Kurang Tidur Bisa Membunuhmu, Ini Tanda-Tanda dan 5 Cara Mengatasinya
SerbaSerbi

Segera identifikasi tanda-tanda bahwa tubuhmu kurang tidur dan lakukan cara-cara ini untuk mengatasinya!

WowKeren - Kurangnya waktu tidur mulai menjadi masalah di zaman sekarang. Tuntutan pekerjaan yang semakin banyak dan ditambah juga dengan gangguan-gangguan lain yang disebabkan oleh maraknya media sosial.

Sayangnya, itu semua merupakan kabar buruk bagi kesehatanmu. Selain memengaruhi cara kerja otak, waktu tidur yang kurang juga berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuhmu.

Ketika kurang tidur, tubuh akan bangun dalam keadaan yang lelah. Jika demikian, maka fungsi kognitif akan menurun sebagai akibat dari neuron yang mengalami kesulitan berkomunikasi dengan benar. Semua itu akan mengarah pada penyimpangan mental sementara yang memengaruhi baik memori maupun persepsi visual. Dengan kata lain, kurangnya waktu tidur bisa membuatmu jadi seseorang yang lebih cepat lupa, lebih mudah terganggu, dan kehilangan fokus, dan tidak bisa berpikir jernih.

Sementara itu, untuk gangguan kesehatan lain, kamu bisa menderita beberapa penyakit jika terus-terusan memiliki waktu tidur yang kurang. Sebut saja penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, depresi, kenaikan berat badan, dan juga menurunnya sistem imun.

Jika kamu merasa mengalami beberapa hal seperti memiliki lingkaran mata yang gelap, kerutan, kabut otak, kurang fokus, dan sering lupa, maka kamu mungkin benar-benar kurang mendapatkan tidur yang cukup. Sebelum mendapatkan masalah yang lebih serius lagi, segera lakukan beberapa cara ini untuk membuatmu tidur dengan cepat dan terbangun dengan keadaan segar. Selain itu, kamu juga bisa terhindar dari beberapa bahaya kesehatan akibat kurang tidur.

1. 1. Jangan Tidur Dalam Keadaan Lapar


1. Jangan Tidur Dalam Keadaan Lapar

Banyak sumber mengatakan bahwa sangat telat makan akan menimbulkan bencana pada tubuhmu. Tentu saja termasuk masalah tidur. Bagi sebagian orang, tidur dengan perut yang kosong sama sekali tidak akan berhasil. Sementara itu, banyak orang juga percaya bahwa makan di malam hari, terutama karbohidrat, merupakan pantangan.

Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa makan karbohidrat di malam hari, terutama karbohidrat yang berasal dari tepung, bisa membantumu tidur dengan lebih cepat. Tryptophan dan serotonin, dua zat kimia di dalam otak yang berpengaruh dalam aktivitas tidur, akan secara alami terangsang setelah memakan karbohidrat. Itulah kenapa saat kita makan banyak karbohidrat di siang hari maka kita juga akan merasa mengantuk.

Jadi, bukan berarti kamu harus makan karbohidrat yang sangat banyak sebelum tidur. Akan tetapi, usahakan untuk tidak merasa lapar saat akan tidur. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat secukupnya hingga perutmu merasa kenyang.

2. 2. Buat Rutinitas Malam


2. Buat Rutinitas Malam

Salah satu cara untuk membuatmu mendapatkan tidur yang cukup adalah dengan memunyai rutinitas malam. Rutinitas ini akan membantumu lebih cepat tidur sehingga bisa membantumu mendapatkan tidur yang cukup.

Banyak pilihan bagimu untuk melakukan rutinitas yang secara efektif dapat menipu otak ke mode tidur dengan cara mengirim sinyal yang menandakan bahwa tubuhmu butuh segera berbaring. Jangan khawatir, pilihan rutinitas ini tidak membutuhkan proses yang panjang dan rumit.

Kamu bisa mulai dengan bermeditasi selama beberapa menit. Duduk dengan santai dan pikirkan mengenai apa saja yang sudah kamu lakukan seharian. Kamu bisa lanjutkan dengan berpikir mengenai hal apa saja yang membuatmu bersyukur.

Selain itu, kamu juga bisa membuat rutinitas sebelum tidur seperti menulis jurnal atau juga membaca buku selama 15 sampai 30 menit. Selain itu, untuk membuat tubuhmu cepat tidur, kamu juga bisa melakukan serangkaian hobi yang dapat merelaksasi tubuh, misalnya yoga.

3. 3. Gunakan Kasur Benar-Benar Hanya untuk Tidur


3. Gunakan Kasur Benar-Benar Hanya untuk Tidur

Cara lain yang bisa kamu terapkan agar bisa mendapatkan tidur yang cukup adalah dengan menjadikan kasur benar-benar hanya untuk tidur. Mencoba melakukan aktivitas lain seperti belajar atau membaca di atas kasur hanya akan menimbulkan bencana pada ritme tidurmu.

Otak perlu memahami jika ketika kepalamu menyentuh bantal maka itu adalah waktunya untuk tidur dan bukan dicerna sebagai waktu bermain media sosial, membaca atau bahkan belajar. Jika kamu mulai mengasosiasikan kasur untuk kegiatan lain selain tidur, otak akan gagal untuk membuat asosiasi yang tepat.

Akibatnya, kamu akan menjadi lama untuk bisa tertidur dan ya, waktu tidurmu otomatis akan berkurang. Jadi, mulai sekarang, usahakan untuk menjadikan kasurmu hanya sebagai tempat untuk tidur, ya.

4. 4. Mendengarkan Podcast atau Audiobook


4. Mendengarkan Podcast atau Audiobook

Membaca sebelum tidur menjadi salah satu cara ampuh untuk bisa membuatmu segera terlelap. Lalu, bagaimana jika ternyata kamu merupakan orang yang tidak suka membaca?

Tenang saja, masih ada cara lain untuk membuatmu cepat tidur dan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Salah satunya adalah dengan mendengarkan rekaman dari podcast ataupun audiobook. Berbagai cverita mulai dari dongeng hingga psikologi banyak tersedia gratis di internet. Kamu hanya harus mengunduhnya dan coba dengarkan menjelang waktu tidurmu.

5. 5. Konsisten Pada Jadwal Tidurmu


5. Konsisten Pada Jadwal Tidurmu

Apapun yang kamu lakukan untuk bisa membuatmu tidur lebih cepat, hal yang paling penting dari semua itu adalah menjaga konsistensi. Menyesuaikan tubuhmu dengan beberapa rutinitas yang membuatmu mendapatkan waktu tidur yang cukup bukanlah hal yang bisa didapat dengan cepat.

Neuroplastisitas, yakni kemampuan otak unruk berubah secara struktural dan fungsional sebagai input dari lingkungan, adalah benar-benar hal yang nyata. Jadi, jika kamu menerapkan kebiasaan baik, maka neuroplastisitas akan bekerja dengan luar biasa. Sama halnya juga dengan ketika kamu menerapkan kebiasan-kebiasaan buruk. Sekali lagi, dengan kesabaran, kamu pasti bisa menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut agar bisa cepat dan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Mudah bukan?

Loading...

You can share this post!

Related Posts