Atasi Berbagai Keluhan, Ini 10 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Tubuh
Ferguson Pressroom
Health

Jangan menyepelekan manfaat mandi dengan air hangat. Kegunaannya besar banget, lho untuk tubuh kita. Mau tahu?

WowKeren - Selesai beraktivitas seharian adalah waktu yang tepat untuk melepas penat dengan tidur. Hal tersebut bukanlah pilihan yang tepat lantaran tubuh masih berkeringat, kotor dan bau, walaupun kalian mungkin bekerja di ruangan yang tertutup dan ber-AC. Kenyamanan tidur pun bisa terganggu karena hal itu, lho.

Sebaiknya sebelum tidur kalian membersihkan diri terlebih dahulu dengan mandi. Namun, mandi pada malam hari pun tidaak baik jika dalam cuaca yang dingin. Pasti mager (malas gerak) juga merasakan dinginnya air, kan? Maka dari itu, untuk tetap dapat menjaga kebersihan diri dianjurkan untuk mandi dengan air hangat.

Mandi air hangat sebenarnya memiliki banyak manfaat, bukan hanya membasmi kuman di permukaan kulit, lho. Mandi dengan air hangat bisa meredakan menyeri otot, membatu pembakaran kalori hingga berguna untuk kesehatan jantung. Yuk simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Manfaat Mandi Air Hangat untuk Melancarkan Peredaran Darah


Manfaat Mandi Air Hangat untuk Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat pertama dari mandi dengan air hangat adalah melancarkan sistem peredaran darah. Siklus darah dalam tubuh yang terganggu dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti insomnia, kelelahan, sakit kepala dan masih banyak lagi.

Dengan berendam atau mandi menggunakan air hangat sekitar 5 menit kalian dapat membuat kinerja pembuluh darah yang mengandung oksigen ke otak jadi lebih maksimal. Kalian tidak akan murah terserang sakit kepala atau migran dan penyakit lainnya.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur dengan Mandi Menggunakan Air Hangat


Meningkatkan Kualitas Tidur dengan Mandi Menggunakan Air Hangat

Ketika merasa lelah, sebagian orang bukannya tidur pulas tapi malah mengalami insomnia. Padahal keesokan harinya, kalian masih harus beraktivitas seperti biasanya. Solusi terbaik untuk hal tersebut adalah mandi dengan air hangat sebelum beristirahat.

Beberapa ilmuwan menyarankan untuk tidur dalam ruangan yang sejuk lantaran suhu tubuh yang dingin akan membantu kalian tidur nyenyak. Saat mandi dengan air hangat suhu tubuh akan naik, namun kemudian turun ketika keluar. Hal tersebut mempercepat produksi melatonin yang membantu kalian cepat mengantuk dan tidur dengan nyenyak.

3. Manfaat Mandi dengan Air Hangat Baik untuk Kesehatan Jantung


Manfaat Mandi dengan Air Hangat Baik untuk Kesehatan Jantung

Menurut beberapa penelitian, mandi dengan air hangat dapat membantu mengurangi tekanan darah karena sirkulasinya akan lebih lancar. Dengan begitu, beberapa masalah kesehatan yang melibatkan jantung seperti stroke dan serangan jantung juga dapat dicegah.

Air hangat akan menginduksi aliran darah dan sirkulasi yang lebih baik sehingga akan menyehatkan tubuh secara menyeluruh khususnya jantung. Jadi, jangan takut mandi air hangat, ya. Manfaatnya besar, lho.

4. Mandi Air Hangat untuk Mengatasi Iritasi Kulit


Mandi Air Hangat untuk Mengatasi Iritasi Kulit

Bagi yang mengalami penyakit kulit seperti gatal-gatal, ruam, dan lainnya kalian bisa mencoba mandi dengan menggunakan air hangat. Kalian dapat menambahkan beragam minyak esensial seperti minyak zaitun, lavender, minyak kelapa dan lainnya. Bahan-bahan tersebut dapat menenangkan kulit dan membuat kalian lebih rileks.

5. Mengatasi Sembelit dengan Mandi Menggunakan Air Hangat


Mengatasi Sembelit dengan Mandi Menggunakan Air Hangat

Mengatasi Sembelit dengan Mandi Menggunakan Air Hangat
Sembelit merupakan kondisi di mana pergerakan usus tidak teratur, sehingga sulit untuk buang air besar. Masalah ini bisa diatasi dengan mandi menggunakan air hangat. Karena air hangat dianggap mampu merangsang usus besar untuk dapat bekerja dengan baik yang pada akhirnya membantu melancarkan proses pencernaan.

6. Mandi Air Hangat dapat Meredakan Stres


Mandi Air Hangat dapat Meredakan Stres

Menurut psikolog, dari survei pada 80 orang, mandi air hangat terbukti mengurangi rasa depresi dan pesimisme. Hal itu disebabkan karena air hangat dapat memberikan kombinasi antara kenyamanan dan juga ketenangan sehingga tubuh dan pikiran merasa nyaman.

Selain itu, mandi air hangat dapat melebarkan nadi dan melancarkan peredaran darah ke otak. Jika aliran darah lancar, maka tubuh menjadi lebih rileks dan segar setelah mandi.

7. Manfaat Mandi Air Hangat untuk Mengeluarkan Racun di Tubuh


Manfaat Mandi Air Hangat untuk Mengeluarkan Racun di Tubuh

Mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun di tubuh dapat dengan berbagai cara. Salah satu yang paling mudah adalah dengan berendam atau mandi menggunakan air hangat. Sebenarnya detoksifikasi merupakan proses alamiah yang biasanya ditangani oleh organ hati dan ginjal.

Saat mandi dengan ari hangat, kalian dapat meningkatkan sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh yang nantinya akan memicu keringat keluar lebih banyak sekaligus mengeluarkan racun dari tubuh. Kalian tidak perlu menambahkan campuran apa-apa, kok.

8. Redakan Penyakit Pilek dengan Mandi Air Hangat


Redakan Penyakit Pilek dengan Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga baik untuk meredakan gejala pilek. Uap yang dihasilkan dari air hangat dapat membuat pembuluh darah di area wajah dan hidung menjadi lancar sehingga melonggarkan sumbatan lendir. Selain itu, mandi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan virus dengan lebih baik.

9. Mandi Air Hangat untuk Membantu Proses Pembakaran Kalori


Mandi Air Hangat untuk Membantu Proses Pembakaran Kalori

Jika kalian ingin kurus tapi malas berolahraga, mandi dengan air hangat bisa jadi solusi yang pas. Saat mandi dengan air hangat, kalian akan mengeluarkan keringat karena uap yang dihasilkan. Uap tersebut juga bisa membakar kalori dalam tubuh lebih cepat.

10. Mengatasi Nyeri Otot dengan Mandi Air Hangat


Mengatasi Nyeri Otot dengan Mandi Air Hangat

Seusai beraktivitas, kalian pasti mengalami pegal-pegal dan nyeri otot dan tubuh terasa kaku. Mandi dengan air hangat dapat mengatasi hal tersebut.

Kalian bisa menambahkan garam epson dalam air hangat untuk membantu mengurangi peradangan pada persendian. Saat bangun pagi, tubuh juga akan terasa lebih segar.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait