Cate Blanchett Profile
Cate Blanchett Profile Photo

Cate Blanchett

Profesi
Aktris
Nama Asli
Catherine Elise Blanchett
Tgl Lahir
May 14, 1969
Lahir di
Melbourne, Victoria, Australia
Profesi
Aktris
Populer
Berperan sebagai Elizabeth I di film "Elizabeth" (1998)
Tempat Lahir
Melbourne, Victoria, Australia
Tinggi Badan
174
Kewarganegaraan
Australia
Warna Rambut
Pirang
Warna Mata
Biru
Ayah
Robert Blanchett
Pekerjaan Ayah
Tentara AL, eksekutif periklanan
Ibu
June Blanchett
Pekerjaan Ibu
Guru, ahli bangunan
Pendidikan
  • Pernah kuliah di Melbourne University, jurusan ekonomi dan seni
  • Lulus dari National Institute of Dramatic Art, Sidney, tahun 1992
  • Andrew Upton (penulis skenario, sejak 29-Des-97)
Saudara
Robert "Bob" Blanchett Jr. (kakak laki-laki, programmer komputer), Genevieve Blanchett (adik perempuan, desainer tata panggung teater)
Suami/Istri
Andrew Upton (penulis skenario, sejak 29-Des-97)
Anak-anak
Dashiell John (laki-laki, L. 03-Des-01), Roman Robert (laki-laki, L. 23-Apr-04), Ignatius Martin Upton (laki-laki, L.13-Apr-08)
Populer Sejak
Berperan sebagai Elizabeth I di film "Elizabeth" (1998)

Lahir di Ivanhoe, Melbourne, pada 14 Mei 1969, Catherine Elise Blanchett yang akrab disapa Cate Blanchett ini merupakan anak kedua pasangan Robert "Bob" Blanchett dan June. Robert adalah seorang perwira angkatan laut Amerika Serikat yang kemudian bekerja sebagai eksekutif perusahaan periklanan, sementara June adalah agen properti sekaligus seorang guru. Adapun Cate memiliki kakak bernama Bob (insinyur sistem komputer) dan adik perempuan bernama Genevieve (desainer tata panggung).

Ketika berusia sepuluh tahun, ayah Cate meninggal karena serangan jantung. Kematian ayahnya yang mendadak itu sempat membuat Cate kecil menjadi sedih. Bahkan membuat Cate tumbuh menjadi gadis yang kurang populer. Apalagi Cate juga menempuh pendidikan di sekolah khusus perempuan sehingga membuatnya terkesan sebagai gadis yang "kuper". Padahal Cate sebenarnya adalah seorang gadis yang ceria sekaligus menyukai dunia peran. Namun, predikat yang disandangnya sewaktu masih bersekolah di Ivanhoe Girls Grammar School dan Methodist Ladies College tersebut tak pernah membuatnya minder. Setelah lulus, Cate melakukan perjalanan ke Mesir. Rupanya disanalah karir pertamanya sebagai aktris dimulai. Beberapa tamu yang menginap di sebuah hotel di Kairo meminta Cate untuk menjadi figuran di sebuah film action antara petinju Amerika melawan petinju Mesir. Kala itu, Cate yang masih berusia 18 tahun tersebut diminta menjadi salah satu penonton pertandingan.

Terinspirasi dari pengalamannya di Mesir, Cate kemudian pindah ke Sydney untuk belajar di National Institute of Dramatic Art. Lulus tahun 1992, Cate memulai karirnya di bidang seni peran sebagai aktris teater. Tahun 1993, Cate berhasil meraih penghargaan Sydney Theatre Critics' Best Newcomer Award berkat kemampuannya saat beradu akting dengan aktor senior Geoffrey Rush dalam drama "Oleanna". Berkat drama tersebut, Cate berhasil mendapat beberapa tawaran untuk bermain di mini seri televisi dan layar lebar Australia seperti mini seri TV "Bordertown" yang juga dibintangi aktor film "The Lord of the Rings: The Return of The King", Hugo Weaving, dan debut filmnya, "Police Rescue: The Movie" (1994).

Semakin berambisi menjadi aktris, Cate mulai merambah dunia film internasional dengan menjadi lawan main Glenn Close di film "Paradise Road" (1997). Setahun kemudian, Cate terpilih untuk menghidupkan karakter ratu Inggris, Elizabeth I, dalam film "Elizabeth" (1998). Tak hanya berhasil mendapat peran utama, Cate juga menyabet penghargaan Best Actress in a Motion Picture Drama di ajang bergengsi Gloden Globe. Setelah bermain di film "Elizabeth", Cate kemudian mendapat beberapa tawaran untuk bermain di film-film terkenal seperti film trilogi "The Lord of the Rings", "Veronica Guerin" dan film yang membuatnya berhasil meraih penghargaan Oscar pertamanya, "The Aviator". Tahun 2010, Cate terpilih menjadi lawan main Russel Crowe di film arahan sutradara Ridley Scott, "Robin Hood".

Tak hanya sukses sebagai aktris, Cate juga berhasil menemukan pujaan hatinya, seorang penulis skenario dan naskah drama bernama Andrew Upton. Keduanya bertemu saat Cate terlibat dalam produksi drama yang digelar grup teater Belvoir Street, "The Seagull" (1996). Awalnya Cate dan Andrew merasa tak cocok satu sama lain. Andrew kerap menganggap Cate sebagai wanita penyendiri, sementara Cate menganggap Andrew sebagai pria arogan. Meski sempat tidak akur, Cate kemudian menjalin kasih dan menikah dengan Andrew pada 29 Desember 1997. Dari pernikahan yang kini telah berjalan hampir 13 tahun ini lahirlah Dashiell John (3 Desember 2001), Roman Robert (23 April 2004) dan Ignatius Martin (13 April 2008).

Loading...