Beda dengan Thailand, Begini Kata Bambam GOT7 Soal Ketatnya Aturan di JYP
GQ Thailand
Selebriti

Menjadi idol di Korea Selatan membuat Bambam merasakan budaya yang berbeda dengan Thailand.

WowKeren - Meninggalkan kampung halaman dan pergi ke negara lain untuk mencapai karier tentu tidak mudah. Seperti Bambam yang mencoba merasakan kerasnya dunia hiburan Korea Selatan sejak masa trainee.

Lewat wawancaranya dengan majalah GQ Thailand belum lama ini, Bambam mengungkap aturan ketat untuk membentuknya menjadi seorang idol.

"Pertama dan paling penting, untuk selalu tepat waktu dan bertanggung jawab," kata Bambam. "Terutama seperti sekarang ini saat aku sudah tinggal sendiri. Mereka memperbolehkanku untuk melakukan keinginanku dan mengingatkanku bahwa aku sudah cukup dewasa untuk bertanggung jawab atas diri sendiri. Mereka mengajariku untuk mengetahui batasan diri dan belajar hal baru dari pengalaman. Dan ini tahun pertama aku tinggal sendiri."


Peraturan ketat yang dijalani Bambam pun tak hanya sejak masa trainee. Namun hingga awal debut. Bahkan mereka tak diperbolehkan memiliki ponsel di awal debut GOT7.

"Kami semua tinggal bersama di dorm sejak trainee hingga debut. Aku baru saja keluar 8 bulan. Itu wajib untuk tinggal bersama di dorm di awal 3 tahun debut," jelasnya. "Agensi melarang penggunaan ponsel di tahun pertama karena mereka ingin kami fokus pada pekerjaan. Tahun kedua mereka mengembalikan ponsel tapi ada jam malam harus kembali ke dorm sebelum pukul 10 malam. Aturan diubah jadi tengah malam saat tahun ketiga. Tahun ke-4 kami boleh pindah tapi harus menjaga diri sendiri."

Keadaan agensi seperti itu tentu saja dengan Thailand. Dimana Thailand memiliki budaya yang lebih santai dan fleksibel. Meskipun begitu, Bambam tidak ambil pusing mengenai aturan yang diberikan.

"Omong-omong, aku tinggal di Korea cukup lama seperti rasanya aku tidak tinggal di negara lain. Aku merasakannya di awal-awal tapi kemudian kami (GOT7) makin tumbuh dan juga menerima banyak respon positif dari fans," lanjut Bambam. "Jadi JYP memberikan kami kebebasan setelah memberi kami banyak aturan ketat yang harus dipatuhi selama 1-8 tahun trainee dan setelah debut. Meskipun begitu, aku tak bisa jalan sendiri karena banyak orang mengenali kami sekarang tapi aku tidak apa-apa karena itu bagian dari pekerjaan. Aku bersyukur memiliki agensi seperti ini karena mungkin tidak ada yang mengenali kami lagi jika kami merosot suatu hari."

(wk/alif)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait