6 Hal Aneh yang Terjadi Saat Tidur, Pernah Mengalami?
SerbaSerbi

Ini dia beberapa hal aneh yang terjadi saat kita tidur. Apa saja ya?

WowKeren - Saat tidur, manusia tidak akan sadar apa yang mereka lakukan. Hal itu disebabkan karena otak tidak bekerja secara maksimal.

Banyak sekali kebiasaan aneh yang terjadi saat kita tidak sadar. Mungkin kalian pernah merasakan seperti akan terjatuh saat tidur atau bahkan berjalan sambil tidur.

Hal-hal tersebut memang biasa terjadi saat seseorang tidur. Ini dia 6 hal aneh yang terjadi saat tidur, dilansir dari MSN.

(wk/nris)

1. Jalan Saat Tidur


Jalan Saat Tidur

Tidur saat berjalan lebih sering terjadi pada anak-anak ketimbang orang dewasa. Tidur sambil berjalan telah dikategorikan sebagai gangguan yang terjadi selama tidur nyenyak.

Penggunaan obat-obatan, kurang tidur, alkohol dan penyakit menjadi beberapa alasan yang memungkinkan terjadinya tidur berjalan ini. Selain itu, gangguan ini rupanya juga bisa disebabkan karena genetik lho. Penelitian menyebutkan bahwa penyakit tidur berjalan 10 kali lebih berisiko menimpa individu yang memiliki riwayat kondisi ini dalam keluarganya.

2. Merasakan Sensasi Jatuh


Merasakan Sensasi Jatuh

Hampir 70 persen orang mengalami sensasii terjatuh saat itu. Seseorang akan tersentak saat tidur dan mau tak mau terbangun karena hal tersebut.

Sensasi jatuh saat itu merupakan hal yang dapat dijelaskan secara logis. Saat tidur, gelombang otak akan lebih lambat dan gerakan tersentak yang dialami tersebut disebabkan karena tubuh terlalu lelah sehingga tak melalui tahapan tidur normal. Gerakan kaget tersebut sebuah refleks yang sifatnya ingin melindungi.

3. Gigi Bergemeretak Saat Tidur


Gigi Bergemeretak Saat Tidur

Beberapa orang pasti pernah mengalami gemertakan gigi saat sedang tidur. Hal tersebut disebut dengan bruksism.

Penyebab pasti dari bruksism ini sendiri belum pasti. Namun diduga dapat dikarenakan stress, marah, letak gigi yang tidak teratur dan lain-lainnya.

4. Mendengkur


Mendengkur

Dengkuran adalah getaran yang dihasilkan oleh aliran udara yang melewati saluran pernapasan yang tersumbat sebagian. Hal ini biasanya dialami oleh orang dewasa dan merupakan gejala awal penyakit apnea.

Mendengkur menyebabkan tidur tidak nyaman terutama bagi yang mendengarkan. Dengkur juga menjadi salah satu penyebab rasa kantuk di siang hari, menurunnya daya fokus dan berkurangnya libido.

5. Sleep Paralysis (Kelumpuhan Saat Tidur)


Sleep Paralysis (Kelumpuhan Saat Tidur)

Sleep paralysis adalah kondisi di mana seseorang telah sadar namun tidak bisa bergerak. Tak hanya itu, biasanya mereka yang mengalami kelumpuhan ini sampai tidak bisa mengeluarkan suara sedikit pun.

Menurut penelitian, 20 hingga 45 persen dari manusia pasti pernah mengalami sleep paralysis ini. Hal ini terjadi ketika kita bangun ditengah-tengah fase tidur yang bernama REM.

6. Bangun Tidur Dalam Keadaan Marah


Bangun Tidur Dalam Keadaan Marah

Pernahkah kalian terbangun dalam keadaan marah? Hal ini dapat terjadi pada siapa pun. Namun penelitian mengatakan bahwa wanita lebih sering mengalaminya.

Kondisi hormon menyebabkan kesehatan tubuh dan jiwa perempuan tergantung pada kualitas tidur mereka. Perempuan dapat merasa depresi, emosional dan tidak nyaman jika memiliki kualitas tidur yang buruk.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru