Mengejutkan! 6 Kebiasaan Ini Malah Justru Menguras Kantong
SerbaSerbi

Berniat membatasi pengeluaran, menerapkan hal-hal ini justru akan membuatmu mengeluarkan lebih banyak uang.

WowKeren - Semakin hari kita semakin terdesak dengan berbagai pengeluaran yang tak terduga. Untuk mengantisipasi hal tersebut, seringkali kita harus menghemat dan menekan beberapa sumber pengeluaran. Tak jarang, kita akhirnya juga harus rela untuk tidak mendapatkan hal-hal yang kita inginkan.

Untuk menyiasati pengeluaran yang terus membengkak, seringkali akan terpikirkan untuk melakukan beberapa rencana penghematan. Sayangnya, tidak semua rencana penghematan tersebut akan bisa membantu keuanganmu.

Seperti 6 kebiasaan ini, meski terdengar biasa saja, kebiasan-kebiasaan tersebut bisa menguras kantongmu, lho. Tidak mau kan kalau ternyata sudah berusaha hemat, tapi secara tidak sadar kamu justru malah semakin menghabiskan uangmu? Kalau begitu, segera berhenti melakukan hal-hal ini, ya!

(wk/silm)

1. Masih Memakai Paket Ponsel Lama


Masih Memakai Paket Ponsel Lama

Kamu mungkin tidak mengganti ponselmu dalam beberapa tahun karena merasa masih berfungsi dengan baik. Akan tetapi, hal tersebut tidak berarti membuatmu mengabaikan juga paket operator seluler yang ada dalam ponselmu, ya.

Sesekali kamu harus menyesuaikan tarif yang mereka berikan dengan kebutuhanmu. Misalnya, jika kamu ternyata lebih membutuhkan data internet daripada telepon, maka kamu harus bisa memilih layanan yang tepat dan sesuai. Jadi, mulai sekarang, meski tidak mengganti model ponselmu dengan yang baru, kamu tetap harus mempertimbangkan untuk menyesuaikan tarif layanan yang disediakan operator di ponselmu sesuai dengan kebutuhan.

2. Tetap Menggunakan Tawaran Lama dari Layanan Penyedia Internet


Tetap Menggunakan Tawaran Lama dari Layanan Penyedia Internet

Kebiasaan ini sebenarnya mirip dengan penggunaan tarif lama pada layanan operator ponselmu. Hanya saja, ini berhubungan dengan jaringan internet yang mungkin kamu gunakan di rumah.

Jika kamu masih memakai tawaran lama dari penyedia layanan internet, kamu mungkin saja hanya membayar lebih untuk kecepatan yang lebih lambat. Jadi, pastikan untuk selalu memeriksa bahwa kamu telah mendapatkan paket yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu juga bisa mendatangi penyedia layanan dan meminta penawaran yang lebih baik.

3. Membayar Biaya Tahunan Kartu Kredit


Membayar Biaya Tahunan Kartu Kredit

Bank seringkali akan menagih biaya tahunan jika kamu ingin tetap menggunakan layanan kartu kredit mereka. Nah, kebiasaan ini nih yang secara tidak sadar ikut ambil peran dalam menguras kantongmu.

Akan tetapi, kamu bisa dengan mudah mendapatkan penghapusan penawaran tersebut hanya dengan menelpon dan meminta pembebasan biaya terhadap bank terkait. Jika bank menolak, maka keputusan terbaik bagimu adalah berhenti menggunakan layanan mereka dan beralih ke yang baru.

4. Membayar Layanan yang Tidak Benar-Benar Dipakai


Membayar Layanan yang Tidak Benar-Benar Dipakai

Keanggotaan di sebuah komunitas seringkali membuatmu harus membayarkan sejumlah uang untuk biaya administrasi. Sama halnya seperti keanggotaan di sebuah pusat olahraga misalnya.

Banyak orang mendaftar di awal tahun ketika tekad mereka untuk menurunkan berat badan sedang bulat. Sampai kemudian hari terus berganti dan semuanya justru menjadi penyesalan karena kamu sia-sia membayar keanggotaan pusat olahraga yang tidak kamu gunakan.

Tidak mau uangmu semakin berkurang karena kebiasaan boros ini kan? Mulai sekarang pikirkan kembali saat mengikuti keanggotaan yang membutuhkan biaya. Apakah hal itu perlu untukmu dan apakah kamu benar-benar akan memanfaatkannya dengan baik?

5. Membeli Makanan yang Tidak Kamu Makan


Membeli Makanan yang Tidak Kamu Makan

Hampir 1,3 miliar ton atau sepertiga dari semua makanan yang diproduksi di dunia hilang dan terbuang setiap tahunnya. Ya, kebiasaan buruk membeli makanan yang berujung tidak dimakan juga menjadi salah satu faktor yang hanya akan menguras kantongmu.

Jika kamu masih memiliki kebiasaan untuk membuang-buang makanan dengan membeli lebih banyak daripada yang dikonsumsi, maka kamu harus menghentikannya mulai dari sekarang. Hal yang sama juga berlaku ketika kamu membeli porsi yang tidak bisa kamu habiskan. Ingat, selain ikut menyumbang limbah makanan, membeli makanan yang berujung tidak kamu makan juga lama-lama akan mengganggu rencana hematmu.

6. Membeli Kopi Mahal Setiap Hari


Membeli Kopi Mahal Setiap Hari

Sebut saja kamu harus mengonsumsi kopi untuk bisa berfungsi seharian. Akan tetapi, kebiasaan untuk membeli kopi di tempat-tempat mahal harus segera kamu hentikan karena hal itu secara tidak langsung hanya akan menguras kantongmu.

Daripada menghabiskan uang setiap hari di sebuah kafe keren hanya untuk membeli kopi, kamu bisa menghematnya dengan mengurangi jatah kopimu setiap hari. Jika terlalu susah, kamu juga bisa mengakalinya dengan menyeduh kopi buatan sendiri di dapur. Bukan hal yang sulit, kan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru