ala gothic. Mereka mengaku masing-masing personil terpengaruh sosok yang berbeda, seperti Christina Aguilera, Lauryn Hill serta Uhm Jung Hwa.

Setelah vakum 1 tahun dari dunia musik kpop, 2NE1 kembali dengan single baru berjudul �I love You� (2012). Kembalinya mereka ke dunia kpop diikuti dengan pengumuman mengejutkan yakni konser bertajuk "New Evolution World Tour". Tur ini dimulai di Seoul, 28 Juli 2012. Selanjutnya mereka bertandang ke Amerika Serikat. Setelah berhasil menghentak Prudential Center di New York, 2NE1 melanjutkan perjalanannya ke Los Angeles. Mereka tampil memukau di hadapan 6.800 blackjack di Nokia Theater LA. Selesai tur Amerika Serikat, mereka kembali melanjutkan di Jepang, Taiwan dan berakhir di Singapura.

Mei 2013, sang leader CL menjajal solo karirnya. Ia merilis single yang berjudul "The Baddest Female". Lagu ini sukses mengantarkan CL menjuarai Best Female Solo Dance Performance di Mnet Asian Music Awards yang diselenggarakan 22 November 2013 di Hongkong.

Selain comeback solo CL, 2NE1 juga kembali sebagai kelompok. Juli, mereka meluncurkan "Falling In Love" yang terkenal karena musik reggaenya yang kental. Bulan berikutnya mereka kembali merilis "Do You Love Me". November, mereka kembali dengan single "Missing You". Single ini berhasil menyapu banyak chart musik online di Korea Selatan. Lagu ini menceritakan kesedihan yang mendalam akibat perpisahan dan mampu membuat menangis siapapun yang mendengarkannya. "Cinta mudaku harus berakhir seperti ini", ujar Dara 2NE1 menangis ketika memperkenalkan lagu ini.

2NE1 Lirik Lagu
Lirik Lagu
Lirik

Be Mine

Lirik Lagu
Lirik

Can't Nobody

Lirik Lagu
Lirik

Can't Nobody (ENGLISH)

Lirik Lagu
Lirik

Clap Your Hands

Lirik Lagu
Lirik

Come Back Home

Lirik Lagu
Lirik

Crush

Lirik Lagu
Lirik

Crush (Japanese Version)

Lirik Lagu
Lirik

Do You Love Me

Lirik Lagu
Lirik

Don't Stop The Music

Lirik Lagu
Lirik

Falling In Love

Lirik Lagu
Lirik

Fire

Lirik Lagu
Lirik

Go Away