8 Beauty Hacks Ini Justru Berbahaya dan Malah Merusak Kulit
beautyuhaacc
SerbaSerbi

Banyak beredar di internet, beberapa beauty hacks ini harus segera berhenti kamu ikuti jika tak ingin kulitmu justru bertambah rusak.

WowKeren - Salah satu keuntungan dari internet adalah menampung ribuan bahkan jutaan informasi yang bisa kamu dapatkan sewaktu-waktu. Salah satu informasi yang banyak bertebaran di internet adalah mengenai kecantikan. Tentu saja, tips-tips kecantikan ini sangat menarik bagi para perempuan.

Ratusan hingga ribuan tutorial kecantikan hingga beauty hacks beredar di internet. Mulai dari cara yang mudah hingga kreatif untuk mengaplikasikan eyeliner atau juga membuat lipstikmu tahan lama. Sayangnya, tidak semua dari beauty hacks tersebut dibuat dengan benar. Beberapa justru terkesan tidak berguna dan tidak ada penelitian ilmiah di baliknya.


Bagi kamu yang suka mencari-cari beauty hacks, kamu mungkin telah akrab dengan tips-tips seperti membuat masker dari buah-buahan, menggunakan cuka apel untuk mengatasi rambut kusam, dan sebagainya. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa beberapa beauty hacks yang beredar di internet tersebut tidak sepenuhnya aman? Beberapa "trik" yang kamu terapkan itu bisa saja memperburuk kondisi wajahmu.

Ingin tahu beauty hacks dari internet apa saja yang harus segera kamu hindari mulai dari sekarang? Segera simak daftarnya berikut ini.

(wk/silm)

1. Menghilangkan Sel Kulit Mati dengan Air Lemon


Menghilangkan Sel Kulit Mati dengan Air Lemon
beautyuhaacc

Kamu yang hobi mencari-cari beauty hacks di internet mungkin usdah sangat akrab dengan trik ini. Ya, mengoleskan air perasan jeruk lemon, atau mungkin langsung mengoleskan lemonnya sendiri ke wajah, dipercaya bisa menghilangkan sel kulit mati di wajahmu. Eits, mulai saat ini, kamu harus berhenti mengikuti trik ini.

Tahukah kamu bahwa setetes saja air lemon bisa membuat mulutmu berkerut? Hal yang sama juga akan dirasakan oleh wajah jika kamu memaksakan air super asam ini untuk olesan. Lebih buruk lagi, jika kamu terkena sinar matahari, air lemon yang dioleskan di wajahmu bisa memicu reaksi kimia yang menyebabkan ruam, luka parah, atau juga bercak hiperpigmentasi.

2. Eksfoliasi dengan Gula, Garam, atau Soda Kue


Eksfoliasi dengan Gula, Garam, atau Soda Kue
beautyuhaacc

Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan kulit wajah yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Proses ini akan sangat membantumu untuk mendapatkan kulit yang bersih, cerah, dan bebas kusam. Maka, tak jarang kalau sebagian besar orang juga mencari cara terecepat untuk mendapatkan proses ini.

Salah satu beauty hacks yang beredar menyarankan untuk memakai gula, garam, atau soda kue untuk melakukan eksfoliasi yang bahan-bahannya bisa kamu buat sendiri. Namun, bahan-bahan tersebut rupanya hanya baik digunakan untuk eksfoliasi tubuh dan bukan wajah. Bahan-bahan tersebut juga mungkin terlalu keras untuk kulit sensitif. Akibatnya, bisa menyebabkan kulitmu merah-merah dan kasar.

Masih ada cara lain untuk menghindari beauty hacks eksfoliasi dengan gula, garam, atau soda kue. Kamu bisa menggosok ringan kulitmu dengan gerakan memutar menggunakan kain lap lembut saat membersihkan wajah.

3. Mengoleskan Pasta Gigi untuk Membuat Jerawat Cepat Kering


Mengoleskan Pasta Gigi untuk Membuat Jerawat Cepat Kering
beautyuhaacc

Salah satu beauty hacks lain menyebutkan bahwa jerawatmu bisa disembuhkan seketika dengan mengoleskan pasta gigi. Tunggu dulu, kamu harus tahu kalau itu justru berbahaya bagi wajah.

Bahan-bahan seperti baking soda dan peroksida tentu bisa mengeringkan jerawat dengan cepat. Akan tetapi, ada kemungkinan besar bahwa bahan-bahan tersebut juga akan membuat area kulitmu lebih merah dan lebih iritasi.

Bahkan, pada sebagian orang, pasta gigi yang mengenai kulit mulut bisa menyebabkan benjolan kecil berwarna merah dan ruam di sekitar mulut. Sekarang kamu tahu bahwa pasta gigi dan kulit bukanlah perpaduan yang bagus.

4. Menghilangkan Bintik di Wajah dengan Krim Ruam Popok


Menghilangkan Bintik di Wajah dengan Krim Ruam Popok
beautyuhaacc

Krim ruam popok mengandung banyak Seng Oksida. Zat tersebut berfungsi untuk menenangkan sekaligus sebagai zat anti inflamasi yang berguna untuk mengobati kemerahan pada kulit yang paling sensitif.

Akan tetapi, krim tersebut biasanya juga mengandung bahan-bahan lain seperti, mineral dan minyak lainnya seperti parafin dan lilin lebah sintetis. Jika wajahmu rentan pada jerawat, hindari menerapkan beauty hacks ini.

5. Deodoran untuk Mengurangi Minyak pada Wajah


Deodoran untuk Mengurangi Minyak pada Wajah
beautyuhaacc

Pada dasarnya, beauty hacks ini memintamu untuk mengaplikasikan deodorant ke bagian-bagian wajah yang sering mengeluarkan minyak, seperti dahi, hidung, atau pipi sebelum menggunakan make up. Tips ini disebut bisa membuat wajahmu dan juga riasannya terlihat bebas minyak atau matte sepanjang hari.

Sayangnya, deodoran hanya dirancang untuk mengontrol atau menyerap bau. Benda itu tidak memiliki bahan-bahan yang akan mengontrol keringat apalagi minyak di wajah. Jadi, jika kamu menggunakannya di wajah, hal itu tidak akan melakukan banyak hal kecuali justru memperburuk kulitmu.

6. Menaruh Lem pada Komedo


Menaruh Lem pada Komedo
beautyuhaacc

Kita tahu, komedo adalah hal terburuk yang menjadi masalah sebagian besar orang. Tidak heran kalau berbagai cara digunakan untuk memusnahkannya dari wajah, termasuk menerapkan beauty hacks dengan mengoleskan lem.

Meski lem untuk anak-anak tidak beracun, zat tersebut bisa berpotensi membuat kulitmu iritasi. Daripada mengambil risiko, lebih baik kamu menghindari trik ini. Mulailah berkonsultasi dengan ahli kulitmu dan temukan zat yang paling aman bagi kulitmu untuk menghilangkan komedo.

7. Toning Wajah dengan Menggosokkan Alkohol


Toning Wajah dengan Menggosokkan Alkohol
beautyuhaacc

Untuk kulit berminyak, kegiatan toning diperlukan untuk membantu membuat wajah lebih cerah dan kencang. Namun, salah satu beauty hacks memberikan tips singkat untuk membuat wajahmu bebas minyak tanpa menggunakan banyak toner, yakni dengan menggosokkan alkohol.

Toner pada dasarnya merupakan cairan yang berbasis air. Kamu harus tahu bahwa toner yang berbahan alkohol justru sangat beerbahaya bagi wajah, apalagi menggosokkan cairan alkohol yang murni. Jika menerapkan tips toning menggunakan alkohol ini yang ada wajahmu akan kencang, kering, dan kemungkinan mendapatkan iritasi. Parahnya, kulitmu bisa saja menyerang dengan memproduksi minyak lebih banyak lagi. Enggak mau tambah parah kan?

8. Setting Make Up Pakai Hair Spray


Setting Make Up Pakai Hair Spray
beautyuhaacc

Hair spray berfungsi dengan baik untuk membuat rambutmu tetap pada tatatan yang kamu inginkan. Lalu, kenapa tidak mencobanya sekalian untuk diaplikasikan pada tatanan make up di wajahmu. Jangan! itu adalah hal buruk.

Jika mengikuti beauty hacks ini, kulitmu justru akan semakin rusak. Kulit wajahmu bisa saja terkena iritasi, kering, dan juga mengelupas. Daripada menggunakan hair spray kamu bisa memakai spray dengan formula yang dikhususkan untuk wajah. Kamu bisa juga memakai translucent powder atau bedak transparan untuk menjaga riasannmu tahan lama.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait