6 Tempat Makan Kaki Lima Legendaris di Semarang
Kuliner

Semarang merupakan kota yang pas buat kalian yang doyan wisata kuliner. Beragam makanan dengan cita rasa khas akan memanjakan lidah kalian.

WowKeren - Semarang dikenal sebagai salah satu pusat kuliner di Indonesia. Pada 2015 silam, Kementrian Pariwisata menetapkan Semarang sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan. Wisata kuliner memang wajib dijadikan aktivitas saat berkunjung ke Ibu Kota Jawa Tengah Ini.

Ada banyak macam wisata kuliner di Semarang yang memiliki makanan khas dan cita rasa yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Di kota ini juga terdapat banyak sekali pedagang kaki lima yang makanannya telah melegenda.


Berikut terdapat 6 makanan kaki lima yang sudah terkenal sejak lama di Semarang. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Nasi Goreng Babat Pak Karmin yang Melegenda


Nasi Goreng Babat Pak Karmin yang Melegenda

Nasi Goreng Babat Pak Karmin telah ada sejak tahun 1971 silam. Nasi goreng babat gongso legendaris ini berada di kawasan Mberok, Kota Lama, Semarang. Menurut Sukarmin, pemiliknya, ia menggunakan resep turun-temurun dari neneknya.

Setiap harinya, Nasi Goreng Babat Pak Karmin ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat malam hari, kalian harus rela mengantri jika ingin merasakan kelezatan makanan ala Pak Karmin ini. Karena setiap harinya warung makan ini dapat menjual hingga 600 piring.

Babat gongso tentu erat kaitannya dengan jeroan. Namun Pak Karmin juga menyediakan pilihan telur dan daging ayam gongso bagi kalian yang enggak doyan jeroan, nih. Tidak perlu khawatir kepedasan, kalian juga bisa mengatur sendiri sesuai selera, lho. Untuk harga sendiri dapat dikatakan murah banget. Nasi babat gongso dihargai Rp 25 ribu, nasi goreng babat juga Rp 25 ribu dan nasi telur hanya Rp 10 ribu rupiah. Murah banget, kan?

2. Segitiga Erlangga dengan Banyak Pilihan Makanan


Segitiga Erlangga dengan Banyak Pilihan Makanan

Buat kalian yang ingin ke wisata kuliner lengkap dari makanan berat hingga jajanan, Segitiga Erlangga bisa jadi pilihannya. Beragam kuliner Semarangan seperti tahu gimbal, es dawet, es campur durian, soto, rujak cacah, bakso dan lainnya tersaji di taman yang berlokasi di Jalan Erlangga Barat yang tidak jauh dari kawasan Simpang Lima ini.

Para penjualnya masih menggunakan gerobak dan mengelilingi taman yang berbentuk segitiga tersebut. Tidak usah khawatir kepanasan, lokasi kuliner ini menyediakan tempat duduk dengan tenda dan pohon besar di tengahnya membuat udara lebih sejuk.

Untuk kulinernya sendiri, yang paling terkenal di Segitiga Erlangga adalah gerobak es dawet durian dan tahu gimbal. Kalian juga bisa menikmati musik live dengan menggunakan alat-alat sederhana. Harganya sendiri dapat dikatakan lebih tinggi dari pedagang kaki lima lainnya karena mereka sudah punya "nama".

3. Nasi Kucing Pak Gik di Dekat Kali Semarang


Nasi Kucing Pak Gik di Dekat Kali Semarang

Satu lagi warung kaki lima yang sangat laris dan legendaris di Semarang adalah Nasi Kucing Pak Gik. Warung yang sudah berdiri sejak lebih dari 50 tahun ini berlokasi di Jalan Wotgandul sebelah kali Semarang.

Warung Nasi Kucing Pak Gik ini cukup unik. Jika yang lain buka mulai dari sore hari hingga malah, warung ini baru buka pada pukul 24.00 WIB, terkadang pukul 23.00 hingga dini hari. Menu yang disajikan sendiri sangat beragam. Mulai dari jajanan seperti mendoan, pangsit, tahu petis hingga menu nasi seperti nasi kering, nasi babat telur, nasi gurih, nasi tahu telur dan masih banyak lagi.

Pengunjung di Nasi Kucing Pak Gik ini tak hanya dari kalangan menengah ke bawah, namun kalangan atas menggunakan mobil mewah juga rela mengantre demi mendapatkan nasi kucing tersebut. Terkadang banyak orang yang membawa koran atau alas untuk duduk sembari memakan nasi kucing di pinggiran kali Semarang.

4. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar di Kota Lama


Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar di Kota Lama

Olahan kambing memang memiliki banyak penggemar. Jika kalian salah satunya, wajib banget berkunjung ke warung Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Letaknya di kawasan Kota Lama, Semarang. Mulanya Pak Sabar, sang pemilik, berjualan gulai kambing hanya menggunakan tenda. Namun setelah ada program revitalisasi Kota Lama, warung itu pindah ke dalam sebuah gedung bangunan tua.

Saat makan di warung ini, kalian bisa memilih sendiri bagian daging dan jeroan mana yang ingin disajikan dalam pesanan. Cara memasaknya pun masih tradisional dengan menggunakan tungku dan arang, lho. Hal tersebut yang mungkin memunculkan aroma khas pada hidangan.

Pengunjung yang datang ke warung ini sangat banyak, mulai dari Semarang hingga luar kota. Apalagi pada saat jam makan siang. Untuk dapat menikmati satu porsi gulai kambing, kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 25 ribu.

5. Kue Lekker Paimo di Depan SMA Kolose Loyola


Kue Lekker Paimo di Depan SMA Kolose Loyola

Sudah cukup puas dengan makanan berat? Meri kita beralih ke jajanan terkenal di Semarang. Yang pertama adalah Lekker Paimo. Pembeli menyebutnya sesuai dengan nama di penjual agar lebih mudah dibedakan dari lekker lainnya.

Penjual lekker di Semarang tentunya banyak banget, namun hanya Lekke Paimo yang menetap di satu lokasi yakni di depan SMA Kolose Loyola. Yang membedakan kue lekker ini hingga terkenal adalah cara penyajiannya. Pak Paimo menghadirkan lekker dengan ragam isi pilihan yang nikmat dan menarik.

Lekker Paimo tidak sesederhana yang lainnya. Ada isian lain seperti telur, sosis, keju, abon, ikan tuna, jagung manis dan masih banyak lagi. Pembeli juga bisa mencampur isian tersebut sesuai dengan selera masing-masing. Harga yang ditawarkan tentu sesuai dengan pesanan mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 16 ribu.

6. Pisang Plenet Gajah Mada khas Semarang


Pisang Plenet Gajah Mada khas Semarang

Jajanan yang kedua adalah pisang plenet, jajanan khas Semarang yang enak namun sayangnya saat ini sudah jarang ditemukan. Pisang plenet merupakan pisang kepok yang dibakar di atas arang lalu ditekan dengan papan kecil hingga bentuknya pipih atau dalam bahasa Jawa "plenet".

Pisang plenet yang terkenal adalah yang berada di sekitar kawasan Jalan Gajah Mada. Warung ini menyediakan berbagai topping yang menggugah selera, mulai dari meses, selai dengan banyak rasa, gula putih dan masih banyak lagi. Satu porsinya hanya sekitar Rp. 6 ribu, lho.

You can share this post!

Related Posts
Loading...