Meryl Streep Profile
Meryl Streep Profile Photo

Meryl Streep

Profesi
Aktris
Nama Asli
Mary Louise Streep
Tgl Lahir
Jun 22, 1949
Lahir di
Summit, New Jersey, AS
Profesi
Aktris
Populer
Berperan sebagai Linda di film "The Deer Hunter" (1978)
Tempat Lahir
Summit, New Jersey, AS
Tinggi Badan
167,5
Kewarganegaraan
Amerika
Warna Rambut
Pirang
Warna Mata
Biru
Ayah
Harry William Streep, Jr.
Pekerjaan Ayah
Eksekutif perusahaan obat
Ibu
Mary Wolf
Pekerjaan Ibu
Artis iklan komersial
Pendidikan
  • Lulus dari Vassar College, New York, dengan gelar BA bidang English dan drama tahun 1971
  • Lulus dari Yale University, dengan gelar MFA di bidang drama tahun 1975
  • Donald J. Gummer (pemahat, sejak 30-Sept-78)
Saudara
Harry Streep III (koreografer, adik), Dana (pialang saham, adik)
Suami/Istri
Donald J. Gummer (pemahat, sejak 30-Sept-78)
Kekasih
John Cazale (aktor, 1976-1978)
Anak-anak
Henry Gummer (lahir 1979), Mamie Gummer (lahir 3-Agt-83), Grace Gummer (lahir 1986), Louisa Jacobson (lahir 12-Jun-91)
Populer Sejak
Berperan sebagai Linda di film "The Deer Hunter" (1978)

Mary Louise Strepp yang dikenal sebagai Meryl Streep lahir di Summit, New Jersey, 22 Juni 1949. Aktris yang berdarah keturunan Jerman, Swiss dan Inggris ini merupakan putri pasangan eksekutif perusahaan farmasi, Harry William Streep, Jr., dan bintang iklan sekaligus mantan editor bidang seni, Mary Wolf Wilkinson. Meryl memiliki dua saudara yakni Dana dan Harry.

Beranjak dewasa, Meryl rupanya memang ditakdirkan untuk meraih kesuksesan. Dia rupanya menunjukkan bakatnya di bidang akting dan drama. Meryl beberapa kali tampil di atas panggung pertunjukan saat dia menempuh pendidikan di Yale School of Drama dan Vassar College. Beberapa tahun setelah lulus, Meryl berhasil mengawali debutnya sebagai aktris lewat film layar lebar "Julia" (1977). Dua tahun setelah debutnya itu, Meryl menyabet penghargaan Oscar di kategori Best Supporting Actress lewat perannya sebagai Joanna Kramer di film "Kramer vs. Kramer" (1979). Sementara penghargaan pertamanya untuk kategori Best Actress di ajang penghargaan Oscar berhasil diraih Meryl lewat film "Sophie's Choice" (1982).

Tahun 1980 hingga 1999, pamor Meryl di Hollywood kian berkibar. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan beberapa film yang dibintanginya seperti "Out of Africa" (1985), "Ironweed" (1987), "Death Becomes Her" (1992), "The Bridges of Madison County" (1995), "Before and After" (1996), "Marvin's Room" (1996), dan "Music of the Heart" (1999). Dalam hal akting, Meryl dikenal sangat jago menghidupkan berbagai karakter. Dia pernah memperlihatkan sisi sinis dan sarkasme lewat perannya sebagai bos Anne Hathaway, Miranda Priestly, di film "The Devil Wears Prada".

Dia juga sempat menampilkan sisi kikuk saat berperan sebagai bibi Josephine di film anak-anak yang dibintangi Jim Carrey, "Lemony Snicket's A Series of Unfortunate Events". Kepiawaian akting Meryl semakin diakui dunia ketika aktris yang kini berusia 61 tahun ini berhasil menunjukkan keahlian menyanyinya lewat film musikal, "Mamma Mia!". Tahun 2010, Meryl dikabarkan mendapat tawaran peran yang cukup menantang. Dia bakal menghidupkan karakter mantan perdana menteri wanita pertama di Inggris, Margaret Thatcher, di film biopic tentang kehidupan Marget bertajuk "Thatcher". Rencananya, film produksi BBC Films ini akan dirilis 2011 mendatang.

Di kehidupan pribadi, Meryl adalah sosok perempuan yang selalu bersikap santai dan perhatian. Adapun Meryl pernah bertunangan dengan aktor film "The Godfather" (1974), John Cazale. Sayangnya hubungan asmara tersebut harus kandas ketika John meninggal karena kanker pada Maret 1978. Beberapa bulan kemudian Meryl menikah dengan seorang pemahat, Don Gummer, pada 15 September 1978. Dari pernikahan yang kini telah berusia 31 tahun tersebut mereka dikarunai empat anak yakni Mamie Gummer, Henry Wolfe, Grace Gummer dan Louisa Jacobson.

Loading...