Identifikasi Selesai, Jenazah Bayu Korban Bom Surabaya Akhirnya Diserahkan kepada Keluarga
Facebook
Nasional

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin menjelaskan penyebab proses identifikasi membutuhkan waktu yang cukup lama.

WowKeren - Identifikasi korban ledakan bom di Gereja Santa Maria Tak Bercela Ngagel Surabaya, Aloysius Bayu Rendra Wardana, akhirnya telah rampung. Jenazah Bayu akhirnya telah diserahkan pihak Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim kepada keluarga, Selasa (22/5).

Proses penyerahan jenazah Bayu diwarnai isak tangis dari anggota keluarga. Kesedihan juga dirasakan oleh kakak sepupu Bayu, Yossy Martono. Yossy tak bisa membendung kesedihannya sehingga harus dibopong untuk masuk ke dalam mobilnya.

Kapolda Jatim, Irjen. Pol. Machfud Arifin, mengakui proses identifikasi membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni hingga sembilan hari. Tim dokter forensik dan Disaster Victim Investigation (DVI) harus melakukan identifikasi mendetail terhadap jasad Bayu.

"Ini karena butuh waktu untuk pemeriksaan DNA yang bersangkutan (Bayu)," kata Machfud di ruang jenazah RS Bhayangkara, Selasa (22/5). "Ciri-ciri sudah tidak bisa dikenali lagi, sehingga kita harus memastikan, salah satunya dengan tes DNA," sambung Machfud.


Machfud juga menyerahkan akta kematian dan tali asih kepada pihak keluarga. "Mudah-mudahan tidak ada lagi korban korban berikutnya dari pelaku teroris ini. Kita semua masyarakat mengecam kejadian ini. Sungguh prihatin, mudah-mudahan tidak terulang lagi di Indonesia ini," tutur Machfud.

Sementara itu, jenazah Bayu sempat disemayamkan di studio foto yang letaknya di samping rumah duka, Jalan Gubeng Kertajaya. Galih Wardhana, adik kandung Bayu, mengatakan pihak mendiang Bayu kerap menghabiskan waktu di studio tersebut.

"Mas Bayu sering habiskan waktu di studio foto ini," ungkap Galih. "Jadi kami semayamkan di tempat yang paling disukainya," lanjutnya.

Usai disemayamkan, jenazah Bayu akan dimakamkan pada Rabu, 23 Mei 2018 di Tempat Pemakaman Umum Keputih, Surabaya. Namun, sebelumnya akan dilakukan Misa Penghormatan dan pelepasan jenazah di Gereja Santa Maria Tak Bercela.

(wk/vent)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru