Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Meningkatkan Daya Ingat
Forbes
Lifestyle

Bagi kalian yang memiliki masalah dengan ingatan, coba konsumsi 10 makanan yang baik untuk kinerja otak ini.

WowKeren - Otak merupakan salah satu bagian dari kita yang penting. Bukan hanya tubuh, wajah dan rambut yang harus diperhatikan dan dirawat saat kita menua. Namun otak juga perlu banyak nutrisi agar fungsinya tidak menurun.

Masalah yang sering dihadapi saat semakin tua adalah mengenai daya ingat. Semakin bertambah usia, semakin menurun pula daya ingat kita. Kalian tidak menginginkan hal tersebut, kan?


Cara untuk menjaga dan meningkatkan daya ingat sebenarnya cukup mudah yakni dengan memakan-makanan yang penuh nutrisi dan baik untuk otak. Mulai atur pola makan kalian menjadi yang lebih sehat demi kinerja otak yang lebih baik.

Berikut terdapat 10 makanan yang baik untuk meningkatkan daya ingat. Tidak hanya untuk orangtua, makanan ini juga baik dikonsumsi untuk anak-anak. Simak dibawah ini.

(wk/nris)

1. Brokoli dapat Menjaga Daya Ingat


Brokoli dapat Menjaga Daya Ingat

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang paling tidak disukai anak-anak. Padahal brokoli merupakan makanan untuk otak yang terbaik. Kandungan di dalamnya sangat baik untuk menunjang sistem daya ingat.

Kandungan vitamin K di dalamnya sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi otak terhadap kerusakan. Penelitian menyebutkan, para orangtua membutuhkan vitamin K yang tinggi untuk meningkatkan daya ingat lebih baik.

Selain itu, Brokoli mengandung zat besi yang mendorong pembentukan sel darah merah sehingga aliran darah dari jantung ke semua organ dapat berjalan dengan baik. Zat besi juga menjaga otak untuk memperoleh pasokan darah dan oksigen yang cukup agar daya ingat bekerja dengan baik.

2. Alpukat Meningkatkan Konsentrasi Otak


Alpukat Meningkatkan Konsentrasi Otak

Alpukat diketahui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Beragam masker yang terbuat dari buah ini dapat mengatasi berbagai masalah di kulit wajah kalian, lho.

Mengandung vitamin K dan folat, alpukat membantu mencegah pembekuan darah di otak yang tentu saja menjaga kita dari stoke. Kandungan tersebut juga meningkatkan fungsi kognitif terutama ingatan dan konsentrasi.

Tak hanya itu, alpukat mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi. Vitamin C sendiri berguna menjaga sistem kerja vitamin E yang dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan daya ingat karena menghambat aliran darah yang cukup untuk sel-sel otak.

3. Minyak Kelapa Baik untuk Kinerja Otak


Minyak Kelapa Baik untuk Kinerja Otak

Minyak Kelapa salah satu bahan makanan yang baik untuk tubuh kita. Kandungan asam lemak di dalamnya berfungsi sebagai sumber energi yang dapat meningkatkan daya ingat dan kinerja otak.

Selain itu, minyak kelapa berguna sebagai anti-inflamasi alami yang menekan sel yang bertanggung jawab untuk peradangan. Hal ini dapat membantu masalah kehilangan ingatan saat tua dan menghancurkan bakteri jahat di usus.

Untuk penggunaannya, kalian bisa mencampurnya dengan berbagai makanan seperti yogurt. Atau kalian bisa mengganti minyak untuk menggoreng dengan minyak kelapa.

4. Telur Membantu Mencegah Alzheimer


Telur Membantu Mencegah Alzheimer

Telur memiliki banyak vitamin yang berperan penting untuk kesehatan otak yakni B6, B12, folat dan kolin. Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan kolin yang tinggi dapat bermanfaat untuk daya ingat dan mental yang lebih baik. Asupan tersebut dapat kalian peroleh dengan mengonsumsi kuning telur yang memiliki 112 mg kolin. Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi telur karena kolin dapat membantu perkembangan otak bayi.

Sementara itu, vitamin B, B6, B12 dan asam folat diketahui mengurangi kadar senyawa yang disebut homosistein dalam darah. Peningkatan kadar homosistein sendiri telah dikaitkan dengan risiko stroke, gangguan kognitif dan alzheimer.

5. Minyak Zaitun untuk Meningkatkan Ingatan


Minyak Zaitun untuk Meningkatkan Ingatan

Satu lagi jenis minyak yang berguna untuk otak adalah minyak zaitun. Kandungan polifenol yang merupakan antioksidan dapat meningkatkan daya ingat dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan karena usia. Selain itu, minyak zaitun juga membantu melawan protein beracun yang membahayakan otak.

6. Kandungan dalam Salmon Berperan Penting Bagi Otak


Kandungan dalam Salmon Berperan Penting Bagi Otak

Salmon merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega 3 (DHA dan EPA). Otak sendiri menggunakan omega 3 untuk membangun sel otak dan sarat. Jadi, kandungan tersebut berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 lebih berpikiran tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan. Kandungan omega 3 juga membantu menjaga keseimbangan kolesterol baik.

7. Kacang atau Selai Kacang Baik untuk Melindungi Sel Saraf


Kacang atau Selai Kacang Baik untuk Melindungi Sel Saraf

Kacang merupakan makanan yang menghasilkan banyak energi. Energi tersebut berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Kacang juga kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf.

Sebuah penelitian di American Journal of Epidemiology menunjukkan asupan vitamin E yang baik dapat mencegah penurunan kognitif terutama pada orangtua. Selain itu, vitamin E bersama tiamin akan membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.

8. Biji Labu Dapat Melindungi Otak dari Radikal Bebas


Biji Labu Dapat Melindungi Otak dari Radikal Bebas

Siapa sangka biji labu dapat bermanfaat untuk otak? Biji labu mengandung antioksidan kuat yang melindungi tubuh dan otak dari kerusakan radikal bebas.

Selain itu, biji labu mengandung seng yang penting untuk sinyal saraf. Sementara magnesium di dalamnya baik untuk proses belajar dan ingatan. Kadar magnesium dan seng yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit neurologis seperti depresi bahkan alzheimer.

9. Biji Bunga Matahari Punya Manfaat Besar untuk Otak


Biji Bunga Matahari Punya Manfaat Besar untuk Otak

Biji bunga matahari merupakan makanan yang dapat membuat otak bekerja lebih tenang dan mengurangi tekanan otak. Hal tersebut akan membuat otak menangkap daya ingat yang lebih besar. Keseimbangan emosi juga bisa membantu otak bekerja lebih maksimal.

Selain itu, biji bunga matahari mengandung betain yang mampu mencegah penyakit tekanan darah tinggi dan menjaga jantung. Walau kecil ternyata manfaatnya besar, ya?

10. Kubis Ungu Mencegah Ganguan Daya Ingat


Kubis Ungu Mencegah Ganguan Daya Ingat

Kubis ungu ternyata memiliki manfaat untuk menambah daya ingat. Kandungan vitamin C dan kadar antosianin yang sangat tinggi merupakan nutrisi yang penting bagi otak. Vitamin C sendiri akan membantu merangsang produksi sel darah putih sehingga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika imun kita baik, maka sistem peredaran darah, saraf dan bagian yang terhubung ke otak juga bekerja dengan baik pula.

Bukan hanya itu, zat antosianin sangat baik untuk melindungi sistem ingatan dan daya kerja otak. Zat ini dapat mencegah gangguan memori yang disebabkan karena penumpukan plak pada pembuluh darah otak.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait