Mark Wahlberg Profile
Mark Wahlberg Profile Photo

Mark Wahlberg

Profesi
Aktor
Nama Asli
Mark Robert Michael Wahlberg
Tgl Lahir
Jun 5, 1971
Lahir di
Dorchester, Massachusetts, AS
Profesi
Aktor
Populer
Berperan sebagai Eddie Adams/Dirk Diggler di film "Boogie Nights" (1997)
Tempat Lahir
Dorchester, Massachusetts, AS
Tinggi Badan
170
Kewarganegaraan
Amerika
Ayah
Donald Edward Wahlberg
Pekerjaan Ayah
Supir
Ibu
Alma Elaine Donnelly
Pekerjaan Ibu
Perawat
Saudara
Arthur (kakak), James (kakak), Paul (kakak), Donnie (kakak, mantan anggota NKOTB, produser), Robert (kakak, aktor), Debbie (kakak), Michelle (kakak), Tracey (kakak)
Suami/Istri
Rhea Durham (model, sejak 1-Agt-09)
Kekasih
Reese Witherspoon (aktris, 1996), China Chow (aktris, 2000), Jordana Brewster (aktris, 2000-2001)
Anak-anak
Ella Rae (lahir 2-Sep-03), Michael (lahir 12-Mar-06), Brendan Joseph (lahir 16-Sep-08), Margaret Grace (lahir 11-Jan-10)
Populer Sejak
Berperan sebagai Eddie Adams/Dirk Diggler di film "Boogie Nights" (1997)

Mark Robert Michael Wahlberg atau yang akrab disapa Mark Wahlber lahir di Dorchester, Massachusetts, pada 5 Juni 1971. Dia adalah putra bungsu pasangan supir jasa antar, Donald Edward Wahlberg, dan pegawai bank sekaligus asisten perawat, Alma Elaine. Mark memiliki delapan saudara yakni Arthur, Jim, Paul, Robert, Tracey, Michelle, Debbie (meninggal tahun 2003) dan Donnie Wahlberg.

Sejak masih muda, Mark adalah sosok pemuda ugal-ugalan yang sering mencuri mobil sekaligus pecandu narkoba dan alkohol. Mark juga gemar berkelahi. Suatu hari Mark menghajar seorang pria Vietnam hingga tak sadarkan diri dan akhirnya membuat salah satu mata pria tersebut buta. Aksi nekat itu membuat Mark ditangkap polisi dan harus menjalani hukuman penjara selama dua tahun.

Tak hanya dikenal sebagai remaja beringas, Mark ternyata juga telah memulai karir sebagai penyanyi. Sebelumnya, dia sempat bergabung dalam grup musik New Kids On The Block bersama kakaknya, Donnie, Danny Wood, Jordan Knight dan Jonathan Knight. Namun, ketika grup musik tersebut baru mulai meniti karir, Mark memilih keluar dan akhirnya digantikan oleh Joey McIntyre. Mark kemudian membentuk grup rap yang diberi nama Marky Mark and the Funky Bunch. Rupanya karir Mark di grup musik tersebut terbilang sukses. Bahkan debut albumnya "Music for the People" (1991) berhasil meraih penghargaan platinum sementara beberapa single dalam album tersebut seperti "Good Vibration" dan "Wildside" menduduki peringkat pertama di tangga lagu Billboard Hot 100. Sayangnya penjualan album kedua Marky Mark and the Funky Bunch, "You Gotta Believe", justru menurun dan akhirnya membuat grup tersebut membubarkan diri pada tahun 1993.

Setelah karirnya di grup rap kandas, Mark menjajal kemampuan sebagai model. Adapun dia pernah menjadi model pakaian dalam Calvin Klein dan sempat tampil bersama Kate Moss. Sambil menyelam minum air, itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan kehidupan Mark. Sukses sebagai model, Mark kemudian mencoba untuk memasuki dunia akting. Dia memulai debutnya sebagai aktor lewat film TV "The Substitute" (1993). Sepertinya Mark merasa bahwa menjadi aktor adalah bagian hidupnya. Dia pun berambisi untuk membintangi film layar lebar. Tahun 1995, Mark terpilih untuk menjadi lawan main Leonardo Dicaprio di film "The Basketball Diaries". Pamornya sebagai aktor mulai naik ketika dia meraih nominasi penghargaan pertamanya di ajang MTV Movie Award lewat film "Fear" (1996). Berkat aktingnya sebagai pemuda psikopat David McCall, Mark berhasil masuk sebagai salah satu nominator untuk kategori Best Villain.

Setelah memerankan karakter psikopat, Mark kemudian beralih menjadi pria tuna susila Eddie Adams di film "Boogie Nights" (1997). Kepiawaian Mark memerankan pria tuna susila berhasil mendongkrak popularitasnya sebagai aktor. Dia kemudian mendapat kesempatan untuk beradu akting dengan Chow Yun-Fat di film "The Corruptor" (1999). Beberapa film yang dibintangi Mark juga cukup terkenal dan menjadi box office seperti "The Perfect Storm" (2000), "The Italian Job", "Invincible" dan "The Departed". Bahkan penampilannya sebagai Sersan Sean Dignam di film "The Departed" berhasil membuat Mark dinominasikan di dua ajang bergengsi yakni Oscar dan Golden Globe, untuk kategori yang sama, Best Supporting Actor. Selain penampilannya di berbagai film laga seperti "Shooter" dan Max Payne", kepiawaiannya berakting juga dapat disaksikan di film drama dan komedi yakni "The Lovely Bones" dan "Date Night".

Berlawanan dengan masa remajanya yang penuh petualangan, aktor yang kini berusia 39 tahun ini ternyata telah berubah menjadi sosok suami dan ayah yang baik. Setelah menjalin kasih dengan beberapa aktris seperti Reese Witherspoon (1996), China Chow (2000) dan Jordana Brewster (2000 - 2001), Mark akhirnya mengakhiri masa lajang dengan menikahi seorang model bernama Rhea Durham pada 1 Agustus 2009. Dari pernikahan tersebut, Mark dan Rhea dikaruniai empat anak yakni Ella Rae (2 September 2003), Michael (12 Maret 2006), Brendan Joseph (16 September 2006) dan Margaret Grace (11 Januari 2010).

Loading...