Ingin Tampak Sehat dan Bersinar? Ini 7 Cara Mencuci Rambut yang Benar
beauty health tips
SerbaSerbi

Jangan anggap remeh, kamu bisa saja merusak rambut indahmu karena cara mencuci rambut yang salah.

WowKeren -

Mencuci rambut merupakan kegiatan biasa yang sudah dilakukan semua orang sebagai rutinitas. Kita tahu, berkaitan dengan mencuci rambut ini, beberapa orang menyarankan agar mencucinya setiap hari. Lalu, muncul juga pendapat bahwa kita hanya harus mencuci mahkota kepala tersebut beberapa kali dalam seminggu. Selanjutnya, kamu mungkin juga pernah bertanya-tanya mengenai bagaimana sebenarnya cara mencuci rambut yang benar.

Menggunakan teknik yang benar akan membuat perubahan besar bagi rambutmu dan menjadikannya sehat dan bersinar. Akan tetapi, membuat beberapa kesalahan umum pada saat mencuci rambut juga bisa menjadikannya rapuh dan rusak tanpa kamu sadari. Jika kamu jadi bertanya-tanya mengenai bagaimana sebenarnya mencuci rambut yang benar, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat.


Dilansir dari Stylecaster.com pada Jumat (8/6), ahli rambut terkenal di New York, penata gaya rambut Nunzio Saviano, dan Kyle White, pemimpin bagian pewarnaan rambut di Salon Oscar Blandi, membagikan tips terbaik mereka mengenai cara mencuci rambut dengan benar.

1. Mulai dengan Membilas Rambut memakai Air Hangat


Mulai dengan Membilas Rambut memakai Air Hangat

Sama seperti mencuci baju yang harus dibilas dengan air terlebih dahulu sebelum diberikan sabun cuci, rambutmu juga harus diperlalukan sama. Sebelum memberian sampo, pastikan rambutmu sudah dibilas dengan air terlebih dahulu.

Saat mengawali membilas rambut, usahakan untuk menggunakan air hangat. Air hangat akan membuka kutikula rambut sehingga bisa membuang kotoran yang terjebak di rambut. Menggunakan air hangat untuk awal mula mencuci rambut juga bisa membantu membuka kutikula sehingga bisa menyerap formula yang ada di dalam kondisioner.

2. Jika Rambutmu Panjang, Beri Kondisioner Terlebih Dahulu


Jika Rambutmu Panjang, Beri Kondisioner Terlebih Dahulu

Jika kamu memiliki rambut di bawah bahu, lindungi ujung-ujung rambutmu yang rapuh agar tidak kering dengan cara memberikan sedikit kondisioner pada awal mencuci rambut. Setelah itu bilas ringan dengan air sebelum memberikannya sampo.

Cara ini tidak hanya membuat ujung-ujung rambut sehat, tapi juga akan mengisi setiap lubang kutikula dengan kelembapan. Hasilnya, rambut akan menjadi lebih halus dan berkilau.

3. Tuangkan Sampo Hanya pada Kulit Kepala


Tuangkan Sampo Hanya pada Kulit Kepala

Setelah melakukan dua cara sebelumnya, kini saatnya memberikan sampo pada rambutmu. Memilih sampo juga tidak bisa dilakukan sembarangan jika ingin rambutmu tampak sehat dan bersinar.

Jika rambutmu cenderung kering, maka kamu harus membeli sampo yang dilengkapi dengan pelembap. Jika kamu mewarnai rambutmu, maka pilih sampo yang dibuat aman untuk rambut yang diwarnai. Sampo yang membuat rambut bervolume cenderung membuat rambutmu kering, jadi hanya gunakan sampo tersebut untuk jenis rambut yang tipis.

Setelah menggunakan jenis sampo yang benar untuk rambutmu, ingat juga bahwa hanya berikan sampo di bagian kulit kepala saja, terutama di bagian tengkuk. Jangan tuangkan sampo secara berlebihan. Saviano dan White mengatakan bahwa seperempat ukuran sampo sudah cukup. Jika rambutmu panjang dan tebal maka kamu bisa gunakan jumlah sampo dua kali lipat lebih banyak.

"Cara terbaik untuk mencuci rambut dengan sampo adalah dari akar ke ujung," ungkap White. "Rambut yang paling dekat dengan kulit kepala adalah yang paling muda dan pasti menjadi yang paling berminyak, sementara rambut bagian ujung adalah rambut yang paling tua dan biasanya paling kering juga bagian paling rapuh dari rambut.

4. Berikan Pijatan Ringan pada Kepala


Berikan Pijatan Ringan pada Kepala

Gesekan dapat merusak kutikula rambutmu secara permanen. Jika terjadi terus menerus, rambutmu akan menjadi semakin rusak dan kusut. Oleh karena itu, dalam hal mencuci rambut, kamu harus melakukannya dengan sangat hati-hati.

"Mulailah membusai rambutmu dari akarnya," jelas White. "Tingkatkan aliran darah ke kulit rambut dan berikan stimulus pertumbuhan rambut dengan memberikan pijatan vertikal dengan kekuatan medium. Jangan menggunakan gerakan melingkar karena itu hanya akan membuat rambutmu menjadi kusut.".

"Haluskan busa di ujung rambut dengan cara membuat gerakan membelai lurus," lanjut White. "Jangan gosok ujung rambut yang rapuh atau menggunakan gerakan maju mundur seperti sedang mencuci baju.".

5. Cukup Sekali Saja


Cukup Sekali Saja

Kamu tidak perlu membilas rambutmu dan mengulangi memberikan sampo lagi setelah berada pada tahap ini. Hal itu hanya akan menimbulkan pengupasan pada rambutmu.

"Hindari pengupasan rambut dengan melakukan satu kali cuci rambut, yang biasanya sudah cukup," ungkap White. "Kecualli rambutmu sangat kotor dan sampo pertama tidak menghasilkan busa."

6. Beri Kondisioner dari Bagian Tengah Rambut ke Ujung


Beri Kondisioner dari Bagian Tengah Rambut ke Ujung

Setelah membilas sampo, peras sedikit air yang ada di rambut sebelum memberikan kondisioner. Setelah itu, jepit rambutmu ke atas dan biarkan kondisioner menyerap ke kulit untuk beberapa saat.

Semakin lama kondisioner menempel di rambutmu, maka akan semakin baik. Jangan memberikan kondisioner di akar rambutmu, sebaiknya berikan kondisioner di bagian tengah rambut hingga ke ujung.

7. Bilas dengan Air Dingin


Bilas dengan Air Dingin

Langkah terakhir dari "prosesi" mencuci rambut ini adalah dengan melakukan tahap terakhir pembilasan dengan air dingin. Jika pada awal mencuci rambut kamu menggunakan air hangat, maka untuk bagian penutupnya, para ahli ini menyarankanmu untuk memakai air dingin.

"Air dingin akan menutup kutikula dengan rapat, mengunci rapat bagian luarnya," tegas White. "Hal itu akan membuat rambut menjadi lebih bersinar.".

You can share this post!

Related Posts