Sienna Semakin Pintar, Ben Kasyafani Pusing Terapkan Pola Didik
Instagram/benkasyafani
Selebriti

Ben Kasyafani mulai kebingungan kala Sienna mulai 'melawan' dan mengeluarkan reaksi negatif.

WowKeren - Usai bercerai dari Marshanda di tahun 2014, hak asuh Sienna jatuh ke tangan Ben Kasyafani. Kini Ben sudah membina rumah tangganya bersama Nesyana Ayu Nabila atau akrab disapa Ines selama 2 tahun. Ben pun tak pernah absen bercerita tentang kisah rumah tangganya melalui akun Instagram miliknya. Kali ini, di unggahan foto Instagram terbarunya, Ben berbagi cerita tentang cara mendidik Sienna yang kini sudah berusia 5 tahun.

Mengurus Sienna bersama Ines, Ben merasakan suka dan duka. Hal ini lantaran Sienna sudah pintar mengeluarkan pendapatnya sendiri.

"Ngebahas sama ines, nena udah makin pinter, pinter ngomong, dan tentuu pinter jawab, jawabin apapun yg kita kasih tau, atauu kadang gak jawab sama sekali.." tulis Ben di keterangan foto Ines yang tengah menggandeng Sienna pada Senin (2/7). "Kadang juga yg disuruh dia gak mau, trus langsung bilang.. gak mau!.. Lalu dia berlalu.. lalu kita tarik nafas, pala pening.. huft.."

Rupanya kebiasaan Sienna yang mulai melontarkan jawaban negatif adalah yang membuat Ben pusing. Dari hal inilah, Ben menduga ada yang salah dari caranya berkomunikasi dengan putri kecilnya itu.

"Pengennya sih langsung ksh tau nasehat2 yg dulu juga sering dinasehatin ke kitaa yak.." sambung Ben. "Anak harus sopan, harus taat sm ortu, gak boleh ngelawan dll.. ituu benerr banget memang.. tp klo berulang2 ulang tetep sama.. apaa mungkiinn.. ada cara komunikasi kita yang salah sama nena,.."

Ben pun tak kehabisan ide untuk mendidik Sienna. Ia pun mulai membaca buku-buku tentang cara mendidik anak serta bertanya pada neneknya. Hasilnya memang anak di usia Sienna memang dalam masa memberontak. Oleh karena itulah, Ben berusaha diskusi semaksimal mungkin dengan Sienna.

"Hasil nanya2 sm omam neneknya dan baca2.. ternyata kita memang cepat bereaksi negatif pada saat si anak memberikan respon negatif, seperti langsung mengkoreksi atau melarang dia sesuatu..." sambung Ben. "Dibanding bertanya dengan baik dan mendengarkan secara jelas kenapaa mrk gak mau, apa lg gk nyaman? apa emang gk suka dgn makanannya atau bosen? Dr yg kt coba lakukan, si nena lebih mudah diajak diskusi dan merasa diterima dengan 'gak senengnya dia sama hal itu' ..."


Ngebahas sama ines, nena udah makin pinter, pinter ngomong, dan tentuu pinter jawab, jawabin apapun yg kita kasih tau, atauu kadang gak jawab sama sekali.. kadang juga yg disuruh dia gak mau, trus langsung bilang.. gak mau!.. Lalu dia berlalu.. lalu kita tarik nafas, pala pening.. huft.. Pengennya sih langsung ksh tau nasehat2 yg dulu juga sering dinasehatin ke kitaa yak.. anak harus sopan, harus taat sm ortu, gak boleh ngelawan dll.. ituu benerr banget memang.. tp klo berulang2 ulang tetep sama.. apaa mungkiinn.. ada cara komunikasi kita yang salah sama nena,.. hasil nanya2 sm omam neneknya dan baca2.. ternyata kita memang cepat bereaksi negatif pada saat si anak memberikan respon negatif, seperti langsung mengkoreksi atau melarang dia sesuatu... dibanding bertanya dengan baik dan mendengarkan secara jelas kenapaa mrk gak mau, apa lg gk nyaman? apa emang gk suka dgn makanannya atau bosen? Dr yg kt coba lakukan, si nena lebih mudah diajak diskusi dan merasa diterima dengan “gak senengnya dia sama hal itu” ... ya coba aja kita disuruh sst yg kt gak mau, tapi harus.. bedanya kt sdh lebih pinter memilih reaksi yg lebih tolerable.. lah anak2 kan taunya carabya begitu.. emaang.. kalo anak sekarang udh pinterr.. ortunya mesti belajarr lagi biar lebih pinter.. .. Nah loh.. ini jam nya nena tidur siang.. dia nya lg asik main.. good luck with that! 🤔

A post shared by Ben Kasyafani (@benkasyafani) on

Ben juga mulai memahami pola pikir anak zaman sekarang yang sudah sangat pintar. Hal inilah yang membuat Ben harus lebih banyak belajar lagi tentang cara mendidik anak yang benar dan bijaksana.

"Ya coba aja kita disuruh sst yg kt gak mau, tapi harus.. bedanya kt sdh lebih pinter memilih reaksi yg lebih tolerable.. " tambah Ben. "Lah anak2 kan taunya carabya begitu.. emaang.. kalo anak sekarang udh pinterr.. ortunya mesti belajarr lagi biar lebih pinter.. .. Nah loh.. ini jam nya nena tidur siang.. dia nya lg asik main.. good luck with that!"

Usai melihat unggahan Ben, netter pun beramai-ramai memenuhi kolom komentar. Tidak sedikit netter yang memberi masukan pada Ben tentang mendidik Sienna.

"Memang dalam mendidik anak perlu kesabaran yg double2 dan yg utama adalah do'a kita terhadap anak," tulis akun @napa***. "Betul @benkasyafani orang tua harus lebih pintar dan banyak belajar lagii tuk membimbing anak-anak ... Ekstra sabar di saat anak anak banyak tingkah," sambung akun @naila***.

"Memang anak seumuran Nena dlm masa membangkang...jd sukanya berlawanan arah Ama ortu...tp lama kelamaan kalo qta beri pengertian akan berubah kok. Apalagi anak cewek. Lebih care Ama ortu. Inilah warna warni orang tua," komentar akun @wiwida***. "\Nikmati setiap proses tumbuh kembang anak sambil terus belajar menjadi 'smart parents' @benkasyafani. All the best," tambah akun @isti***.

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait