Penerbit 'Harry Potter and the Goblet of Fire' Menyangkal Tuduhan Plagiat
Film

J.K. Rowling dituduh menjiplak ide dari buku anak-anak yang juga bercerita tentang penyihir, namun tuduhan tersebut tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

WowKeren - Seperti diberitakan oleh Reuters, perusahaan penerbitan Bloomsbury Publishing Plc telah menyangkal tuduhan bahwa penulis J.K. Rowling menjiplak bagian-bagian penting dari sebuah buku anak-anak lain ketika ia menulis buku "Harry Potter and the Goblet of Fire". Tuduhan plagiarism yang dilayangkan oleh pewaris dari Adrian Jacobs, penulis buku yang dijiplak tersebut, ditanggapi pihak Bloomsbury sebagai tuduhan yang tidak berdasar, tidak terbukti dan tidak benar.

Sebelum Bloomsbury menyampaikan sangkalan mereka, Adrian mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan tuntutan pelanggaran hak cipta terhadap Bloomsbury di Pengadilan Tinggi London. Ketika itu, pewaris Adrian, Paul Allen, mengatakan bahwa Rowling telah menjiplak bagian-bagian penting "The Adventures of Willy the Wizard -- No 1 Livid Land" yang ditulis oleh Adrian pada tahun 1987.

Paul menambahkan bahwa "Goblet of Fire" mengambil elemen-elemen penting "Willy the Wizard", termasuk diantaranya adalah kompetisi antar penyihir. Lebih lanjut lagi, ia menambahkan bahwa serial "Harry Potter" juga mengadopsi ide dari buku yang ditulis Adrian ini tentang para penyihir yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta.


Menanggapi pernyataan tersebut, pihak Bloomsbury mengatakan bahwa Rowling tidak pernah sedikitpun mendengar tentang Adrian Jacobs, sebelum menekankan bahwa Rowling bahkan belum pernah melihat, membaca, dan mendengar tentang karya-karyanya hingga tuntutan ini diajukan pertama kali pada tahun 2004, tujuh tahun setelah terbitnya buku "Harry Potter" yang pertama.

Bloomsbury menambahkan bahwa "Willy the Wizard" yang terdiri atas 36 halaman ini diterbitkan untuk kalangan terbatas. Selain itu, Bloomsbury juga berkilah kalau buku tersebut juga tidak berkisah seputar sekolah penyihir dan karakter utamanya bukanlah seorang penyihir muda.

"Harry Potter and the Goblet of Fire" merupakan seri keempat dari serial "Harry Potter" yang ditulis oleh J.K. Rowling. Buku yang telah dibuat versi filmnya ini diterbitkan tahun 2000 dan telah laku terjual lebih dari 400 juta kopi di seluruh dunia.

(wk/)

You can share this post!