Wajib Tahu, Hindari Mengonsumsi 6 Minuman Ini Sebelum Olahraga
rodolfoperes
Lifestyle

Saat berolahraga tubuh membutuhkan asupan yang bisa merubah energi dengan cepat, namun tidak dengan minuman-minuman ini. Apa saja?

WowKeren - Sebelum berolahraga, tubuh membutuhkan asupan energi yang cukup. Namun, tidak semua makanan bagus dikonsumsi untuk tubuh sebelum berolahraga. Begitu pula dengan minuman.

Sebuah penelitian dari Columbia University menyebutkan bahwa seseorang disarankan meminum 600 ml air putih sebelum olahraga. Setelah itu, tambahan 250 ml saat pemanasan.


Beberapa orang mungkin saja tidak hanya meminum air putih sebelum olahraga. Namun, beberapa minuman ternyata sangat tidak dianjurkan dan bahkan terlarang dikonsumsi sebelum berolahraga.

Apa saja minuman yang harus diwaspadai untuk tidak dikonsumsi sebelum berolahraga? Simak ulasannya sebagai berikut.

(wk/silm)

1. Jangan Minum Soda Sebelum Olahraga


Jangan Minum Soda Sebelum Olahraga

Soda menjadi salah satu minuman terlarang yang tidak boleh dikonsumsi sebelum berolahraga. Beberapa orang mugkin merasa mendapatkan energi dari kafein yang terkandung pada soda. Namun, meminumnya sebelum berolahraga tidak akan membuatmu mendapatkan energi dan justru bisa berbahaya.

Soda mengandung banyak gula yang tidak baik untuk tubuh. Selain itu, soda juga memicu peningkatan produksi gas yang akan membuat perutmu kembung. Masih ada lagi, soda diketahui mengandung sejumlah besar natrium yang dapat mengeluarkan air dari sel-sel tubuh dan membuatmu dehidrasi.

Hal yang sama juga berlaku pada minuman soda khusus diet. Minuman tersebut diketahui mengandung sejumlah pemanis buatan yang akan menimbulkan berbagai efek buruk untuk tubuh. Kamu mungkin akan mengalami migrain, kehilangan ingatan, dan juga perubahan suasana hari.

Daripada minum soda sebelum berolahraga, kamu bisa menggantinya dengan minum teh hijau dingin. Minuman tersebut kaya antioksidan dan juga telah terbukti mampu mengurangi beberapa risiko kanker.

2. Tak Hanya Soda, Sparkling Water Juga Dilarang Dikonsumsi Sebelum Olahraga


Tak Hanya Soda, Sparkling Water Juga Dilarang Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Bukan hanya soda, salah satu minum berkarbonasi yang harus dihindari sebelum berolahraga adalah sparkling water. Meskipun sparkling water lebih sehat daripada soda, hal itu tidak banyak memberikan pengaruh pada perutmu jika akan berolahraga.

Sparkling water masih termasuk dalam minuman berkarbonasi. Untuk itu, efeknya jika diminum sebelum berolahraga juga hampir sama dengan soda.

Sparkling water mengisi perutmu bukan hanya dengan air, tapi juga dengan gas. Akibatnya, kamu akan merasa lebih cepat kenyang. Namun, rasa kenyang tersebut bisa juga membuatmu menjadi kurang minum air putih dan justru mengalami dehidrasi. Jika diminum sebelum berolahraga, seseorang yang terus-terusan mengeluarkan keringat akan kehilangan banyak cairan dan ini bukanlah hal yang baik.

3. Lebih Lama Dicerna, Hindari Minum Susu Sebelum Olahraga


Lebih Lama Dicerna, Hindari Minum Susu Sebelum Olahraga

Minuman yang berbahan susu juga harus kamu hindari sebelum berolahraga. Susu mengandung protein, karbohidrat, dan juga lemak. Kandungan tersebut membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna. Sementara itu, tubuh membutuhkan asupan yang bisa diperoleh secara cepat untuk diubah menjadi energi saat berolahraga.

Sama halnya dengan minuman berkarbonasi, susu pun bisa membuatmu meproduksi lebih banyak gas. Hal itu akan menyebabkan ketidaknyamanan di perut.

Daripada mengonsumsinya sebelum olahraga, susu lebih baik diminum sesudah olahraga. Kandungan dalam susu akan membantu menggantikan energi yang terbuang saat berolahraga.

4. Kadar Fruktosa Tinggi, Jangan Mengonsumsi Minuman Sari Buah Sebelum Olahraga


Kadar Fruktosa Tinggi, Jangan Mengonsumsi Minuman Sari Buah Sebelum Olahraga

Tak hanya terlarang dikonsumsi sebelum berolahraga, minuman sari buah sebenarnya juga buruk untuk kesehatan pada umumnya. Minuman jenis ini biasanya mengandung sirup jagung yang tinggi fruktosa. Diketahui, bahan tersebut sangat tidak baik untuk tubuh karena bisa menyebabkan disfungsi hati, sindrom metabolik, dan juga obesitas.

Selain itu, cairan yang tidak mengandung serat alami dari buah tersebut juga akan mencapai perut dan ususmu dengan sangat cepat. Akibatnya, akan terjadi fermentasi yang cepat dan masuknya air dalam usus besar yang menyebabkan kembung dan juga diare.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi air kelapa sebelum berolahraga. Air kelapa dapat menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang selama berolahraga.

5. Sehat Sebagai Pengganti Kopi, Kombucha Justru Dilarang Diminum Sebelum Olahraga


Sehat Sebagai Pengganti Kopi, Kombucha Justru Dilarang Diminum Sebelum Olahraga

Kombucha merupakan minuman teh fermentasi. Kandungan kafein dalam kombucha disebut lebih baik daripada kopi. Untuk itu, kombucha dijadikan salah satu minuman sumber kafein yang baik.

Akan tetapi, kombucha rupanya bukan pilihan baik untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Sama seperti sparkling water, karbonasi alami di dalam kombucha akan memberikan rasa tidak nyaman di perut jika diminum sebelum berolahraga.

6. Mengonsumsi Yogurt Sebelum Olahraga Bisa Sebabkan Kram dan Diare


Mengonsumsi Yogurt Sebelum Olahraga Bisa Sebabkan Kram dan Diare

Hindari mengonsumsi yogurt sebelum berolahraga. Mengonsumsi yogurt memang baik untuk kesehatan, namun tak berlaku sama jika dikonsumsi sebelum berolahraga.

Sama seperti susu dan keju, yogurt mengandung laktosa. Zat tersebut dapat menyebabkan perut kembung dan bahkan diare. Selain itu, yogurt juga mengandung protein yang membutuhkan waktu lebih banyak untuk dicerna.

Mengonsumsi yogurt sebelum olahraga juga bisa membuatmu terkena kram. Kamu mungkin masih bisa mengonsumsinya, namun perhatikan durasi waktu sebelum berolahraga. Jika terpaksa mengonsumsi yogurt, berikan jarak paling tidak dua samap tiga jam sebelum berolahraga.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait