Bukan Hanya di Thailand, Ini 8 Misi Penyelamatan Paling Heroik yang Pernah Ada
SerbaSerbi

Penyelamatan menantang dan berisiko tinggi juga pernah terjadi di beberapa belahan dunia, apa saja?

WowKeren - Penyelamatan 12 bocah bersama 1 orang pelatih sepak bola mereka yang terjebak di Gua Tham Luang Thailand beberapa waktu yang lalu cukup menyedot perhatian dunia. Misi penyelamatan yang disebut sangat sulit itu berhasil diselesiakan dengan gemilang.

Banyaknya rintangan berbahaya yang ada di dalam gua tersebut sempat membuat orang-orang putus asa. Belum lagi, misi penyelamatan tersebut juga terus dikejar waktu.

Sampai akhirnya, relawan penyelamat berhasil mengeluarkan 4 bocah pada Minggu (8/7) kemarin. Sebelum ditemukan keberadaannya, bocah-bocah tersebut diketahui sudah berada di dalam gua tanpa makan dan minum selama 9 hari.

Terus dikejar waktu, para relawan penyelamat segera menyusun strategi sebelum gua kembali dibanjiri air karena hujan yang melanda wilayah di sana. Akhirnya, pada Selasa (10/7) kemarin, para relawan penyelamat berhasil membawa keluar semua bocah dan satu orang pelatih mereka yang masih terjebak di dalam gua.


Meski semua orang yang terjebak di dalam gua selamat, korban meninggal dunia justru datang dari relawan penyelamat. Seorang relawan bernama Saman Kunan harus meninggal dunia lantaran kehabisan oksigen saat berusaha mempersiapkan tabung udara untuk misi penyelamatan bocah-bocah malang tersebut. Meninggalnya Saman sekaligus menggambarkan betapa berbahayanya misi penyelamatan ini.

Usai penyelamatan dramatis pada 13 orang yang terjebak di dalam gua selama lebih dari dua pekan tersebut sukses, Pemerintah Thailand pun berencana untuk menjadikan gua tersebut sebagai sebuah museum peringatan bagi aksi heroik para relawan penyelamat.

Namun, aksi heroik dari beberapa orang yang melakukan aksi penyelamatan ini rupanya tidak hanya terjadi di Thailand saja. Ada juga misi-misi penyelamatan lain yang berlasungsung dengan dramatis. Orang-orang yang terlibat di dalamnya pun seolah pantas disebut sebagai pahlawan karena rela mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan orang lain.

Apa dan di mana saja misi penyelematan heroik ini terjadi di dunia? Simak daftarnya sebagai berikut!

(wk/silm)

1. Annapurna, The Himalayas


Annapurna, The Himalayas

Pada April 2011 sebuah penyelamatan dari tempat tertinggi yang pernah ada terjadi di Annapura. Tempat tersebut merupakan puncak tertinggi kesepuluh di dunia. Misi penyelamatan tersebut dilakukan setelah 3 orang pendaki asal Spanyol terdampar di ketinggian 6950 meter.

Untuk menyelamatkan mereka, para pendaki diterbangkan ke tempat yang aman setelah Capt. Daniel Aufdenblatten menjatuhkan tali panjang dari helikopter yang dikendarainya. Ia kemudian meminta pendaki tersebut untuk bergantung di tali. Pilot dan juga satu orang rekannya kemudian memenangkan Penghargaan Pahlawan atas aksi heroiknya.

2. Atacama, Chile


Atacama, Chile

Penyelamatan heroik selanjutnya terjadi di Atacama, Chili. Pada saat itu sebanyak 33 orang penambang terperangkap di dalam ranjau San Jose yang runtuh. Kejadian ini pun berhasil menarik perhatian dunia.

Setelah terjebak selama 69 hari, para penambang akhirnya berhasil diselamatkan. Lebih dari satu miliar orang menonton aksi heroik penyelamatan ini. Kejadian bersejarah ini kemudian diabadikan dalam sebuah film yang berjudul "The 33".

