Ceramah Ustaz Hanan Attaki Tuai Kontroversi, Arie Untung Beri Dukungan
Instagram/ariekuntung
Selebriti

Ustaz Hanan Attaki memberikan klarifikasi soal ceramah yang menyindir berat wanita salehah 55 kg.

WowKeren - Video ceramah Ustaz Hanan Attaki belum lama ini menjadi kontroversi. Dalam video tersebut, Ustaz Hanan berbicara tentang sosok istri Nabi Muhammad, Aisyah. Potongan video berdurasi kurang dari satu menit itu beredar viral di media sosial.

""Saya teliti teks-teks tentang Aisyah ternyata Aisyah itu cewek gaul, pinter, traveller banget, kurus, tinggi, berat maksimalnya sekitar 55 sampai 60 kg. 55 lah," ucap Ustaz Hanan dalam video tersebut. "Makanya saya bilang dimana-mana, salah satu ciri wanita salihah itu beratnya tidak boleh lebih dari 55 kg."

Ucapan Ustaz Hananitu disambut tawa. Soal berat badan Aisyah, Ustaz Hanan mengutip sebuah hadis.

"Nanti baca lagi hadisul ifki. Kata para sahabat yang membawa tandu Aisyah, Aisyah itu lebih ringan dari pada tandunya. Dan tandu itu beratnya sekitar 55 kg," lanjut Ustaz Hanan. "Jadi kalau sampai di rumah, ibu-ibu nimbang 56 (kg), kurang salihah."

Berbeda dengan para jemaah yang tertawa, warganet justru memberikan cibiran dan komentar pedas. Tidak sedikit yang memberikan cibiran pedas kepada Ustaz Hanan.

Sadar menjadi sorotan, Ustaz Hanan pun memberikan klarifikasi lewat akun YouTube miliknya. Dalam video tersebut, Ustaz Hanan memberikan penjelasan secara gamblang terkait ceramahnya.

Penggunaan diksi yang dipakainya adalah bentuk ijtihad (usaha) untuk memberikan pemahaman kepada kaum muda atau milenial. Menurut Ustaz Hanan, apa yang disampaikannya adalah demi memudahkan terjemahan Alquran dan hadist kepada anak muda. Ia pun memiliki misi agar para remaja bisa mencontoh dan mengagumi sosok Aisyah.

"Ketika saya menyampaikan cerita Aisyah saya menyampaikan dengan metode story telling, di mana saya ingin melibatkan emosional teman-teman, emosional anak-anak muda untuk lebih kagum, untuk lebih respect kepada sosok Aisyah, untuk lebih bisa mengimajinasikan kerennya sosok Aisyah," ungkap Hanan. "Sehingga saya menterjemahkan istilah ulama-ulama tentang ciri-ciri Aisyah, baik itu ciri fisik, akhlak atau karakter Aisyah."


Penjelasan Ustaz Hanan diakuinya memang jauh dari kebenaran yang hakiki lantaran sosok Aisyah pasti lebih baik dari yang digambarkan. Soal urusan berat badan, Ustaz Hanan menjelaskan bahwa ukuran fisik dengan berat badan 55 kg adalah ciri perempuan yang salehah ini juga tidak bertentangan dengan Al-Quran dan Hadist.

Di akhir klarifikasinya, Ustaz Hanan berharap semua pihak tidak saling mencela dan berprasangka, terlebih lagi di media sosial. Unggahan Ustaz Hanan itu ternyata juga mencuri perhatian artis sekaligus presenter Arie Untung.

Di bagian kolom komentar, Arie Untung memberikan dukungan untuk Ustaz Hanan. Menurut Arie, pasti akan ada pihak-pihak yang mencari kesalahan.

"Akhakul kharimah... tadz ribuan yg sudah tersadarkan, pasti ada yg mencari kesalahan, namun apapun itu adab antum justru menunjukkan 'kelas', siap2 tambah terkenal tadz," komentar Arie. "TAKBIIIR (uups maap tadz kita pelan2 aja, takbir (pake huruf kecil)."

Lewat akun Instagram miliknya, Arie juga menuliskan rasa prihatinnya. Ia mengunggah beberapa foto dirinya bersama para ustaz.

USTADZ OH USTADZ Bismillahirahmanirahim Tanpa menafikan ustadz lain yg hebat2 yg dimiliki indonesia yg tdk muat ditampilkan disini Semuanya memiliki style dan gaya yg berbeda. Dan juga jenis obstacles perjuangan yg berbeda Banyak ustadz2 di indonesia yg sedikit banyak memiliki amal jariah dalam “perubahan” ku, mkn juga utk beberapa teman2 diluar sana Diantaranya Yang aku ajak foto ini kebetulan yg “mencuat beritanya” (waktu pas foto belum kejadian) mendapatkan “cobaan” dalam dakwahnya. Di presekusi, dilarang ceramah, di tahzir, di anggap intoleran, dianggap anti NKRI, dianggap mempolitisi jemaah, dianggap “gaul”, dan tuduhan2 lainnya. Sebenarnya yg tdk aku tampilkan disinipun mkn memiliki cobaan2 dng tingkat yg tidak kalah berat. Hanya kitanya saja yg mkn kurang terinformasi Alhamdulillah guru2 kita tetap sabar dan tawaddu, lalu lihat hasilnya? Justru dengan caranya yg indah Allah menaikan derajat seorang manusia. Dia menguji mrk kadang dengan “kesalahan” demi mengingatkan bahwa ustadz juga manusia. Yg maha benar hanya Allah 👆 “the Alpha and the Omega” o Perbedaan Style adalah hal yg biasa, tapi mereka tetap saling berkasih sayang karena Allah, mrk lebih mengutamakan persamaan dan persatuan dibanding perbedaan, tidak ada yg menganggap pemahamannya lah yg paling benar. Krn Sepanjang hidup adalah “menuntut ilmu”. Sky is the limit Kadang jemaahnya saling salah faham sesama guru tetap saling salam Kesempatan ini aku mau ngajak teman2, yuk udah waktunya rangkulan. “Rapatkan shaff”.o berselisih ga akan pernah mempersatukan. Tapi saling menyelami yg akan membuat faham kenapa sih saudara kita saling bertahan dng pendapatnya Dng begitu kita bisa nikmati indahnya saling faham dan memaklumi diatas perbedaan Untuk bisa rangkulan, aku mau tanya sama teman2, siapa disini yang setuju kalau para “guru” ini kita SATUKAN DALAM SATU ACARA? o Silahkan tulis dikolom comment pendapatmu, maaf di akun aku autoblock utk mrk yg negative vibes. Jgn lupa sebutkan ustadz siapa saja yg mau tmn2 lihat ikut bergabung. (Tidak mesti yang ada di gambar) semakin banyak doa, insya Allah benar benar diijabah Aamiin ya Allah PERBEDAAN ADALAH RAHMAT #masyaallahtabarakallah #rapatkanshaff

Sebuah kiriman dibagikan oleh Arie Untung (@ariekuntung) pada

Tak hanya Arie, klarifikasi Ustaz Hanan pun menuai dukungan dari warganet. Banyak warganet yang meminta agar Ustaz Hanan tetap semangat dalam melakukan syiar agama.

"Semangat terus ustadz...barakallah," tulis akun @iqbal_****lut86. "Inilah cara Allah untuk lebih mempopulerkan Ust @hanan_attaki , semangat terus Ustadz," tambah akun @aviv_***madhan.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait