Sama Seperti Hujan, Petir Ternyata Miliki Bau Khas
SerbaSerbi

Pada skala molekuler, perubahan kimia dapat mengubah atmosfer pada tingkat yang sangat lokal dan meninggalkan aroma.

WowKeren - Petir merupakan fenomena alam yang menakjubkan sekaligus berbahaya. Munculnya petir sering kali saat cuaca mulai memasuki musim penghujan.

Munculnya petir ditandai dengan kilatan cahaya dalam waktu singkat dan menyilaukan. Kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut dengan guruh. Kebanyakan individu terutama anak-anak takut akan suara tersebut.


Tahukah kalian bahwa petir juga memiliki bau seperti saat hujan? Aroma petir mungkin tidak sejelas suaranya yang besar dan mengagetkan.

Setiap petir menyambar, ia membuat udara panas hingga 30 ribu derajat Celcius. Pada skala molekuler, perubahan kimia dapat mengubah atmosfer pada tingkat yang sangat lokal dan meninggalkan aroma.

Dilansir dari Science Alert, udara mengandung 78 persen nitrogen dan hampir 20 persen oksigen. Biasanya dua zat tersebut tidak berbentuk unsur di atmosfer. Senyawa tersebut berpasangan sebagai molekul N2 dan O2.

Saat petir menyambar dan memanaskan udara, ia memecah ikatan di antara dua atom oksigen dan dua atom nitrogen. Lalu, nitrogen tunggal atau oksigen tunggal secara acak bisa bergerak bebas.

Sebagian besar atom oksigen dan nitrogen akan kembali menjadi pasangan molekul O2 dan N2 ketika udara mulai mendingin. Namun, beberapa ada yang merombak susunanan.

Terdapat atom O tunggal yang bergabung dengan molekuk O2 sehingga menghasilkan O3 alias ozon. Biasanya bumi hanya memiliki sedikit ozon dan beraorma khas. Saat adanya petir itulah bau tersebut lebih mudah tercium.

Seorang pria bernama Ryan Long di Oxford, Alabama membeberkan pengalamannya mencium bau petir. Menurut pria berusia 20 tahun ini, baunya seperti ada plastik atau kabel yang terbakar.

"Saat itu aku sedang bekerja di bangungan tua di atas bukit di pemakakan. Tiba-tiba ada kilatan putih menyilaukan," ujar Ryan. "Petir menyambar hanya beberapa meter dariku. Sengatan listrik mengirim listrik statis ke lenganku. Baunya seperti ada sesuatu anorganik terbakar, seperti kabel atau plastik yang terbakar."

Selain itu, saksi lain melaporkan bahwa bau petir tercium seperti klorin, bahanh pembersih atau percikan listrik. Bau yang tercium sebelum hujan adalah salah satunya. Aroma itu merupakan sisa dari ozon yang tercipta dari petir sebelumnya.

Bagaimana menurut kalian? Sudah pernah mencium aroma petir?

You can share this post!

Related Posts