3. New York, USA


New York, USA

Kejadian di New York, Amerika Serikat ini menjadi ditandai sebagai sebuah pendaratan darurat di air paling sukses yang ada dalam sejarah. Kapten Chesley Burnett "Sully" Sullenberger berhasil mendarat di Sungai Hudson dengan 150 orang di dalam pesawat yang dikendarainya.

Pendaratan luar biasa hanya terjadi beberapa menit setelah pesawat lepas landas dari Bandara LaGuardia NY dan kemudian terhalang kawanan angsa. Semua orang dalam pesawat selamat. Misi penyelamatan itu juga diabadikan dala film "Sully" yang menampilkan Tom Hanks.

4. Apollo 13


Apollo 13

Kecelakaan yang terjadi di luar angkasa selalu menimbulkan ketegangan tersendiri. Seperti yang dialami pesawat luar angkasa Apollo 13 yang terjadi pada 13 April 1970 silam.

Sampai saat ini, orang-orang masih mengingat dengan jelas percakapan menegangkan yang terjadi antara astronot John "Jack" Swigert dan Pusat Pengendali Misi NASA. "Houston, kami punya masalah di sini.". Demikian ucapan fenomenal yang diucapkan astronot John saat kru Apollo 13 mendengar suadar ledakan.

Beruntung, para astronot berhasil mengatasi kerusakan sistem sementara untuk pembuangan karbon dioksida. Mereka kemudian mendarat dengan ama di Pasifik Selatan.

5. Texas, USA


Texas, USA

Jessica McClure masih berusia 18 bulan ketika ia terjatuh ke dalam sumur di halaman belakang rumah bibinya pada 14 Oktober 1987 silam. Selama 58 jam berikutnya, tim penyelamat membongkar terowongan di sumur untuk membebaskan anak itu.

Seluruh media melakukan liputan langsung selama 24 jam di sana. Jutaan orang di seluruh Amerika Serikat juga ikut memantau kabar terbaru dari misi penyelamatan heroik tersebut. Drama dua hari itu berakhir ketika bayi Jessica akhirnya berhasil diselamatkan.

6. Cabanatuan, The Philippines


Cabanatuan, The Philippines

Misi Perang Dunia II yang kompleks ini melihat 121 sukarelawan Angkatan Darat Amerika Serikat Rangers berangkat untuk menyelamatkan lebih dari 500 tawanan perang dari markas Cabanatuan di Filipina. The Rangers kemudian meluncurkan serangan mendadak pada Jepang pada Januari 1945. Mereka akhirnya berhasil membebaskan ratusan prajurit dengan korban mininal.

7. Somalia


Somalia

Pada 8 April 2009, empat perompak Somalia menyita kapal MV Maersk Alabama dan menangkap Kapten Richard Philips. Mereka kemudian membawanya di atas sekoci sebagai sandera selama 4 hari.

Pada 12 April, penembak jitu Navy Seal yang menunggu di sebuah kapal perang AS di dekatnya menentukan bahwa kehidupan Kapten mereka sangat berisiko. Ia diduga melihat salah satu perompak menunjuk AK-47 padanya dan menembaki para penculik. Kapten Philips akhirnya berhasil diselamatkan tanpa cedera.

8. Port-au-Prince, Haiti


Port-au-Prince, Haiti

Gempa 7.0 skala richter yang mengguncang Haiti pada tahun 2010 yang lalu berhasil menghancurkan Ibu Kota Port-au-Prince. Gempa tersebut juga berhasil meluluh lantakkan kehidupan jutaan penduduk di sana.

Salah satu penyelamatan yang paling mengejutkan terjadi 15 hari setelah gempa melanda. Seorang pria mendengar rintihan dari tumpukan puing-puing yang ada di sana. Kemudian, tim penyelamat menggali parit sampai mereka menemukan seorang perempuan bernama Darlene Etienne di sana. Perempuan malang berusia 16 tahun tersebut terjebang di bawah sepotong logam. Etienne mengatakan bahwa selama ia terjebak di sana, ia sepenuhnya dalam keadaan sadar.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait