Ahli IT Buktikan Foto Mesra Elvira dan Ketua KPK Cuma Rekayasa
Selebriti

Sekjen Forum Akademisi IT (FAIT), Janner Simarmata, menyadari adanya sejumlah kejanggalan dari foto mesum tersebut.

WowKeren - Foto mesra Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira dengan Ketua KPK Abraham Samad diyakini sebagai editan. Hal ini diungkap oleh Sekjen Forum Akademisi IT (FAIT), Janner Simarmata.

"Memang dengan kecanggihan teknologi saat ini, semuanya bisa lebih mudah, bahkan dalam hal merekayasa. Sebenarnya untuk melakukan pembuktian terhadap keaslian foto, bisa kita lakukan dengan cara pengamatan secara visual dan metode ini," ujar Janner pada Okezone. "Sudah dapat dipastikan bahwa foto mesum Abraham Samad adalah hasil dari sebuah rekayasa."


Dosen Komputer Universitas Negeri Medan tersebut kemudian membeberkan sejumlah kejanggalan seperti bentuk tangan yang tidak proporsional dan juga terkesan foto Abraham Samad hanya sekedar ditempel dengan foto Elvira. Janner menambahkan kalau foto tersebut diedit menggunakan aplikasi rekayasa dengan memanfaatkan beberapa metode, seperti Blurring (mengaburkan), Smoothing (memperhalus tepi), dan Smudging (memperhalus permukaan objek).

"Sangat disayangkan keahlian yang dimiliki digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak baik," ujar Janner. "Jika seseorang menggunakan komputer atau bagian dari jaringan komputer tanpa seizin yang berhak, ini dapat digolongkan sebagai kejahatan di dunia maya. Proses hukum terhadap pelaku tindak pidana rekayasa foto, dapat dijerat Pasal 72 angka 5 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta dan Pasal 27 ayat 1, Pasal 35 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, tentang Informasi dan Teknologi Elektronik."

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru