6 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Janin
Health

Susu kedelai bisa jadi pilihan baik untuk ibu hamil dan janin, mau tahu apa saja kegunaannya?

WowKeren - Kehamilan merupakan sebuah anugerah besar yang didapatkan oleh pasangan suami istri. Mereka akan berusaha sebaik mungkin memberikan asupan nutrisi dan menjaga calon bayinya.

Salah satu cara yang sudah banyak digunakan adalah meminum susu. Banyak jenis susu yang bisa diminum oleh ibu hamil, tentunya juga baik untuk janin di dalam kandungan. Sebut saja susu sapi, susu kambing, susu kedelai, dudu almond dan susu kacang hijau.


Bagi wanita yang mungkin sebelumnya tidak menyukai susu, olahan dari kedelai bisa menjadi pilihan. Selain mudah di dapatkan, harganya juga cukup terjangkau. Tak hanya untuk sang ibu, kandungan nutrisi di dalam kedelai juga punya segudang manfaat bagi si janin.

Mau tahu apa saja? Simak terus di bawah ini untuk mengetahui 6 manfaatnya, ya.

(wk/nris)

1. Minum Susu Kedelai untuk Membantu Perkembangan dan Pertumbuhan Janin


Minum Susu Kedelai untuk Membantu Perkembangan dan Pertumbuhan Janin

Janin membutuhkan banyak nutrisi untuk dapat tumbuh dan berkembang. Susu kedelai mengandung mineral, vitamin serta zat gizi lainnya yang membantu proses tersebut. Nutrisi dalam susu kedelai berkhasiat dalam menjaga fungsi mata, pertumbuhan tulang, dan mencegah keguguran.

Tak berhenti sampai di situ, kandungan protein dan bahan penyusunnya seperti arginin, lisin, lesitin dan lainnya juga membantu mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin. Protein tinggi tersebut juga akan mendukung pembentukan jaringan kuku dan rambut.

2. Mencegah Obesitas saat Kehamilan dengan Susu Kedelai


Mencegah Obesitas saat Kehamilan dengan Susu Kedelai

Saat hamil, terkadang banyak calon ibu yang tidak dapat mengontrol berat badan mereka. Sebenarnya hal tersebut sangat wajar, mengingat berat janin yang semakin bertambah.

Untuk mencegah obesitas yang bahaya bagi ibu hamil, susu kedelai bisa menjadi pilihan. Susu kedelai mengandung kadar gula alami lebih kecil dibandingkan susu sapi atau kambing. Selain itu, susu jenis ini membantu melawan kolesterol jahat melalui kandungan lemak nabati.

3. Mengonsumsi Susu Kedelai Dapat Mencegah Cacat Tabung Saraf Pada Janin


Mengonsumsi Susu Kedelai Dapat Mencegah Cacat Tabung Saraf Pada Janin

Cacat tabung saraf adalah penyakit yang terjadi karena bayi kekurangan asam folat selama kehamilan. Dengan meminum susu kedelai, ibu hamil dapat mencegah penyakit tersebut. Asam folat dalam susu kedelai juga aktif meningkatkan pertumbuhan sel saraf pada janin sehingga membantu bayi yang dilahirkan lebih sehat dan cerdas.

4. Susu Kedelai Membantu Meningkatkan Kecerdasan Janin


Susu Kedelai Membantu Meningkatkan Kecerdasan Janin

Tak hanya mencegat kecatatan syaraf, asam folat sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Sehingga kecerdasannya akan meningkat. Memenuhi asupan asam folat selama kehamilan berarti ibu sudah membantu mencegah gangguan perkembangan otak dan saraf janin.

5. Mengatasi Sembelit Selama Kehamilan dengan Susu Kedelai


Mengatasi Sembelit Selama Kehamilan dengan Susu Kedelai

Salah satu masalah yang dihadapi saat hamil adalah sembelit. Tekanan pada usus yang dikarenakan perkembangan janin menyebabkan sang ibu susah buang air besar. Masalah hormon juga membuat usus ibu hamil sulit bekerja dengan baik termasuk usus besar.

Susu kedelai baik untuk memecahkan masalah tersebut. Susu jenis ini mengandung kalori yang cukup sekitar 80 kalori setiap cangkirnya. Minuman ini juga dilengkapi dengan serat yang akan membuat ibu hamil tidak mudah lapar dan melancarkan buang air besar.

6. Rutin Meminum Susu Kedelai Dapat Mencegah Pendarahan Pasca Persalinan


Rutin Meminum Susu Kedelai Dapat Mencegah Pendarahan Pasca Persalinan

Susu kedelai mengandung fitonutrisi, antioksidan alami, asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Kandungan tersebut membantu menjaga kesehatan lapisan pembuluh darah sehingga menurunkan resiko pendarahan selama masa kehamilan. Selain itu, mereka juga melindungi sel darah dari serangan sel jahat dan efeknya bertahan hingga masa persalinan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait