Es Kelapa Hingga Camilan, 6 Makanan-Minuman Ini Tidak Baik Dikonsumsi Saat Dehidrasi
SerbaSerbi

Bukannya menghilangkan, minuman dan makanan ini malah bikin dehidrasi meningkat lho. Apa saja ya kira-kira?

WowKeren - Dehidrasi adalah kondisi tubuh ketika kehilangan banyak cairan daripada yang didapatkan. Hal tersebut menyebabkan keseimbangan gula-garam terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

Kehilangan sebagian cairan tubuh dapat disebabkan karena penyakit seperti diare berat dan muntah-muntah atau berkeringat berlebihan, paparan panas yang lama serta pola diet yang tidak sesuai.


Saat dehidrasi atau haus berat yang mendera, biasanya seseorang akan mengonsumsi minuman yang segar atau dingin. Sebagian juga memakan buah-buahan yang mengandung banyak air.

Namun, terdapat beberapa minuman dan makanan termasuk air kelapa yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat dehidrasi lho. Mari simak apa saja makanan dan minuman itu.

1. Minuman Bersoda


Minuman Bersoda

Di hari yang panas, tentu minuman bersoda tampak menyegarkan. Namun penelitian dari World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa gula dalam minuman bersoda memiliki efek hipernatremia pada tubuh.

Hal itu berarti minuman tersebut malah menarik air dan cairan tubuh peminumnya. Selain itu, kafein dalam soda menjadi diuretik ringan yang menyebabkan individu akan buang air kecil lebih sering.

2. Jus Buah


Jus Buah

Sama seperti minuman bersoda, jus buah juga malah akan meningkatkan dehidrasi lho. Jus buah atau minuman buah juga mengandung banyak karbohidrat yang dapat mengganggu perut dan memperburuk gejala dehidrasi.

Pilihan buah terbaik saat dehidrasi adalah semangka. Buah tropis satu ini mengandung 91 hingga 92 persen air, vitamin C, vitamin A, magnesium serta antioksidan seperti likopen yang lebih tinggi dibandingkan dengan tomat.

3. Makanan yang Digoreng


Makanan yang Digoreng

Saat dehidrasi, hindari juga makanan yang digoreng. Pasalnya, makanan tersebut adalah sumber garam yang tersembunyi, ketika dicampur dengan bumbu manis maka akan menyebabkan dehidrasi.

Mengonsumsi makanan tersebut memberikan sinyal ke tubuh bahwa seseorang membutuhkan lebih banyak cairan. Jadi, masih mau makan gorengan saat dehidrasi?

4. Minuman Energi


Minuman Energi

Mengonsumsi minuman berenergi saat dehidrasi rupanya tidak baik lho. Meskipun berbagai jenis minuman energi terdengan menjanjikan ya.

Menurut sebuah penelitian, minuman energi memiliki efek 'merampok' cairan tubuh. Bahkan mengomsumsinya dapat menyebabkan gangguan pencernaan ketika meminumnya selama berolahraga.

5. Air Kelapa


Air Kelapa

Air kelapa menjadi salah satu favorit banyak orang saat sedang dehidrasi ataupun haus. Air kelapa rupanya tidak banyak menghidrasi seseorang lho. Efek saat meminum air putih lebih besar dari pada air kelapa.

Mengonsumsi air kepala asli juga lebih baik dari pada yang berupa kemasan. Sebabnya, air kelapa dalam kemasan tentu sudah mengandung gula berlebih dan malah menyebabkan tubuh dehidrasi.

6. Camilan Asin


Camilan Asin

Camilan asin seperti keripik kentang, popcorn dan masih banyak lagi tak hanya memiliki efek menaikkan berat badan. Tetapi juga meningkatkan tingkat dehidrasi seseorang.

Alih-alih mengonsumsi camilan asin, lebih baik digantikan dengan sayuran. Selain mengatasi dehidrasi, sayuran juga menjaga perut tetap kenyang lho.

You can share this post!

Related Posts