'Thinking Out Loud' Dituding Jiplak Lagu Lawas, Ed Sheeran Dituntut Rp 1,4 Triliun
zimbio
Musik

Ed diklaim telah meniru komponen dari lagu 'Let's Get It On' milik Marvin Gaye yang dirilis pada tahun 1973 silam.

WowKeren - Ed Sheeran kembali tersandung masalah hukum terkait karya ciptaannya. Kali ini, salah satu hitsnya, "Thinking Out Loud" dituding menjiplak lagu klasik milik Marvin Gaye, "Let’s Get It On".

Dilansir iHeart Radio pada Jumat (29/6), tuntutan ini diajukan oleh oleh Structured Asset Sales. Dalam tuntutannya, musisi berusia 27 tahun ini diklaim telah meniru melodi, ritme, harmoni, drum, bassline, backing chorus, tempo, syncopation dan looping dari lagu "Let's Get It On" yang dirilis pada tahun 1973 silam. "Thinking Out Loud" sendiri lantas menjadi salah satu lagu terbesar milik Ed ketika dirilis pada tahun 2014 lalu.

Atas kasus ini, Structured Asset Sales mengajukan tuntutan sebesar USD100 juta (sekitar Rp 1,4 triliun). Menurut laporan TMZ, Structured Asset Sales memiliki 1/3 hak cipta lagu "Let's Get It on" setelah membelinya dari salah satu penulis aslinya, Edward Townsend yang meninggal pada tahun 2003 lalu.


Hingga kini, belum ada tanggapan apapun dari Ed, begitu pula dari pihak keluarga Marvin Gaye. Namun sebelumnya, keluarga musisi legendaris ini telah memenangkan tuntutan mereka terhadap Robin Thicke, Pharrell Williams dan T.I. dengan tuduhan adanya persamaan antara "Blurred Lines" dan "Got To Give It Up".

Di sisi lain, ini bukanlah pertama kalinya Ed tersandung masalah serupa. Pada tahun 2014, musisi asal Inggris ini diketahui pernah dituntut oleh dua penulis lagu, Thomas Leonard dan Martin Harrington. Kala itu, single "Photograph" miliknya dianggap meniru lagu yang mereka tulis di tahun 2009. Namun Ed akhirnya sepakat membayar USD 20 juta (sekitar Rp 275 miliar) untuk berdamai.

Sedangkan pada bulan April lalu, pelantun "Shape of You" tersebut juga sempat digugat karena lagu yang ia ciptakan untuk Tim McGraw dan Faith Hill, "The Rest of Our Life". Ed dituding menjiplak hits karya Sean Carey dan Beau Golden, yakni "When I Found You" yang dinyanyikan oleh Jasmine Rae pada tahun 2014.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait