Jangan Langsung Dibuang, Ini 7 Tips Manfaatkan Kulit Pisang
Days of the Year
SerbaSerbi

Rupanya tak hanya buahnya, kulit pisang juga punya segudang manfaat lho. Mau tahu apa saja?

WowKeren -

Pisang merupakan salah satu buah favorit sebagian orang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat buah ini paling banyak dikonsumsi. Apalagi cara memakannya sangat mudah, tidak perlu menggunakan alat apapun untuk mengupas kulitnya.

Buah pisang memiliki banyak manfaat lho. Buah tropis satu ini kaya akan karbohidrat, kalium, magnesium, vitamin C dan B6. Rupanya tak hanya buah pisang yang memiliki banyak manfaat. Dilansir dari BrightSide, kulit pisang yang biasanya dibuang juga punya segudang manfaat lho.

Mau tahu kegunaan kulit pisang yang tersembunyi? Mari intip bersama.

1. Membantu Mengurangi Jerawat dan Kerutan


Membantu Mengurangi Jerawat dan Kerutan

Sama halnya dengan isi buahnya, kulit pisang juga memiliki vitamin C dan E serta kalium, seng, besi dan mangan. Kandungan tersebut dapat mengatasi kulit yang meradang dan mengurangi jerawat.

Caranya adalah dengan menggosokkannya ke kulit yang terdapat jerawat. Diamkan selama 5 hingga 10 menit. Lalu bilas. Lakukan hal ini dua kali sehari.

Kerutan diwajah juga dapat teratasi berkat kandungan antioksidan dalam kulit pisang. Tinggal gosokkan kulit pisang ke kulit dan biarkan 30 menit atau semalaman. Basuh wajah dan jangan lupa ulangi 3 kali seminggu.

2. Baik untuk Kompos


Baik untuk Kompos

Kulit pisang sangat baik untuk tambahan kompos lho. Kandungan di dalamnya seperti kalsium, magnesium, sulfur, kalium dan natrium dangat penting untuk pertumbuhan tanaman.

Mulanya, kulit pisang harus dipotong menjadi bagian yang lebih kecil. Kubur kulit pisang di bawah tanaman, sebaiknya di dekat akar. Kemudian jangan lupa siram tanaman setiap hari.

3. Memutihkan Gigi


Memutihkan Gigi

Kulit pisang yang telah matang sangat kaya akan potasium. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi noda di gigi, Seperti noda akibat mengonsumsi teh dan kopi atau makanan blueberry dan raspberi.

Cukup dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang selama dua menit pada gigi. Lakukan hal tersebut setelah menggosok gigi ya. Lalu ulangi kegiatan itu setiap hari.

4. Menyamarkan Bekas Luka


Menyamarkan Bekas Luka

Tak hanya jerawat dan kerutan, kulit pisang juga dapat menyamarkan bekas luka. Kandungan lemak di dalamnya lah yang mampu melakukan hal tersebut.

Kalian cukup mengoleskan kulit pisang ke daerah yang ingin disamarkan. Lalu biarkan selama satu jam atau semalaman demi hasil yang maksimal.

5. Mengobati Migran dan Sakit Kepala


Mengobati Migran dan Sakit Kepala

Saat migran atau sakit kepala mendera, kebanyakan penderita akan meminum obat-obatan. Namun, kulit pisang bisa menjadi jawaban bagi yang mencari cara alami sembuhkan penyakit tersebut.

Caranya dengan menempelkan kulit pisang yang mengandung kalium di dahi dan leher belakang. Sebelumnya masukkan kulit pisang tersebut ke dalam freezer selama satu jam.

6. Melunakkan Daging


Melunakkan Daging

Mungkin banyak yang tidak menyangka fungsi yang satu ini. Kulit pisang rupanya dapat membantu melunakkan daging.

Tambahkan kulit pisang matang ke wajan panggang. Dengan cara tersebut, daging panggang akan tetap berair saat berada di oven dan penuh dengan rasa. Kulit pisang akan menjaga kelembaban dari menguap.

7. Meredakan Kulit Gatal


Meredakan Kulit Gatal

Kulit pisang adalah obat yang alami untuk kulit gatal. Sebab, kulit pisang mengandung histamin, magnesium, vitamin C dan E.

Caranya yaitu dengan mengoleskan kulit pisang ke area kulit yang gatal. biarkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu basuh dan ulangi ke area lain yang terkena dampak gatal.

You can share this post!

Related Posts