7 Cara Perawatan Wajah yang Benar untuk Cegah dan Atasi Timbulnya Jerawat Dewasa
Lifestyle

Jerawat ternyata masih bisa timbul di usia dewasa, cara perawatan wajah yang salah bisa memperparah keadaannya.

WowKeren - Memasuki usia dewasa berarti kulit bisa mulus dan sudah bebas dari jerawat? Sayangnya, hal itu belum tentu juga terjadi. Banyak orang yang ternyata masih mempunyai jerawat yang terus muncul bahkan di usia lebih dari 20 tahunan. Apa sebabnya?

Banyak faktor yang menjadi sebab masih munculnya jerawat di usia dewasa ini. Berbagai faktor tersebut seperti masalah hormon, tingginya tingkat stres, polusi udara, pemilihan produk yang salah, makanan tertentu penyebab jerawat, hingga cara yang salah dalam membersihkan wajah.


Ya, cara membersihkan wajah yang salah ternyata bisa membuat jerawat terus-terusan timbul di wajahmu. Bukan hanya cara mencucinya saja, cara merawatnya pun cukup berpengaruh untuk kulit wajah. Cara membersihkan dan merawat yang salah akan membuatmu tetap berjerawat meski di usia dewasa.

Akan tetapi, jangan terlanjur bingung karena ada cara-cara yang benar untuk merawat wajah demi terhindar dari timbulnya jerawat dewasa. Langsung saja, simak ulasannya sebagai berikut.

(wk/silm)

1. Hindari Memencet Jerawat dengan Tangan


Hindari Memencet Jerawat dengan Tangan

Tidak hanya pada kasus jerawat dewasa, pada jerawat biasa pun kamu harus menghindari memencet jerawat. Kebiasaan ini bisa menyebabkan inflamasi pada kulitmu. Akibatnya, bakteri akan semakin menyebar dan jerawat yang timbul di wajahmu justru semakin banyak.

Selain itu, tanganmu sendiri dapat menjadi sarang dari berbagai bakteri setelah beraktivitas seharian. Menyentuh wajah dengan tanganmu tentu bisa menyebabkan bakteri yang ada di tangan berpindah ke wajah.

Sebagai solusinya, jika kamu ingin menyentuh wajah, pastikan telah mencuci tangan terlebih dahulu. Mengaplikasikan hand sanitizer setelahnya juga dapat membantumu terhindar dari bakteri.

2. Hindari Produk Kecantikan yang Berbahan Dasar Minyak


Hindari Produk Kecantikan yang Berbahan Dasar Minyak

Salah satu penyebab utama timbulnya jerawat adalah karena produksi minyak yang berlebih pada wajah. Oleh karena itu, memakai produk kecantikan yang berbahan minyak justru akan semakin memperparah keadaannya.

Jika wajahmu tergolong wajah yang berminyak, usahakan untuk menghindari berbagai produk kecantikan yang memiliki kandungan minyak. Sebaliknya, pilih produk-produk yang berbahan dasar air atau water based.

Produk yang berbahan dasar air ini menggunakan air sebagai formulasi utama mereka. Kandungan minyak yang ada dalam produk-produk berbahan dasar air ini juga sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali sehingga aman untuk wajah berjerawat. Produk dengan bahan dasar air ini berfungsi memberikan perlindungan sekaligus melarutkan minyak yang ada di wajah.

3. Cuci Muka Hanya 2 Kali Sehari


Cuci Muka Hanya 2 Kali Sehari

Memiliki wajah yang berminyak mungkin akan membuatmu tidak nyaman. Akibatnya, kamu menjadi sering mencuci muka. Namun, hal itu ternyata justru akan memperparah timbulnya jerawat dewasa di wajahmu.

Terlalu sering mencuci wajah hanya akan menyebabkan kulit iritasi. Selain itu, mencuci wajah terlalu sering juga akan merangsang produksi minyak pada wajah. Hal itu tentu tidak baik untuk wajahmu yang sudah terkena jerawat dewasa.

Mencuci muka tidak boleh dilakukan terlalu sering. Cukup batasi mencuci muka selama 2 kali dalam sehari, saat pagi dan juga malam hari. Durasi mencuci wajahpun harus kamu tentukan untuk hasil yang maksimal. Minimal durasi mencuci wajah yang disarankan adalah 5 sampai 10 menit.

Jika kamu tidak memakai riasan atau produk kecantikan apapun, kamu bisa hanya membasuhnya dengan air hangat di malam hari. Namun, pastikan kamu tetap mencuci wajah di pagi hari setelah bangun tidur. Saat tidur, wajah akan banyak mengeluarkan kotoran sisa yang harus dibersihkan.

4. Gunakan Air Hangat untuk Mencuci Muka


Gunakan Air Hangat untuk Mencuci Muka

Selama ini ternyata masih banyak orang yang memercayai cara mencuci wajah yang salah. Banyak di antara mereka hanya menggunakan air dengan suhu biasa saat mencuci muka. Ada juga yang memakai air panas untuk membuka pori-pori kemudian dilanjutkan membilasnya dengan air dingin.

Tahukah kamu bahwa cara tersebut ternyata salah kaprah. Pori-pori ternyata tidak memiliki otot untuk membuka maupun menutup sehingga cara tersebut tidak sepenuhnya benar. Air panas yang disebut akan membuka pori-pori dan membiarkan produk kecantikan meresap ke dalam kulit justru hanya akan menimbulkan kulit yang kering dan juga iritasi.

Untuk mengganti "kepercayaan" yang salah kaprah ini, usahakan untuk mencuci wajah dengan air yang hangat saja atau air dengan suhu suam-suam kuku. Air yang hangat akan lebih mudah membersihkan wajah daripada air yang dingin. Wajah yang bersih dan terhindar dari minya yang berlebih akan menjauhkanmu dari timbulnya jerawat dewasa.

5. Hindari Menggosok-Gosok Wajah


Hindari Menggosok-Gosok Wajah

Saat sedang mencuci wajah, beberapa orang mungkin akan cenderung melakukan gerakan menggosok-gosok sabun muka dengan keras. Namun, cara mencuci ini ternyata sangat tidak dianjurkan dan cenderung disarankan untuk tidak dilakukan.

Ya, mencuci wajah dengan cara digosok-gosok merupakan cara yang salah. Menggosok-gosok wajah bisa menyebabkan kulit tertarik dan akan berpengaruh pada elastisitas kulit wajah. Sebaiknya, lakukan pijatana-pijatan ringan pada wajah saat melakukan pembersihan.

Selain itu, saat mengeringkan wajah, cara yang tepat adalah dengan menepuk-nepuknya hingga kering. Usahakan juga membedakan handuk khusus wajah dan handuk khusus tubuh. Hal itu akan sangat bepengaruh pada timbulnya jerawat di usia dewasa.

6. Lakukan Perawatan Wajah dengan Masker Lumpur


Lakukan Perawatan Wajah dengan Masker Lumpur

Beberapa perawatan untuk mencegah dan mengatasi timbulnya jerawat dewasa bisa kamu lakukan dengan mudah. Salah satunya adalah dengan rutin memakai masker lumpur.

Tidak hanya lumpur atau tanah liat saja, kamu juga bisa mencampurkannya dengan arang atau teh hijau. Diketahui, lumpur, arang, dan teh hijau merupakan bahan alami yang mampu membasmi jerawat.

Selain itu, masker lumpur juga dipercaya mampu mengusir komedo serta menyerap minyak berlebih. Rutin memakai masker lumpur juga bisa mengurangi dan mencegah peradangan akibat jerawat.

7. Mengaplikasikan Retinol pada Wajah


Mengaplikasikan Retinol pada Wajah

Saat semua cara sudah dicoba, tapi jerawat dewasa tak kunjung tuntas, tenang karena masih ada solusinya. Kamu bisa mengatasi masalah jerawat ini dengan melakukan perawatan menggunakan retinol.

Retinol dipercaya mampu mengurangi keriput hingga membuat kulit sehat bebas jerawat. Selain itu, retinol juga mampu membuka pori-pori wajah yang tersumbat. Diketahui, pori-pori yang tersumbat merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat.

Namun, kamu tetap harus waspada saat memakai krim berbahan zat retinol ini. Memakainya secara berlebihan bisa membuat kulitmu mengalami iritasi. Oleh karena itu, pastikan hanya mengoleskan sedikit krim di bagian yang berjerawat. Lakukan pada malam hari dan jangan lupa memakai pelembab untuk menghindari kulit terasa kering.

Beberapa produk retinol membutuhkan resep dokter untuk memakainya. Sementara itu, beberapa produk lainnya bisa kamu temukan dijual bebas di beberapa apotek.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait