Waring di Kali Item Mulai Rusak dan Bersampah, Warganet Kembali Sindir Anies Baswedan
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Seperti diketahui, Anies Baswedan sempat memasang waring untuk mencegah aroma busuk saat Asian Games berlangsung.

WowKeren - Asian Games 2018 akan segera dimulai pada pertengahan Agustus di Jakarta. Maka tak heran jika saat ini Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tengah berbenah di berbagai sektor.

Salah satu sektor yang dibenahi yakni Kali Item. Sebab sungai tersebut letaknya persis di samping Wisma Atlet Kemayoran. Anies mengatakan untuk sementara Kali Item dipasang waring supaya aroma busuk tidak tercium.

Pemasangan waring hanya digunakan sepanjang Asian Games berlangsung. Selanjutnya, waring akan dilepas karena tak bisa digunakan dalam waktu jangka panjang.

"Intinya penutupan ini untuk mengurangi evaporasi. Ini sifatnya temporer untuk pelaksanaan Asian Games," ujar Anis di Balai Kota, Rabu (25/7). "Untuk jangka panjang tidak bisa seperti ini".

Teknologi nano bubble digunakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan memasang beberapa pompa. Pompa-pompa tersebut nantinya akan berfungsi untuk menambah debit air agar memaksimalkan penjernihan air. Sedangkan untuk jangka panjang akan dilakukan dengan instalasi pengelolahan air limbah domestik.


Namun siapa sangka, belum lama dipasang, waring itu sudah terlihat sobek di beberapa titik dengan berbagai variasi ukuran. Bahkan beberapa "oknum" masyarakat sampai menjadikan waring layaknya bak sampah. Beberapa bekas botol minuman hingga plastik ditemukan.

Sontak lagi-lagi Anies menjadi perbincangan warganet. Melalui media sosial, waganet berbondong-bondong sindir Anies.

"Lagian ngapain ditutupin wkwkwk zaman Ahok mah buat lomba dayung. Zaman NOW ditutupin, ngakak gue," tulis akun @maklambe*****. "Buat saya jaring waring 580jt ini memang sia-sia. Kenapa tidak coba saran dari dosen ITB. Keruk endapan lumpur, taruh bungkusan carbon dalam kali, jalankan nano bubble dan pemberian oksigen di posisi hulu sungai. Dan terpenting, tanggulangi pembuangan limbah industri dan hunian ke kali," sahut akun @harryha17649***.

"Ya pasti rusaklah. Warga biasa buang sampah ke kali, sekarang ada waring maka kebiasaan itu tidak serta merta berhenti. Seharusnya sebelum waring dipasang sediakan dulu tempat pembuangan sampah," tambah akun @rista**. "Zaman Ahok kali pada bersih karena ada petugas khusus yang jaga dan pelihara. Sejak Anies menjabat, petugas itu ditiadakan."

Soal pemasangan waring ini pun sempat disorot oleh media asing. Kendati demikian, Anies tetap santai menanggapi berita tersebut.

"Tentu (diberitakan media asing) karena diberitakan oleh media nasional. Jadi, media internasional itu hanya mengambil dari media lokal," ujar Anies belum lama ini. "Bila mengambil sisi suram, maka itulah yang akan diikuti diambil oleh media internasional juga."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru