6 Olahraga Mudah yang Bisa Dilakukan Di Kantor
Health

Terlalu banyak duduk dapat menyebabkan berbagai penyakit hingga kematian, lho. Bagi kalian pekerja kantoran yang tidak memiliki banyak waktu, yuk lakukan 6 gerakan sederhana ini.

WowKeren - Kegiatan manusia saat ini didominasi oleh duduk, apalagi pekerja kantoran yang setiap hari sibuk dengan dokumen dan komputer. Mereka menghabiskan sekitar 8 jam untuk duduk di kantor. Saat perjalanan pulang pun mereka duduk di kendaraan. Bahkan karena terlalu lelah, di rumah hanya duduk sambil bermain gadget atau menonton TV.

Tahukah kalian kalau terlalu banyak duduk dapat menyebabkan berbagai penyakit? Bahkan akibat terburuknya adalah kematian. Mengerikan, ya?


Jika kalian tidak memiliki waktu untuk berolahraga di gym atau sekedar berlari di komplek rumah, Ada beberapa solusinya, lho. Salah satunya adalah menyempatkan diri untuk melakukan gerakan simpel ini setiap hari di kantor.

6 gerakan ini tidak membutuhkan waktu banyak dan juga alat-alat yang rumit. Kalian bisa menggunakan kursi dan juga meja kantor.

Penasaran? Simak di sini, ya?

(wk/nris)

1. Peregangan Tangan dan Punggung (Backside Stretch)


Peregangan Tangan dan Punggung (Backside Stretch)

Gerakan satu ini sangat mudah, Kalian hanya perlu mengangkat kedua tangan lurus ke atas dengan jari-jari yang mengait. Kemudian miringkan ke kiri dan kanan bergantian. Kalian dapat melakukannya selama 10 detik dan mengulang sebanyak 5 kali.

Fungsi gerakan ini adalah untuk mengurangi rasa pegal untuk daerah bahu, punggung dan leher akibat terlalu lama duduk di kursi. Gerakan ini juga dapat memperlancar peredaran darah.

2. Mengangkat Bahu (Shoulder Shrug)


Mengangkat Bahu (Shoulder Shrug)

Jika pekerjaan kalian menuntut untuk selalu duduk di depan komputer, bahu dan pundak akan mudah kaku dan nyeri. Gerakan yang satu ini berguna untuk membuat bagian tersebut lebih rileks.

Pertama, kalian harus duduk dengan tegak. Lalu angkat bahu ke atas hingga mendekati telinga, kemudian tahan sekitar 3-5 detik dan turunkan kembali ke posisi normal. Ulangi gerakan ini dua hingga 3 kali atau lebih.

3. Angkat Kaki Bergantian (Leg Lift)


Angkat Kaki Bergantian (Leg Lift)

Saat terlalu banyak duduk, bagian kaki yakni betis dan paha juga tak luput dari rasa pegal. Kalian dapat melatihnya dengan gerakan satu ini.

Jika merasa mulai pegal, angkatlah salah satu kaki kalian secara perlahan. Pastikan juga posisi kaki lurus ke depan. Lalu ulangi untuk kaki sebelahnya.

4. Gunakan Tangga


Gunakan Tangga

Bergeraklah sesering mungkin saat memiliki kesempatan. Mungkin kalian bisa berjalan kaki mengelilingi ruangan saat jam istirahat.

Cara lainnya dengan memilih menggunakan tangga dari pada lift. Menaiki tangga juga bentuk dari kardio dan dapat membakar kalori, lho.

5. Push Up di Meja


Push Up di Meja

Bagi kalian yang tidak memiliki banyak waktu untuk ke gym, gerakan ini bisa menjadi solusinya. Otot bisep kalian akan tidak akan mudah letih jika melakukan gerakan satu ini.

Kalian cukup menempatkan kedua tangan lurus sejajar dengan bahu sembari menggenggam pinggiran meja. Posisikan kaki ke belakang sehingga kalian berada diagonal pada lantai. Lalu lakukan gerakan push up biasanya.

6. Duduk-Berdiri (Chair Sit to Stand)


Duduk-Berdiri (Chair Sit to Stand)

Gerakan ini juga sangat mudah di lakukan. Kalian hanya perlu berdiri dari kursi dan kemudian tegak kembali. Jangan lupa untuk berada dalam posisi tegak, ya. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Gerakan ini berfungsi untuk meregangkan otot kaki secara keseluruhan dan melatih keseimbangan tubuh. Bagaimana menurut kalian? Olahraga tidak perlu mahal, kan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru