Pusing Selama 6 Bulan, 100 Telur Cacing Pita Ditemukan Bersarang di Otak Perempuan Ini
ibtimes
SerbaSerbi

Berbahaya dan menimbulkan berbagai penyakit serius, kenali gejala dan pencegahan cacing pita yang bisa menginfeksi tubuhmu.

WowKeren - Makanan yang dikonsumsi manusia semakin hari semakin beragam. Tak heran jika berbagai jenis penyakit bermunculan. Bukan hanya kandungan bahan, kebersihan suatu makanan harusnya juga dipertimbangkan saat kita mengonsumsi makanan. Hal itu bisa saja menyebabkan sesuatu yang fatal.

Dokter di New Delhi menemukan sebuah kasus yang cukup mengejutkan. Dalam otak seorang perempuan berusia 8 tahun, dokter menemukan 100 telur cacing pita yang sedang berkembang.

Orangtua gadis tersebut segera membawanya ke Rumah Sakit Fortis setelah ia merasakan sakit kepala dan serangan epilepsi selama enam bulan. Sebelumnya, dokter sudah memvonis gadis tersebut dengan neurocysticercosis. Namun, siapa sangka bahwa ia memiliki 100 telur cacing pita yang sedang berkembang di otaknya. Hal itu menyebabkan pembengkakan di otak sebesar 19,9 kg.


"Pemindaian otaknya menunjukkan lebih dari 100 titik putih yang merupakan telur cacing pita. Infeksi semacam ini disebabkan karena mengonsumsi makanan yang dipenuhi dengan cacing pita," jelas Dr. Praveen Gupta dilansir IBT pada Kamis (26/7). "Ketika telur mencapai otak melalui sistem syaraf, mereka bisa menyebabkan neurocysticercosis yang ditandainya dengan sakit kepala parah, serangan epilepsim dan juga kebingungan.".

Infeksi cacing pita yang mencapai otak juga bisa disebabkan karena mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci. Selain itu, mengonsumsi daging yang kurang matang dan terinfeksi cacing pita pun menjadi penyebabnya.

Dokterpun menjelaskan bahwa infeksi cacing pita ini juga bisa menyebabkan beberapa gejala, seperti mual-mual, diare, sakit perut, nafsu makan menurun, kelelahan, hingga kekurangan vitamin dan mineral. Bahkan, dalam beberapa kasus, cacing pita juga bisa menyebabkan komplikasi serius seperti penyumbatan usus. Cacing pita bisa terus bergerak dari perut menuju organ lain, termasuk otak.

Hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari infeksi cacing pita yang berbahaya ini adalah dengan menjaga pola makan. Hindari mengonsumsi daging mentah atau setengah matang. Selain itu, usahakan untuk mencuci bersih semua jenis sayuran yang akan dikonsumsi, apalagi yang berasal dari daerah yang umum terdapat cacing pita. Jangan lupa mencuci tangan sebelum menyiapkan dan menyantap makanan. Cuci tangan setelah memegang daging atau ikan mentah juga wajib dilakukan.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru