Beri Penghormatan untuk Aretha Franklin, Madonna Malah Tuai Hujatan
Instagram/madonna
Selebriti

Alih-alih mengisahkan sosok Aretha Franklin, Madonna justru dinilai lebih banyak 'curhat' mengenai dirinya sendiri.

WowKeren - Kabar terbaru datang dari diva pop dunia, Madonna. Belum lama ini, musisi berusia 60 tahun tersebut diketahui menjadi salah satu penampil dalam ajang penghargaan MTV Video Music Awards 2018 yang digelar pada Senin (20/8) malam lalu.

Dalam acara yang dilangsungkan di Radio City Music Hall, New York tersebut, Madonna memberikan penghormatan kepada mendiang Aretha Franklin. Namun sayangnya, penghormatan tersebut rupanya malah memicu makian dari netizen untuk Madonna.

Alih-alih mengisahkan sosok Aretha Franklin, pelantun "Material Girl" itu justru lebih banyak "curhat" mengenai dirinya sendiri. Dilansir Washington Post pada Rabu (22/8), Madonna memulai sesi penghormatan untuk mendiang Aretha dengan mengisahkan awal mula kariernya di industri musik Hollywood. Hingga kemudian ia mengatakan bahwa kehidupan dan kesuksesannya amat dipengaruhi oleh sosok Aretha Franklin.

Palantun "Vogue" itu bercerita bahwa ia menyanyikan salah satu hits milik Aretha, "(You Make Me Feel Like A) Natural Woman" saat mengikuti audisi teater musikal pertamanya di awal kariernya. Cerita Madonna lalu berlanjut dengan pengalaman dia saat hijrah ke Paris untuk mengejar impiannya.

"Dua pria Prancis melihatku. Aku tanya apakah mereka tahu lagu Aretha Franklin. Mereka mengangguk lagi. Mereka lalu menengadah ke pianis. Aku bilang, tidak butuh partitur. Aku hafal liriknya. Aku tahu betul lagunya dan akan menyanyikannya secara a capella," kenang Madonna.

"Itu adalah awal dari perjalananku sebagai penyanyi.. dan sisanya adalah sejarah," lanjut Madonna. "Aku pulang beberapa bulan setelahnya karena aku tidak mendapatkan apa yang kuinginkan."

Kemudian Madonna mengklaim bahwa Aretha adalah inspirasi terbesarnya. "Semua ini tidak akan terjadi, atau dapat terjadi, tanpa Lady of Soul kita. Dia membimbingku seperti saat ini, dan aku tahu dia menginspirasi banyak pihak di ruangan ini. Aku ingin berterima kasih padamu Aretha karena telah menginspirasi kami semua. R-E-S-P-E-C-T. Long live the Queen," pungkas Madonna.


Usai memberikan penghormatan tersebut, netizen pun mulai memberikan beragam respon. Namun sebagian besar dengan terang-terangan melayangkan kritikan pada Madonna. Bahkan diva pop itu dituding memanfaatkan momen penghormatan untuk Aretha sebagai upaya mempromosikan diri sendiri.

"Kupikir seharusnya Madonna memberi penghormatan kepada Aretha tetapi semua yang kudengar adalah dia memberikan penghormatan untuk dirinya sendiri," cibir seorang netizen. "Aku muak saat Madonna membuat semuanya (penghormatan) tentang dirinya sendiri, bahkan ketika berbicara atas nama tokoh-tokoh kita," sahut netizen lain. "Jadi bukannya memberikan penghormatan sebenarnya untuk Aretha, Madonna malah membicarakan tentang dirinya selama 10 menit?!" timpal lainnya.

Bahkan, pihak MTV selaku penyelenggara pun tak luput dari kritikan netizen. "Semua artis berkulit hitam sebenarnya bisa memberikan penghormatan untuk Aretha dan MTV menghadirkan Madonna untuk bercerita tentang dirinya? #VMAs D.I.S.R.E.S.P.E.C.T." sindir salah satu netizen.

Di sisi lain, Aretha Franklin diketahui meninggal pada 16 Agustus lalu setelah melawan penyakit kanker pankreas yang telah ia derita sejak tahun 2010. Aretha meninggal di usia 76 tahun di rumahnya di Detroit. Kepergian pelantun "I Say a Little Prayer" tersebut jelas menimbulkan duka yang mendalam di dunia musik.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru