Siap-Siap! Ilmuwan Temukan Cara Wujudkan Jubah Tembus Pandang Ala Harry Potter
Cloak-1991
SerbaSerbi

Sudah diuji coba, perangkat jubah tembus pandang tersebut berhasil membuat manusia tidak bisa melihat sebuah objek yang sudah diubah frekuensi cahayanya.

WowKeren - Bagi para penggemar serial "Harry Potter" mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jubah tembus pandang. Ya, penyihir cilik tersebut memang terkenal dengan berbagai benda ajaib, termasuk sebuah jubah tembus pandang yang bisa membuat pemakainya tidak terlihat. Meski ditampilkan dalam sebuah cerita fiksi, jubah tembus pandang ini tampaknya akan segera diwujudkan dalam kehidupan nyata.

Para peneliti dari Montreal National Institute of Scientific Research (INSR) baru saja mempublikasikan sebuah studi di Optica. Penelitian tersebut memberikan detail mengenai pendekatan baru mereka terhadap jubah tembus pandang.

Perangkat mereka, yang disebut sebagai jubah tembus pandang spektral, merupakan yang pertama untuk memanipulasi warna (atau frekuensi) dari gelombang cahaya yang berinteraksi dengan objek. Hal tersebut menyebabkan objek yang dituju tidak terlihat. "Pekerjaan kami mewakili sebuah terobosan dalam pencarian mengenai jubah tembus pandang," jelas penulis penelitian, Jose Azana, dilansir Sciencealert pada Selasa (3/7)."

Sebelum melangkah lebih jauh pada penjelasan mengenai jubah tembus pandang yang mereka temukan, para peneliti ini menjelaskan mengenai apa itu spektrum elektromagnetik terlebih dahulu. Spektrum elektromagnetk mengandung semua frekuensi radiasi elektromagnetik yang berbeda. Sinar-X, sinar gamma, dan semua radar berada pada spektrum ini.


Meskipun manusia tidak bisa melihat sinar-X, mata kita masih bisa melihat satu rentang kecil frekuensi pada spektrum elektromagnetik. Para peneliti menyebutnya sebagai cahaya tampak.

Cahaya tampak tersebut kemudian dipisah menjadi beberapa rentangan yang disebut dengan warna. Beberapa sumber cahaya dapat mengandung lebih dari satu frekuensi tertentu. Para peneliti menyebutnya sebagai sumber broadband, salah satu contohnya adalah matahari.

Ketika kita melihat sesuatu, maka apa yang benar-benar kita lihat adalah interaksi antara frekuensi cahaya dan objek tersebut. Ketika sinar matahari bersinar di sebuah mobil berwarna biru, maka mobil tersebut memantulkan frekuensi cahaya biru sementara frekuensi warna lain hanya akan melewati objek. Kemudian, mata kita akan mendeteksi cahaya biru yang terpantul tersebut dan mengidentifikasikannya sebagai sebuah mobil berwarna biru.

Interaksi inilah yang dimanfaatkan oleh peneliti dari INRS. Untuk membuat sebuah objek tampak tidak terlihat oleh mata manusia, mereka menggunakan filter yang dirancang khusus untuk sementara menggeser frekuensi warna dalam broadband yang bersinar pada objek. Kemudian, mereka menggunakan filter lain untuk mengalihkan frekuensi tersebut kembali ke warna yang dimaksud di sisi lain objek. Hasilnya? Mata manusia menjadi tidak bisa melihat objek yang dimaksud tersebut.

Untuk saat ini, perangkat jubah tembus pandang ini masih bekerja pada satu arah. Tatapan harus mengikuti jalannya cahaya dan melihat objek melalui filter pertama. Meskipun demikian, para peneliti mengklaim bahwa metode ini nantinya dapat membuat sebuah objek menjadi tidak terlihat dari segala sisi. Wah, tertarik untuk segera mencobanya dan membuat jubah tembus pandang ala Harry Potter?

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru