Demi Introspeksi Diri, Raline Shah Rajin Menulis Diary
Instagram/ralineshah
Selebriti

Diary ala Raline Shah bukan berisi curahan hati, namun lebih pada rasa syukur dan cara memperbaiki diri sendiri.

WowKeren - Di sela-sela kesibukannya syuting, Raline Shah ternyata menyempatkan waktu untuk menekuni hobi baru, yakni menulis diary. Namun yang ia tulis bukanlah diary yang berisi curahan hati, tetapi sedikit berbeda dan mempunyai pola tersendiri.

"Namanya '5 Minutes Journal', yaitu tiap hari ada quote-nya di atas," tulis Raline saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin (21/5). "Setiap minggu ada challenge-nya, kayak tantangan yang harus kita lakukan."

Tidak hanya unik, diary yang ditulis Raline itu berisi hal-hal yang patut ia syukuri. Hal ini secara tidak langsung dapat menjadi introspeksi diri sendiri bagi Raline.

"Paginya, kita harus menuliskan tiga hal yang kita syukuri, tiga hal yang ingin kita lakukan hari itu," sambung Raline. "Dan malamnya, apa yang bisa kita perbaiki dari hari itu sendiri, dan apa yang membuat hari itu amazing atau spesial."

Biarpun terkesan begitu sederhana, diary yang ditulis Raline ini menjadi wadah yang pas untuk memperbaiki segala kesalahan yang ia perbuat. Tak ketinggalan, dengan menulis diary, Raline pun selalu diingatkan untuk bersyukur kepada Tuhan tentang apa saja yang ia miliki. Dengan demikian, ia mengaku menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.


"Setelah sebulan, dua bulan, kita melihat balik, kita ternyata bisa bersyukur dengan banyak sekali hal," lanjut Raline. "Dan kita bisa memperbaiki diri, itu setiap harinya biarpun sedikit tapi akumulatif. Jadi, biarpun statis enggak apa-apa, asal jangan lebih parah saja. Jadi be a better me everyday."

Manfaat lain dari hobi baru Raline ini adalah menjadikannya lebih disiplin. Hal ini lantaran ia tidak pernah absen mengisi diary-nya setiap hari.

"Insyaallah aku ngisi sebagai bentuk disiplin juga sih. Aku rasa ritual itu harus dikerjakan setiap hari seperti dengan kita salat," tambah Raline. "Salat itu ‘kan harus kita lakukan setiap hari. Itu suatu ritual yang untuk memperbaiki diri kita ke arah spiritual, sehat jasmani dan rohani."

Sayangnya, Raline belum ingin menjadikan diary miliknya itu sebuah buku yang dapat dibaca semua orang. Kini, ia hanya memfokuskan diary tersebut sebagai introspeksi diri saja.

"Soalnya (diary berisi) hal-hal kecil kita tuliskan, apalagi hal yang kita syukurin, kita itu sebenarnya apa, realisasi diri kita hari ini," imbuh Raline. "Misalnya hari ini aku tulis, aku bisa jalani hari dengan baik, gitu."

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait