Susul James Franco dan Harvey Weinstein, Morgan Freeman Tersandung Masalah Pelecehan Seksual
Getty Images
Selebriti

Ada sekitar 16 wanita yang mengajukan tuduhan dan mengaku telah dilecehkan secara seksual oleh Morgan Freeman.

WowKeren - Industri hiburan Hollywood kembali tercoreng. Usai sederet aktor serta produser yang terlibat skandal pelecehan seksual seperti James Franco, Harvey Weinstein, hingga Bill Cosby, kali ini giliran aktor Morgan Freeman yang tersandung kasus serupa.

Morgan Freeman dituduh melakukan pelecehan seksual dan tindakan tak senonoh kepada sejumlah wanita, baik di lokasi syuting maupun di rumah produksi miliknya. Ada sekitar 16 wanita yang mengajukan tuduhan pada Morgan. Salah satunya adalah asisten produksi film "Going in Style" yang dibintangi Morgan bersama Alan Arkin dan Michael Caine pada tahun 2015 lalu.

Wanita tersebut mengungkapkan bahwa ia dilecehkan selama berbulan-bulan hampir setiap hari saat proses produksi film tersebut berlangsung. Ia juga mengaku bahwa Morgan sering meletakkan tangannya atau menggosok punggung bagian bawahnya. "Dia (Morgan) terus mencoba untuk menyingkap rok dan bertanya apakah aku mengenakan celana dalam," ujar wanita tersebut.

Tak hanya itu, seorang anggota senior staf produksi film "Now You See Me" yang dibintangi Morgan mengungkapkan bahwa sang aktor melakukan pelecehan seksual kepadanya dan asisten wanitanya di sejumlah kesempatan dengan mengomentari tubuh mereka.


"Dia berkomentar soal tubuh kami... (jika kami) tidak mengenakan pakaian atasan yang memperlihatkan payudara kami, tidak memakai apapun yang menunjukkan bokong kami, berarti (kami) tidak memakai pakaian yang pas," tutur staf tersebut.

Tujuh di antara 16 wanita tersebut megaku dilecehkan oleh sang aktor di perusahaan produksi milik Morgan, Revelations Entertainment. Empat orang yang bekerja di produksi set film dengan Morgan selama lebih dari satu dekade menyebut pria yang berusia 80 tahun itu berulang kali melakukan tindakan yang membuat wanita merasa tidak nyaman di tempat kerja.

Atas berbagai tuduhan yang dilayangkan kepadanya, Morgan pun mengeluarkan permintaan maaf resmi. "Siapa saja yang mengenalku atau pernah bekerja denganku tahu bahwa aku bukan seseorang yang secara sengaja menyinggung atau secara sadar membuat orang lain merasa tidak nyaman. Aku minta maaf kepada siapa saja yang merasa tidak nyaman atau tidak dihormati," ungkap Morgan Dilansir E!News pada Jumat (25/5).

Beberapa saat setelahnya, organisasi pekerja di bidang perfilman, televisi dan radio di Amerika, Screen Actors Guildā€American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mengkaji klaim orang-orang yang mengajukan tuduhan terhadap Morgan.

"Mengingat Morgan Freeman baru-baru ini menerima salah satu penghargaan paling bergengsi serikat pekerja kami yang mengakui hasil karyanya, maka kami meninjau kembali tindakan korektif apa yang bisa diambil saat ini," papar juru bicara SAG-AFTRA.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait