Doyan Makan Cokelat? Ini 5 Manfaatnya untuk Tubuh
SerbaSerbi

Cokelat rupanya tak hanya enak tetapi juga memiliki segudang manfaat. Mau tahu apa saja?

WowKeren - Cokelat merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang. Rasanya yang manis telah menjadi peringkat pertama sebagai rasa makanan yang paling di gemari di Indonesia menurut survei World of Consumption TNS pada 2015.

Rupanya, tak hanya memiliki rasa yang nikmat, cokelat juga memberikan banyak manfaat bagi yang mengonsumsinya, lho. Tentu saja itu tergantung pada jenis cokelat apa dan seberapa banyak kalian mengonsumsinya.


Pada dasarnya, kokoa dalam cokelat mengandung zat gula dan lemak yang rendah. Namun, produk yang kini dijual di pasaran memiliki banyak bahan tambahan yang mengakibatkan peningkatan lemak, gula dan kalori.

Jika ingin mengonsumsi cokelat, sebaiknya pilih yang disajikan tanpa pemanis. Mau tahu apa saja 5 manfaat cokelat untuk kesehatan? Yuk simak.

1. Mengurangi Resiko Penyakit Utama


Mengurangi Resiko Penyakit Utama

Cokelat mengandung flavanoid (antioksidan kuat) yang membantu pembuluh darah rileks dan menurunkan tekanan darah. Hal tersebut berefek meningkatkan kolestrol baik dan jahat yang secara keseluruhan baik untuk kesehatan jantung.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi cokelat hingga 6 porsi seminggu dapat membantu menurunkan detak jantung yang cepat yang menyebabkan stroke. Penelitian lainnya juga menegaskan bahwa cokelat batangan yang lezat padat menurunkan resiko penyakit jantung koroner, stroke dan diabetes.

2. Mengurangi Peradangan dalam Tubuh


Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Peradangan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Mulai dari sakit kepala hingga nyeri otot dan tendon.

Cokelat dapat mengurangi hal itu dengan memberikan efek anti-inflamasi ke seluruh sistem tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa polifenol cokelat secara positif mengatur komposisi bakteri usus yang dapat memicu respon anti-inflamasi tersebut.

3. Dapat Mencegah Pembekuan Darah


Dapat Mencegah Pembekuan Darah

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of American Heart Association menemukan bukti bahwa polifenol dalam cokelat dapat meningkatkan aliran darah. Dengan memperlebar pembuluh dan meningkatkan aliran darah maka ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah.

Menurut penelitian lainnya, mengonsumsi dua sendok makan cokelat hitam dapat mengobati penggumpalan darah. Pasalnya, di dalam cokelat terdapat kandungan flavonoid yang membuat darah tetap encer.

4. Membuat Perasaan dan Suasana Hati Senang


Membuat Perasaan dan Suasana Hati Senang

Cokelat memang dikenal sebagai stimulan kebahagiaan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology, seseorang yang minum minuman cokelat yang kaya polifenol sekali sehari (setara dengan 1,5 ons cokelat hitam) melaporkan merasa lebih tenang dan lebih banyak konten daripada yang tidak.

Selain itu, cokelat mengandung phenethylamine, zat tersebut mampu menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin sendiri adalah hormon yang membuat seseorang merasa bahagia.

5. Membantu dalam Masalah Berat Badan


Membantu dalam Masalah Berat Badan

Cokelat dapat memainkan peran dalam mengurangi resistenti insulin sekaligus menjaga kadar gula darah. Sebuah studi menemukan cokelat dapat menurunkan berat badan. Seseorang yang mengonsumsi 30 gram atau lebih cokelat dalam 4-8 minggu dapat mencapai Berat Massa Index (BMI) yang sehat.

Beberapa zat di dalam cokelat bisa mempercepat metabolisme tubuh. Epicatechin, salah satu senyawa kimiawi yang terdapat pada cocoa, terbukti bisa meningkatkan jumlah mitokondria yang merupakan tempat berlangsungnya respirasi sel, metabolisme asam lemak dan penghasil energi.

You can share this post!

Related Posts