8 Hal yang Sering Dianggap Remeh Ini Bisa Jadi Tanda-Tanda Kanker
Health

Kenali tanda-tanda sederhana dari penyakit kanker yang kerap diabaikan sejak dini dan segera konsultasikan ke dokter.

WowKeren - Kanker masih menjadi salah satu penyakit berbahaya yang mematikan. Banyak penderita kanker tidak mengenali gejala dininya. Oleh karena itu, sebagian besar penderita kanker baru mendapatkan penanganan saat sudah mencapai stadium tinggi.

Ya, penyakit kanker memang acap kali diabaikan dan dianggap tidak terjadi apa-apa di stadium awal. Akan tetapi, jika kamu memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker, akan lebih bijaksana bagimu untuk senantiasa waspada terhadap gejala-gejala awal kanker yang sering diabaikan.

Perubahan yang sangat kecil saja pada tubuhmu bisa jadi merupakan tanda-tanda kanker. Sebelum semuanya menjadi terlambat, ada baiknya kamu mengetahui apa saja tanda-tanda kanker yang kerap diabaikan ini.

(wk/silm)

1. 1. Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar


1. Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar

Salah satu tanda kanker yang kerap diabaikan adalah berubahnya kebiasaan buang air. Sebagian orang tidak terlalu peduli dengan perubahan feses mereka. Padahal, hal itu bisa saja memberikan tanda-tanda awal dari penyakit kanker.

Jika kamu mengalami diare, konstipasi, atau sakit perut yang terus menerus saat buang air besar, tubuhmu mungkin saja sedang berusaha mengirim sinyal bahwa ada yang tidak beres. Dokter kadang menduga feses yang berbentuk kecil seperti pensil dengan penyakit kanker usus besar. Oleh karena itu, mulai sekarang, ada baiknya kamu mulai memperhatikan jika ada perubahan dalam kebiasaan buang air besarmu, ya.

2. 2. Berkeringat Saat Bangun di Tengah Malam


2. Berkeringat Saat Bangun di Tengah Malam

Sering berkeringat saat bangun di tengah malam mungkin juga menjadi salah satu gejala kanker yang sering dianggap remeh. Memang, sepertinya tidak ada yang berbahaya dari bangun di malam hari dengan tubuh yang berkeringat. Akan tetapi, bisa jadi itu merupakan sinyal yang dikirim tubuh lantaran ada kanker yang sedang tumbuh.

Jangan mengabaikan keringat yang bercucuran tiap kali kamu terbangun di malam hari kecuali kami sedang mengalami menopause. Jika memang tidak ada yang salah dengan suhu ruangan dan kamu berkeringat hebat, ada baiknya kamu segera konsultasikan ke dokter.

3. 3. Penyakit Asam Lambung


3. Penyakit Asam Lambung

Acid Reflux kronis atau penyakit asam lambung kronis bisa menjadi salah satu tanda-tanda kanker. Acid Reflux merupakan penyakit pencernaan saat asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan pipa makanan atau kerongkongan.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa panas di dalam perut atau di bagian dada bagian bawah. Hal ini terjadi saat asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

Rasa sakit ini juga seringkali dianggap remeh oleh beberapa orang. Padahal, penyakit asam lambung yang kerap terjadi ini bisa saja menjadi tanda-tanda dari kanker esofagus. Jika kerap mengalami hal ini, jangan diabaikan dan segera konsultasikan dengan dokter, ya.

4. 4. Sering Merasa Lelah Berlebihan


4. Sering Merasa Lelah Berlebihan

Kelelahan yang ekstrim juga bisa menjadi gejala lain dari kanker yang sering terabaikan. Kelelahan ekstrim ini biasa terjadi kepada individu yang menderita leukimi atau juga kanker darah lainnya.

Tubuhmu juga bisa merasa lelah ketika kehilangan banyak darah. Kanker usus besar yang membuatmu kehilangan banyak darah ini juga bisa menjadi risiko dari kelelahan berlebihan yang kamu rasakan. Jika kamu merasa sangat lelah dan tanpa sebab, bisa jadi ada yang tidak beres dengan tubuhmu yang bisa jadi merupakan gejala awal kanker.

5. 5. Luka yang Tak Kunjung Sembuh


5. Luka yang Tak Kunjung Sembuh

Luka pada tubuh sebaiknya tidak kamu abaikan karena itu bisa saja menjadi salah satu dari gejala kanker. Kanker kulit dan kanker mulut seringkali didiagnosis dari luka.

Luka pada umumnya akan cepat sembuh. Jadi, apabila kamu menderita luka dan tak kunjung sembuh, ada baiknya kamu melakukan konsultasi lanjut kepada dokter, khususnya luka di area genital yang amat berbahaya.

6. 6. Warna Lidah atau Kulit Berubah


6. Warna Lidah atau Kulit Berubah

Coba julurkan lidahmu di depan kaca. Jika terdapat banyak bercak putih di sana, kamu bisa saja mendeteksi kanker mulut lebih awal. Selain di lidah, bercak putih di pipi juga bisa menjadi tanda awal dari gejala kanker.

Bukan hanya perubahan warna lidah, perubahan warna pada kulit juga harusnya tak lagi kamu abaikan. Jika kulitmu tiba-tiba berubah warna menjadi kemerahan atau juga berwarna kuning, kamu perlu waspada. Demkikian juga dengan rasa gatal yang sering terjadi pada kulitmu.

7. 7. Batuk Terus Menerus dan Susah Menelan


7. Batuk Terus Menerus dan Susah Menelan

Batuk yang terus menerus diderita juga tak boleh diabaikan sebagai salah satu gejala awal penyakit kanker. Batuk menjadi tanda bahwa ada yang salah dengan tubuhmu. Selain akibat alergi, batuk yang tak kunjung sembu, sesak nafas, dan nyeri di dada bisa menjadi tanda-tanda kanker.

Susah menelan pun demikian. Gejala yang sering dianggap remeh tersebut ternyata juga bisa berpotensi sebagai gejala awal kanker. Kesusahan dalam menelan makanan bisa menjadi tanda ada yang tidak beres dengan tubuhmu, misalnya kanker kerongkongan atau juga kanker perut.

8. 8. Nyeri Punggung


8. Nyeri Punggung

Rasa nyeri pada punggung seringkali diremehkan. Nyeri pada punggung, panggul ataupun rasa kembung merupakan kombinasi sinyal yang diberikan tubuh mengenai kanker ovarium. Jika mengalami ketiga hal tersebut, sangat baik untukmu jika mengonsultasikan lebih lanjut kepada dokter.

Banyak pasien kanker juga mengatakan bahwa nyeri di punggung atau sisi kanan bawah merupakan tanda pertama dari kanker hati. Kanker payudara juga seringkali didiagnosis dari rasa nyeri di punggung. Hal itu bisa terjadi saat tumor payudara menekan ke bagian belakang dada atau bisa juga saat kanker telah menyebar ke tulang belakang atau tulang rusuk.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait