8 Cara Jitu Hilangkan Bau di Sepatu dengan Bahan Alami Tanpa Perlu Dicuci
123rf
Lifestyle

Malas dan ribet mencuci sepatu yang bau? Manfaatkan beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan bau tak sedap pada sepatu hanya dalam semalam saja.

WowKeren - Setelah beraktivitas seharian, kamu tentunya akan memproduksi banyak keringat. Seringkali keringat tersebut juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Tidak hanya di badan, salah satu anggota tubuh yang terkena apes bau keringat adalah kaki. Hal itu tentu saja juga berpengaruh pada bau tak sedap yang kemudian muncul di sepatumu.


Bau tak sedap di sepatu memang sungguh mengganggu, bukan cuma untukmu saja, tapi juga orang lain. Namun, seringkali kita hanya akan membiarkannya berlalu karena malas dan ribet untuk mencuci sepatu.

Tenang saja, ternyata ada cara jitu untuk menghilangkan bau di septumu tanpa dicuci, lho. Menariknya, cara-cara tersebut hanya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat dan bisa dilakukan hanya dalam semalam. Apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.

(wk/silm)

1. Menghilangkan Bau Tak Sedap di Sepatu Pakai Kopi


Menghilangkan Bau Tak Sedap di Sepatu Pakai Kopi

Sudah tidak menjadi rahasia lagi kalau bau kopi memang sedap. Bagi para pecinta kopi, sebelum meminumnya, mereka pasti akan menyesap aroma sedap dari kopi yang disajikan untuk mereka. Nah, aroma sedap dari kopi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu.

Cara ini juga terhitung sangat mudah. Agar tidak menyulitkanmu untuk membersihkan sepatumu, masukkan beberapa sendok bubuk kopi ke dalam tisu atau kertas tipis. Setelah itu, masukkan gumpalan berisi kopi tersebut ke dalam sepatumu dan biarkan selama semalam. Paginya, sepatumu dijamin bebas bau.

2. Atasi Bau Tak Sedap pada Sepatu dengan Kertas Koran


Atasi Bau Tak Sedap pada Sepatu dengan Kertas Koran

Jika kamu membeli sepatu baru, kamu pasti melihat beberapa kertas ataupun kertas koran dimasukkan ke dalamnya. Ternyata, hal itu juga berfungsi jika kamu ingin menghilangkan bau tak sedap dalam sepatumu.

Koran merupakan bahan yang baik dalam menyerap bau. Membungkus sepatumu dengan beberapa koran bekas akan sangat membantu.

Caranya, ambil beberapa lembar koran lalu remas dan masukkan gumpalan koran tersebut ke dalam sepatu hingga penuh dan padat. Kamu juga bisa membungkus sepatu bagian luarmu dengan koran untuk hasil maksimal. Setelah itu, diamkan selama semalam. Dijamin bau tak sedap yang timbul di sepatumu akan hilang seketika.

3. Soda Kue Terbukti Ampuh Hilangkan Bau Tak Sedap pada Sepatu


Soda Kue Terbukti Ampuh Hilangkan Bau Tak Sedap pada Sepatu

Soda kue merupakan salah satu bahan alami yang mudah ditemukan. Selain digunakan sebagai bahan untuk membuat kue, soda kue juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatumu.

Soda kue memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap bau. Hal itu tentu akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau di sepatumu tanpa harus ribet mencucinya.

Caranya adalah dengan memasukkan beberapa sendok soda kue ke dalam sepatu. Goyangkan sedikit untuk membuat soda kue tersebar rata. Biarkan selama semalam. Esok paginya, bersihkan soda kue yang ada di sepatumu dengan menggunakan sikat.

4. Zat Anti Bakteri pada Kulit Jeruk Ampuh Hilangkan Bau pada Sepatu


Zat Anti Bakteri pada Kulit Jeruk Ampuh Hilangkan Bau pada Sepatu

Kulit jeruk mengandung zat anti bakteri yang ampuh dan bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Diketahui, bau tak sedap yang timbul juga bisa disebabkan karena perkembangbiakan bakteri. Untuk itu, kandungan dalam kulit jeruk yang ampuh membunuh bakteri ini sangat wajib kamu coba untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu.

Di sisi lain, kulit jeruk juga memiliki aroma yang sedap dan bisa menggantikan aroma tak sedap yang ada pada sepatumu. Kulit jeruk juga memberikan aroma kesegaran yang membuat sepatumu tak berbau meski tidak dicuci.

Cara memanfaatkan kulit jeruk ini sangatlah gampang. Cukup kupas jeruk dan masukkan beberapa lembar kulitnya ke dalam sepatumu. Diamkan selama semalam untuk membiarkan kulit jeruk menyerap aroma tak sedap sekaligus membunuh bakteri yang ada dalam sepatumu.

5. Kantong Teh Celup Mampu Atasi Bau Tak Sedap di Sepatu dengan Mudah


Kantong Teh Celup Mampu Atasi Bau Tak Sedap di Sepatu dengan Mudah

Untuk menghilangkan bau dengan bahan alami dan tanpa dicuci, kamu bisa memanfaatkan kantung teh celup. Sama halnya dengan kopi, teh juga memiliki aroma harum yang kerap dinikmati para penggemarnya.

Untuk menghilangkan bau sekaligus membunuh bakteri, kamu bisa memanfaatkan jenis teh hitam. Jenis teh ini mengandung tanin yang efektif membunuh bakteri yang berkembang biak di sepatu dan menimbulkan bau.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau dengan kantong teh. Pertama, yakni dengan cara memasukkan kantong teh celup ke dalam sepatu dan membiarkannya semalaman. Kedua, dengan cara mencelupkannya dulu ke dalam air panas selama beberapa menit kemudian angkat dan biarkan agak dingin. Setelah itu, masukkan ke dalam sepatu selama satu jam atau lebih. Kemudian, lap cairan teh yang menetes di dalam sepatu.

6. Bukan Hanya untuk Bahan Makanan, Bawang Bombay Juga Mampu Hilangkan Bau di Sepatu


Bukan Hanya untuk Bahan Makanan, Bawang Bombay Juga Mampu Hilangkan Bau di Sepatu

Sering digunakan sebagai bahan makanan, bawang bombay ternyata juga ampuh digunakan sebagai penyerap bau. Bawang Bombay dipercaya mampu menyerap bau busuk yang timbul akibat bakteri yang berkembang dari keringat yang ada di sepatumu.

Cara memanfaatkan bawang bombay untuk menyerap bau dalam sepatu ini juga sangat mudah. Masukkan beberapa potong bawang bombay ke dalam sepatu selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan bawang bombay dalam sepatu dan dijamin bau tidak sedap akan hilang dari sepatumu.

7. Serap Bau Tak Sedap dalam Sepatu Pakai Pasir Kucing


Serap Bau Tak Sedap dalam Sepatu Pakai Pasir Kucing

Jika kamu memelihara kucing di rumah, ini akan jadi kabar baik untukmu yang juga punya sepatu berbau tak sedap. Malas mencuci, tapi terganggu dengan bau di kakimu? Manfaatkan pasir kucing untuk mengatasinya.

Caranya pun tak kalah mudah. Taburkan beberapa sendok pasir kucing dalam sepatumu. Diamkan semalaman untuk membiarkannya menyerap bau tak sedap dalam sepatumu. Setelah itu, pada pagi harinya, buang pasir kucing yang ada dalam sepatumu dan bersihkan sisanya menggunakan sikat kecil. Dijamin, bau tak sedap pada sepatumu akan hilang seketika.

8. Masukkan Sepatu dalam Freezer Semalaman untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap


Masukkan Sepatu dalam Freezer Semalaman untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap

Cara ini terbilang cukup unik, namun juga tak kalah ampuh. Tanpa mencucinya dan juga tanpa ribet mencari bahan-bahan lain, kamu bisa menghilangkan bau pada sepatu dengan mudah. Ya, dengan cara memasukkannya dalam lemari es.

Akan tetapi, jangan lantas memasukkan sepatumu langsung ke dalam lemari es, ya. Bungkus dulu sepatu dengan plastik kemudian masukkan ke dalam lemari es. Setelah itu, lemari es akan bekerja membunuh bakteri yang ada di sepatumu dan membuatnya bebas dari bau tak sedap. Biarkan sepatu dalam lemari es selama semalam. Setelah itu, angin-anginkan sebentar sepatu yang baru keluar dari lemari es dan siap kamu gunakan setelahnya. Ayo coba dan buktikan sendiri keampuhan cara-cara hilangkan bau tak sedap dalam sepatu ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru