7 Cara Mudah dan Murah Lindungi Rambut dari Polusi yang Sebabkan Kerusakan
Lifestyle

Tidak hanya kulit wajah yang perlu dilindungin dari paparan sinar matahari dan polusi tetapi juga rambut. Simak 7 cara gampang dam tentunya murah ini, ya.

WowKeren - Wajah menjadi fokus utama saat perawatan. Wanita bakal melindungi kulit wajah dengan berbagai cara dari sinar matahari dan polusi saat beraktivitas di luar ruangan. Padahal, kesehatan rambut juga perlu diperhatikan, lho.

Pernahkah kalian berpikir bahwa rambut juga memerlukan SPF atau spray antipolusi? Kerusakan rambut terjadi bukan hanya karena aktivitas seperti pewarnaan, perming, mencatok atau blow drying. Debu, asap, polusi dan sinar UV juga memicu banyak masalah rambut, lho.


Partikel kotoran dan debu di udara berukuran 20 kali lebih kecil dari diameter rambut serta 80 kali lebih kecil dari folikel rambut. Saking kecilnya kita tidak mengetahui mereka menempel di permukaan rambut. Hal tersebut membuat rambut menjadi berat, menghalangi lapisan pelindung luar, kutikula dan pori-pori dimana rambut tumbuh.

Merawat rambut juga tidak memerlukan banyak biaya mahal. Berikut 7 cara mudah untuk melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi. Simak terus, ya.

(wk/nris)

1. Gunakan Topi atau Syal Saat Beraktivitas di Luar Ruangan


Gunakan Topi atau Syal Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Langkah paling mudah yang dapat kalian lakukan untuk melindungi rambut adalah dengan menggunakan topi atau syal. Pastikan rambut tertutup dari sinar matahari.

Sinar UV dari matahari dapat berbahaya bagi kutikula yang rentan. Kerusakan kutikula menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. Menurut ahli rambut, Nikita Jain, menggunakan topi sangat penting untuk mencegah hilangnya tekstur halus rambut.

2. Jangan Bepergian dengan Rambut Basah Atau Berminyak


Jangan Bepergian dengan Rambut Basah Atau Berminyak

Saat ingin bepergian keluar, sebaiknya rambut dalam keadaan kering. Jangan menggunakan minyak rambut selama lebih dari satu jam. Jika rambut dalam keadaan basah atau berminyak, debu dan kotoran yang menempel akan semakin banyak.

Kalian akan semakin sulit untuk membersihkan rambut. Selain itu, sampo yang diperlukan juga semakin banyak.

3. Mengikat Rambut untuk Melindungi Ujungnya


Mengikat Rambut untuk Melindungi Ujungnya

Tak memerlukan produk atau alat mahal, mengikat rambut bisa jadi solusi agar terlindung dari polusi. Kalian bisa menggunakan gaya bun (sanggul). Cara ini bisa mengurangi kerusakan ujung-ujung rambut dari sinar matahari dan polusi.

Selain itu, gaya sanggul dapat mencegah rambut berantakan dan kusut. Namun jangan mengikat rambut terlalu ketat.

4. Gunakan Sunscreen Rambut Sebelum Keluar


Gunakan Sunscreen Rambut Sebelum Keluar

Rambut juga memerlukan perlindungan dari sinar matahari. Sebaiknya kalian menggunakan sunscreen untuk rambut sebelum beraktivitas di luar. Untuk rambut, sunscreen jenis semprotan akan lebih mudah digunakan.

Setelah menyemprotkan tabir surya, sebaiknya diamkan beberapa saat hingga menyerap sepenuhnya. Hal ini akan melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan mencegah rambut rontok. Rambut juga akan lebih bersinar dan memiliki tekstur yang baik.

5. Gunakan Masker Rambut Alami Seminggu Sekali


Gunakan Masker Rambut Alami Seminggu Sekali

Tahu lidah buaya, kan? Tanaman satu ini punya banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah perawatan rambut. Kalian dapat menggunakannya sebagai masker rambut.

Jika kalian rajin menggunakan masker untuk wajah, kenapa tidak demi kesehatan rambut? Penggunaan lidah buaya cukup mudah. Kalian cukup mengambil gelnya kemudian hancurkan. Campur dengan bahan alami lainnya seperti perasan lemon atau minyak zaitun. Oleskan ke rambut kemudian bungkus dengan handuk dan biarkan selama 15 menit agar meresap. Lakukan satu kali setiap minggu, ya.

6. Jangan Tunda Keramas


Jangan Tunda Keramas

Bagi kalian yang malas membasuh rambut atau keramas sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut. Kotoran akan semakin menumpuk dan menyebabkan berbagai masalah rambut jika tidak segera dihilangkan.

Gunakan sampo dan conditioner untuk masalah rambut yang sama. Kalian juga harus berhati-hati memilih produk rambut agar tidak menghilangkan minyak alaminya.

7. Sisir Rambut dengan Lembut


Sisir Rambut dengan Lembut

Polusi menyebabkan kualitas rambut memburuk. Helai rambut akan rapuh dan membuatnya mudah patah. Maka dari itu jangan menyisir rambut dengan kasar. Sisir lembut dari atas hingga ke bawah.

Selain itu, jika kalian perlu menggunakan alat catok atau pengering rambut, sebaiknya kurangi paparan panasnya. Jangan sampai melebihi 360-400 derajat. Karena hal itu malah semakin menambah kerusakan rambut.

Bagaimana menurut kalian? Mudah sekali, kan? Yuk mulai aplikasikan tips di atas setiap hari, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait