8 Masker dari Bahan Alami yang Bantu Mencerahkan Kulit Kusam
Lifestyle

Kalian tidak perlu menggunakan produk kecantikan mahal untuk mendapatkan kulit bersinar dan segar, cukup rutin menggunakan masker dari bahan alami ini. Apa saja ya?

WowKeren - Wajah yang cerah, bersih dan segar tentu menjadi dambaan setiap wanita maupun pria. Kulit wajah yang kusam akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Sebagian orang juga sering tidak percaya diri karenanya.

Banyak produk kecantikan yang berfungsi untuk membuat kulit wajah cerah secara instan. Kalian sendiri mungkin menggunakannya saat ini? Namun, enggak semua produk aman, lho untuk kulit kalian. Produk tersebut juga hanya membuat cerah sementara. Jadi kulit kalian bisa kembali kusam setelah tidak menggunakannya.


Selain itu, harga produk kecantikan tidak ramah di kantong. Apalagi buat kalian yang belum memiliki penghasilan sendiri, nih. Ada solusi mudah untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Mungkin kalian tidak mengetahui bahwa beragam bahan alami seperti buah dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Biasanya bahan-bahan tersebut diproses hingga menjadi masker. Caranya mudah dan tentunya tidak ada efek samping.

Berikut 8 bahan alami yang dapat mencerahkan wajah kalian. Simak di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Masker Bengkoang Menghilangkan Flek Hitam


Masker Bengkoang Menghilangkan Flek Hitam

Kalian sudah tidak asing dengan buah satu ini, kan? Berbagai produk kecantikan telah menggunakannya untuk mencerahkan atau pemutih wajah karena mengandung vitamin B1 dan C. Kandungan tersebut akan mengangkat sel kulit mati dan berganti dengan yang baru sehingga kulit lebih putih. Selain itu, buah ini berguna untuk mencegah penuaan dini serta menghilangkan flek hitam.

Daripada membeli produk mahal, kenapa tidak membuatnya sendiri di rumah? Caranya sangat mudah, cukup haluskan buah bengkuang. Lalu gunakan buah yang telah halus tersebut sebagai masker. Atau kalian bisa memeras buah yang telah halus dengan air, kemudian oleskan sarinya ke seluruh wajah. Biarkan hingga mengering sekitar 15 hingga 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Masker Tomat untuk Melawan Radikal Bebas


Masker Tomat untuk Melawan Radikal Bebas

Buah tomat bermanfaat sebagai antioksidan yang berguna melawan radikal bebas. Buah satu ini juga berkhasiat untuk menghindarkan kulit dari timbulnya jerawat, kulit kering, kulit kusam dan membuat pori-pori mengecil. Tak hanya itu, tomat juga menjadi sunscreen alami yang melindungi wajah dari paparan sinar UV.

Untuk penggunaannya, kalian bisa menghancurkan tomat kemudian oleskan pada wajah. Selain itu, kalian bisa mencampurnya dengan madu atau yogurt. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih. Jangan lupa lakukan secara rutin kira-kira 2-3 kali seminggu.

3. Masker Yogurt untuk Mengatasi Masalah Kulit


Masker Yogurt untuk Mengatasi Masalah Kulit

Yogurt memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Makanan ini dikenal meningkatkan kerja sistem pencernaan kita. Yogurt yang terbuat dari olahan susu mengandung kalsium dan zinc. Kalsium sendiri memiliki peran penting untuk mencegah kulit dan dehidrasi. Sementara zinc untuk bisa mengatasi masalah kulit. Selain itu, kandungan lainnya yakni vitamin B kompleks dapat menutrisi wajah sehingga bersinar alami.

Eits, yang bisa digunakan sebagai masker wajah adalah yogurt hambar tanpa perasa atau pewarna. Kalian cukup mengoleskannya ke seluruh wajah lalu pijat-pijat dengan lembut. Diamkan selama 5 hingga 15 menit kemudian bisa dengan air hangat.

4. Masker Alpukat dan Madu Membuat Kulit Kenyal


Masker Alpukat dan Madu Membuat Kulit Kenyal

Pada artikel sebelumnya, alpukat diketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari jantung hingga otak. Buah ini rupanya juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah. Vitamin A yang dikandungnya berguna untuk membersihkan sel kulit mati. Sementara itu, kandungan asam amino glutaminnya dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi. Tak berhenti sampai di situ, alpukat mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk memproduksi elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal.

Sama seperti sebelumnya, kalian cukup menghaluskan daging buah alpukat. Kemudian campurkan madu secukupnya dan aduk rata. Sebelum dioleskan ke wajah, kalian bisa menyimpannya di dalam kulkas agar mendapatkan sensasi dingin. Kemudian aplikasikan dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air biasa.

5. Masker Pepaya dan Madu untuk Menghilangkan Bercak Cokelat


Masker Pepaya dan Madu untuk Menghilangkan Bercak Cokelat

Kandungan enzim papain dalam pepaya berguna untuk mencerahkan kulit dengan cara eksfoliasi dan menghilangkan bercak cokelat. Selain itu, vitamin A, E dan C sebagai antioksidan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit wajah.

Haluskan pepaya sebelum menggunakannya sebagai masker. Lalu campurkan dengan madu dan aduk sampai rata. Kalian juga bisa mengganti madu dengan yogurt. Oleskan pada wajah dan diamkan selama sekitar 30 menit. Bilas bersih menggunakan air dan lakukan secara rutin setiap minggu.

6. Masker Putih Telur Berguna Membuat Kulit Kencang


Masker Putih Telur Berguna Membuat Kulit Kencang

Putih telur memiliki banyak kandungan vitamin yang berguna untuk wajah. Vitamin A bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, mengurangi kerutan dan garis halus serta mencerahkan wajah. Selain itu, menggunakan masker putih telur secara rutin dapat membuat wajah kalian kencang, lho.

Jika kalian tidak menyukai bau amis telur, campurkan dengan lemon atau jeruk nipis setelah memisahkan bagian putih dan kuningnya. Lalu oleskan pada wajah hingga mengering. Ingat, jangan menggerakkan wajah saat menggunakan masker putih telur karena malah akan membuat kerutan di wajah.

7. Masker Minyak Zaitun Menjaga Kandungan Air pada Wajah


Masker Minyak Zaitun Menjaga Kandungan Air pada Wajah

Minyak zaitun dapat mencegah munculnya keriput pada usia dini. Bagaimana bisa? Karena minyak zaitun memiliki kandungan zat lioleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Selain itu, minyak satu ini memiliki antioksidan yang disebut polifenol yang melindungi sel-sesl dari ancaman kerusakan.

Kalian cukup mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Jangan lupa lakukan hal ini secara rutin, ya.

8. Masker Lidah Buaya untuk Melembabkan Kulit


Masker Lidah Buaya untuk Melembabkan Kulit

Lidah buaya mengandung zat yang menghambat pembentukan melanin yakni aloesin. Melanin sendiri merupakan senyawa yang membuat wajah menjadi gelap. Selain itu, tanaman satu ini memiliki manfaat melembapkan, cocok bagi kalian yang berjenis kulit kering.

Penggunaannya cukup mudah, kalian tinggal mengupas daun lidah buaya dan ambil gelnya. Hancurkan lalu oleskan secara merata pada wajah. Kalian juga bisa mencampurkannya dengan air mawar atau madu, lho. Biarkan hingga meresap lalu bilas sampai bersih.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru