Lirik 'Fake Love' BTS Ternyata Disensor Radio Amerika, Ini Alasannya
Musik

Lirik yang disensor di lagu 'Fake Love' adalah kata 'Naega' yang berarti aku.

WowKeren - Bangtan Boys belum lama ini comeback dengan album bertajuk "Love Yourself: Her". Boy grup yang digawangi oleh Rap Monster cs itu pun sukses mencetak sederet rekor baru lewat title track "Fake Love".

Sayangnya, fans rupanya tak bisa mendengar versi lengkap lagu "Fake Love" di stasiun radio Amerika Serikat. Hal itu lantaran stasiun radio Amerika memutuskan untuk melakukan sensor pada salah satu kata di dalam liriknya.

Kata yang dimaksud itu adalah "Naega". Dalam bahasa Korea, "Naega" berarti aku, namun stasiun radio Amerika menganggap kata itu bisa disalah dengar menjadi "Nigga", yang merupakan kata-kata buruk yang merujuk pada orang kulit hitam.

Salah satu fans pun mengirim email pada salah satu stasiun radio terbesar di Amerika yakni iHeart Radio. Tak butuh waktu lama, program direktur JJ Ryan pun langsung menjelaskan alasan lengkap disensornya lagu "Fake Love".

"Hi Alexx (fans BTS yang bertanya). Pertama aku ingin mengucapkan terima kasih sudah mendengarkan. Menjawab pertanyaanmu soal versi 'Fake Love' yang kamu dengar di KJ103 (dan sepertinya di semua stasiun radio US) yang mana sudah diedit. Ini adalah satu-satunya versi yang dikirimkan ke radio dari label rekaman," tulis JJ Ryan.


Lirik \'Fake Love\' BTS Ternyata Disensor Radio Amerika, Ini Alasannya

Source: Kstarlive

"Pemahamanku adalah mereka melakukannya karena menghindari stasiun radio tak memutar single itu karena salah satunya terdengar seperti kata yang menyudutkan pendengar US atau mendapat keluhan dari Komisi Komunikasi Federal."

"Sebagai contoh, jika publik mendengar di stasiun radio US memutar dan berkata di siaran radio dan ada seseorang yang merasa terserang dengan kata itu atau dia langsung melakukan komplain formal."

"Komplain itu bisa membuat lisensi stasiun radio dicabut. Mereka sepertinya memutuskan untuk tak mengambil resiko dan melakukan editing agar stasiun radio US bisa memutarnya dan tak mendapatkan komplain dari pendengar."

"Hal ini juga bisa memberikan 'Fake Love" kemungkin terbesar untuk menjadi lagu hits, yang tentu saja itulah tujuan utamanya. Ingat, sebagian besar pendengar Amerika tak tahu bahasa Korea, jadi mereka tak akan paham artinya saat mendengarkan. Mereka mungkin hanya berpikir kata pelanggaran yang mereka pahami. Kuharap ini bisa menjawab pertanyaanmu," pungkas JJ Ryan.

Sementara itu, BTS saat ini tengah berada di Amerika untuk mengisi Billboard Music Awards 2018. Jungkook cs juga dinominasikan sebagai pemenang Top Social Artist.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait