Akibat Digigit Nyamuk, Dokter Temukan Cacing Parasit Di Wajah Wanita Rusia Ini
Shutterstock
SerbaSerbi

Wanita berusia 32 tahun menemukan sebuah benjolan yang dapat bergerak di bawah mata kirinya ternyata adalah cacing parasit.

WowKeren - Suatu penyakit atau pun kejadian memang tidak bisa diprediksi oleh manusia. Terkadang suatu hal buruk dapat menimpa seseorang saat ia sedang merasa sehat-sehat saja. Seperti yang terjadi pada seorang wanita di Rusia yang melaporkan kasusnya pada The New England Journal of Medicine.

Wanita berusia 32 tahun menemukan sebuah benjolan di bawah mata kirinya. Ia tidak mengacuhkannya karena merasa itu benjolan biasa. Namun, beberapa hari kemudian benjolan tersebut bergerak dan berpindah di atas kelopak mata kirinya.

Selain itu, wanita tersebut merasakan sakit karenanya. Ia mengaku benjolan tersebut menyebabkan gatal dan rasa terbakar bagian kelopak mata.

Tak berhenti sampai di situ, 10 hari kemudian, benjolan tersebut bergerak lagi. Kini benjolan itu berpindah ke sisi kiri bibir atas. Akhirnya, ia memutuskan untuk menemui dokter dan mencari tahu penyebabnya.

Rupanya, wanita tersebut telah terinfeksi oleh nematoda parasit yang disebut Dirofilaria respens. Dilansir dari Science Alert, dokter mengatakan bahwa kasus ini tidak terlalu buruk dari pada infeksi parasit yang dapat terjadi pada manusia.


Cacing Parasit

Source: Science Alert

"Pemeriksaan fisik menunjukkan nodul lonjong yang superfisial di kelopak mata atas kiri," kata dokter yang menangani laporan kasus tersebut. "Parasit telah diperbaiki dengan forceps dan diangkat dengan pembedahan."

Wanita tersebut mengaku bahwa dia bepergian ke daerah pedesaan di luar Moskow. Ia mengatakan sering digigit nyamuk saat di sana.

Cacing Dirofilaria memang parasit yang seperti benang halus dan dapat menyebar lewat gigitan nyamuk. Biasanya cacing tersebut menginfeksi mamalia liar seperti anjing, kucing atau rubah sehingga manusia merupakan inang yang tidak disengaja.

Maka dari itu, cacing Dirofilaria tidak dapat berproduksi dan hanya hidup dibawah kulit saat menginfeksi manusia. Pasien yang terinfeksi cacing ini akan merasakan sensasi seperti ada yang merangkak di kulit mereka.

Pengobatan yang dilakukan pada seseorang yang terinfeksi cacing dirofilaria ini cukup sederhana. Dokter hanya akan melakukan pembedahan kecil dan mengangkat cacing tersebut. Seperti yang dilakukan dalam kasus wanita Rusia ini.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru