Bahaya! Berita Kematian Rowan Atkinson di Internet Ternyata Bawa Virus Komputer
Getty Images
Selebriti

Tautan berita kematian Rowan di internet berpotensi memberikan akses pada scammer untuk mengontrol komputer, mencuri data dan menginstal virus.

WowKeren - Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan berita kematian aktor pemeran Mr. Bean, Rowan Atkinson. Namun sayangnya, alih-alih mengklarifikasi kabar kematian sang aktor, tautan yang memuat berita tersebut malah membahayakan para pengguna yang mengaksesnya.

Dilansir People pada Jumat (20/7), tautan yang membagikan kabar hoax tersebut bisa menyebarkan virus pada komputer pengguna dan modus pencurian data. Rowan sendiri diketahui masih hidup, meskipun kabar kematiannya ini sukses menjadi viral.

Kabar palsu ini muncul pada Selasa (17/7) lalu, setelah adanya unggahan yang mengklaim bahwa sang aktor meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di Los Angeles. Untuk meyakinkan para pengguna internet, judul "FOX BREAKING NEWS" dan tombol putar di tengah gambar membuat tautan ini terlihat seperti klip video dan mendorong banyak orang untuk membukanya.

"FOX BREAKING NEWS: Mr. Bean (Rowan Atkinson) meninggal di usia 62 setelah mobilnya tabrakan saat berupaya melakukan sebuah aksi yang sempurna. Hari ini Juli, 2017," tulis unggahan dalam tautan tersebut.

Namun saat diklik, tautan itu akan menggiring para pembaca ke laman "Security Error". Laman ini memberitahu bahwa komputer pembaca telah diblokir dan harus dibebaskan dengan cara memanggil nomor dukungan pelanggan.


"Anda akan diminta untuk menelepon sebuah nomor untuk meminta pertolongan dengan masalah pengamanan tersebut," ujar perwakilan Hoax Slayer, sebuah situs yang mengonfirmasi kebenaran suatu berita.

Nomor tersebut menghubungkan pengguna dengan scammer (kelompok penipu di dunia maya). Berdasarkan laporan, scammer tersebut akan mencoba mendapatkan data pribadi dari pembaca, seperti nama, alamat, dan rincian data pribadi di bank.

"Jika anda menelepon sesuai yang diinstruksikan, staf dari laman palsu itu akan mencoba menipu agar Anda memberikan detail kartu kredit kepada mereka, seolah-olah untuk membayar perbaikan komputer," lanjut perwakilan tersebut.

Tak hanya itu, para scammer tersebut juga berpotensi mengelabui pembaca agar mengunduh sebuah perangkat lunak yang memberikan akses untuk mengontrol komputer, mencuri data dan menginstal virus.

Di sisi lain, ini bukanlah pertama kalinya Rowan dikabarkan meninggal dunia. Aktor berusia 63 tahun ini diketahui sempat mendapatkan pemberitaan serupa pada tahun 2017 lalu.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru