Pengalaman Pertama Jadi Guru, Ini Yang Dialami Iqbaal Ramadhan
Selebriti

Iqbaal mengakui cukup banyak pelajar pintar di Indonesia, namun sayangnya kekurangan tenaga pendidik.

WowKeren - Saat ini Iqbaal Ramadhan bekerjasama dengan platform pendidikan digital "Ruang Guru" untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Bergabung dalam kegiatan positif untuk pendidikan, Iqbaal pun memiliki kesempatan untuk menjadi tenaga pengajar alias guru. Sebelumnya, Iqbaal tidak memiliki pengalaman mengajar sama sekali. Dia juga tidak memiliki dasar sebagai tenaga pendidik.

Walau tidak punya pengalaman mengajar, tapi Iqbaal rupanya bisa cepat beradaptasi. Ketika mengajar, Iqbaal justru merasakan sesuatu yang membuatnya cukup prihatin. Aktor "Dilan 1990" ini mengaku kesulitan karena ada cukup banyak siswa dan siswi yang pintar, hanya saja sumber daya manusia untuk mengajar (tenaga pengajar) sangat sedikit.


"Saya di sini sebagai brand ambassador tapi saya punya kesempatan untuk mengajak layanan di 'Ruang Guru' yang namanya ruang belajar," jelas Iqbaal di Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu, 24 Juni. "Ketika mengajar itu sulitnya, ternyata yang pinter itu banyak tapi yang bisa ngajar itu sedikit," tambah Iqbaal. "Selain harus menguasai materi, mental mgomong di depan kamera, ngomong sendiri itu beda dan harus menyesuaikan dengan animasi juga."

Iqbaal sendiri merupakan lulusan United World Colleges (UWC) di Montezuma, Amerika Serikat. Setelah menyelesaikan studi di bangku SMA, kini dia kembali menjalani kesibukannya sebagai aktor di Indonesia. Lulus dari sekolah luar negeri, Iqbaal pun memiliki misi lain di bidang pendidikan tanah air. Dia mengaku ingin lebih fokus pada pendidikan Indonesia, salah satunya dengan menjadi brand ambassador "Ruang Guru" tersebut.

"Jadi awalnya saya berkesempatan untuk join di Ruang Guru ini, suatu hal yang membanggakan sekali, karena saya bisa berbagi untuk pendidikan di Indonesia," kata Iqbaal. "Dan karena kemarin gue alhamdulillah lulus dari sekolah di Amerika Serikat. Jadi gue merasa kayak punya utang sama pendidikan di Indonesia dan untuk anak-anak di Indonesia," lanjut Iqbaal.

Menurut Iqbaal, seharusnya kualitas pendidikan di Indonesia bisa merata untuk semua anak-anak baik di kota besar maupun di pelosok desa. "Di mana pun anak-anak dilahirkan, mau di kota kecil atau kota besar, atau pelosok. Harusnya mereka punya kualitas pendidikan yang sama. Gue di sana (Amerika Serikat) kayak punya utang rasanya. Akhirnya gue join sama Ruang Guru semoga bisa menyebarkan virus belajar itu keren dan segala macam. Semoga anak-anak itu bisa menggunakan layanan ini dengan sebaik-baiknya," harapnya.

You can share this post!

Related Posts