8 Hal Menakjubkan Ini Ternyata Bisa Dilakukan Cuma dengan Modal Smartphone
CNBC
SerbaSerbi

Hal-hal yang biasa kamu lakukan dengan bantuan alat lain ternyata bisa diganti hanya dengan menggunakan sebuah ponsel pintar, apa saja?

WowKeren - Pada zaman sekarang, banyak orang merasa tidak bisa lagi dipisahkan dengan ponsel pintar mereka. Ya, hal itu tentunya disebabkan karena semua hal sudah lebih canggih. Hampir semua segi kehidupan kini bisa dikendalikan melalui benda kecil berukuran segegam tangan tersebut. Ketinggalan ponsel, hampir seperti sebuah bencana.

Kepraktisan tersebut rupanya belum bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh beberapa orang. Hal-hal kecil dan menakjubkan ternyata bisa dilakukan cuma bermodalkan ponsel pintar saja. Pernahkah kamu membayangkan hal sesederhana menggatungkan pigura dengan sudut sejajar yang pas bisa kamu lakukan dengan bantuan ponsel pintar? Lalu, hal menakjubkan lain seperti mengecek apakah baterai remot milikmu masih berfungsi atau harus diganti hanya bermodalkan ponsel pintar semata?

Penasaran kan bagaimana caranya membuat ponsel pintarmu jadi benar-benar pintar karena bisa melakukan beberapa hal menakjubkan selain yang selama ini sudah umum diketahui? Ini dia 8 fakta menakjubkan yang tidak pernah kamu ketahui tentang ponsel pintarmu berikut ini.

(wk/silm)

1. Scan Kode QR Tanpa Aplikasi Khusus


Scan Kode QR Tanpa Aplikasi Khusus

QR Code atau Kode QR merupakan bentuk evolusi dari kode batang satu dimensi menjadi dua dimensi. Jika kode QR satu dimensi hanya memberikan informasi-informasi yang terbatas, kode QR ini bisa memberikan informasi yang luas seperti gambar dan bahkan video.

Kalau selama ini kamu berpikir harus memasang aplikasi khusus demi membaca sebuah QR kode, maka kamu telah salah besar. Untuk pengguna IPhone kamu hanya harus membuka kameramu dan mengarahkannya pada kode QR yang ingin kamu baca. Beruntungnya, hal yang sama juga berlaku untuk ponsel Android. Yang harus kamu lakukan hanyalah membuka Google App dan mengizinkan untuk melakukan screen search. Mudah bukan?

2. Mendiagnosa Kerusakan Mobilmu


Mendiagnosa Kerusakan Mobilmu

Tak tahu apa yang terjadi dengan mobilmu yang tiba-tiba mogok? Sudah keliling jauh cari bengkel tapi tidak juga ketemu? Tenang, kamu bisa andalkan ponsel pintarmu, asalkan dengan cara ini, nih.

Kamu hanya harus mengunduh sebuah aplikasi bernama Automatic Pro. Aplikasi ini bekerja untuk IPhone dan juga Android. Kamu juga akan mendapatkan adaptor yang memungkinkanmu untuk menghubungkannya dengan port ODB-II di mobil. Port ini biasanya terletak di dekat pangkal kolom kemudi. Setelah dicolokkan, aplikasi ini dapat memberikanmu peringatan tentang di mana kamu parkir, mendiagnosis masalah mesin dan bahkan memberikan kabar pada orang terdekatmu jika terjadi kecelakaan pada mobilmu. Hebat bukan?

3. Mengecek Baterai Remot


Mengecek Baterai Remot

Hal ini nih yang mungkin tidak pernah terbayang di benakmu untuk bisa dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel pintar saja. Ya, mengecek apakan baterai remotmu masih bisa berfungsi atau sudah waktunya mengganti yang baru.

Caranya gampang banget, lho. Kamu cuma harus mengarahkan remot ke kamera depan di ponselmu dan tekan tombol apa saja. Jika kamu bisa melihat cahaya inframerah dari remot terpantul di layar, maka itu masih berfungsi. Jika tidak, maka jangan membuang-buang waktumu dengan menganalisis apa yang salah dengan remotmu, cukup ganti baterainya.

4. Membantu Memasang Lukisan Agar Sejajar


Membantu Memasang Lukisan Agar Sejajar

Yap, enggak perlu deh minta bantuan teman untuk melihat apakah kamu sudah memasang pigura atau lukisan dengan sudut yang sejajar atau belum. Cukup gunakan ponsel pintarmu dan masalah ini akan selesai. Caranya?

Cukup pasang aplikasi Bubble Level untuk ponsel IPhone atau Android milikmu. Aplikasi ini dirancang untuk menunjukkan apakah sebuah permukaan horizontal atau vertikal. Aplikasi ini juga bisa mengukur sebuah sudut. Jadi, kalau ingin pigura yang kamu pasang bisa sejajar, kamu bisa ukur dulu nih pakai aplikasi ini dan enggak usah berulang kali geser-geser buat menentukan sudut yang sejajar, ya.

5. Mengukur Kadar Alkohol dalam Darah


Mengukur Kadar Alkohol dalam Darah

Menyetir merupakan kegiatan yang butuh konsentrasi tinggi. Oleh karena itu, kamu tentu harus dalam keadaan sadar sepenuhnya. Enggak boleh mengantuk apalagi sedang dalam keadaan mabuk. Bahaya banget.

Nah, dengan ponsel pintarmu yang terhubung dengan aplikasi BACtrack, kamu bisa mengukur kadar alkohol dalam tubuhmu. Jadi, mengendara bisa lebih aman dan tentunya enggak membahayakan nyawa orang lain juga diri sendiri. Lebih berguna kan ponsel pintar milikmu ?

6. Menyalakan Mobil


Menyalakan Mobil

Jika kamu sudah memiliki aplikasi yang tersambung untuk mengecek keadaan mobilmu tadi, kamu juga bisa melakukan hal keren lainnya, lho. Buat mobilmu lebih aman dengan hanya membuka satu aplikasi lewat ponsel pintarmu.

Hal yang harus kamu lakukan cuma memasang aplikasi Viper SmartStart di ponsel pintar milikmu. Selanjutnya, kamu bisa mengunci, membuka, dan bahkan menyalakan mesin mobilmu hanya dengan sekali pencet di ponsel pintar yang selalu kamu genggam itu.

7. Menyetir dengan GPS Augmented Reality


Menyetir dengan GPS Augmented Reality

Masih suka nyasar padahal sudah pakai GPS? Atau malah gara-gara harus sering melihat GPS kamu malah enggak konsentrasi ke jalan dan membahayakan nyawamu dan orang lain? Sudah saatnya beralih ke yang lebih baik dengan modal ponsel pintarmu saja.

Dengan aplikasi bernama Hudway kamu tidak akan pernah lagi harus memilih antara berkonsentrasi dengan jalan atau memantau GPS milikmu. Aplikasi realitas yang diperbesar ini tersedia untuk IPhone juga untuk Android. Aplikasi ini akan langsung memproyeksikan ke layar yang kamu pasang di dasbor dan membuatnya lebih mudah untukmu berkonsentrasi dengan jalanan tanpa takut salah pilih jalan.

8. Mengontrol Denyut Jantung


Mengontrol Denyut Jantung

Bahkan jika kamu enggak punya alat untuk mengukur dan mengontrol denyut jantungmu, kamu enggak perlu khawatir. Dengan ponsel pintar milikmu semuanya bisa menjadi mungkin.

Hal yang harus kamu lakukan adalah memasang aplikasi bernama Instant Heart Rate dan aplikasi tersebut akan secara otomatis bisa menampilkan denyut jantungmu. Kamu tentu akan lebih mudah dalam mengontrol denyut jantung demi kepentingan kesehatanmu, bukan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru