7 Tips Cerdas Mengelola Uang Saku untuk Mahasiswa
Lifestyle

Kehidupan tak hanya untuk hari ini, masih ada besok, besok lusa dan seterusnya. Jangan sia-siakan uang untuk hal tak berguna. Yuk intip cara mengelola keuangan.

WowKeren - Mahasiswa biasanya selalu bermasalah dengan yang namanya keuangan. Sebagian dari mereka yang hidupnya mengandalkan uang jajan dari orangtua tidak pandai dalam mengelola keuangan.

Kesulitan mengelola keuangan sebenarnya menyebabkan dampak negatif bagi diri sendiri. Kalian bisa saja kewalahan untuk memenuhi kebutuhan di akhir bulan. Lebih parahnya kalian akan hobi dan menumpuk hutang kepada teman.

Agar dapat mengelola uang jajan dengan baik, yuk ikuti 7 langkah di bawah ini. Selain kondisi ekonomi terjaga, kalian juga malah bisa dapat keuntungan, lho.

(wk/nris)

1. Langsung Pisahkan Uang untuk Menabung dan Kebutuhan Sehari-Hari


Langsung Pisahkan Uang untuk Menabung dan Kebutuhan Sehari-Hari

Menabung adalah hal sederhana yang sering sekali terlupakan. Saat uang sudah habis di akhir bulan biasanya mahasiswa baru ingat belum menyisahkan uangnya untuk disimpan. Maka dari itu, sejak awal menerima uang bulanan kalian wajib memisahkannya menjadi dua bagian yakni uang untuk ditabung dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menabung tentunya memiliki banyak manfaat di masa yang akan datang. Jika suatu saat membutuhkan uang dalam jumlah yang lumayan banyak dan mendadak, tabungan dapat membantu memecahkan masalah tersebut.

Dalam menabung kalian juga memerlukan target agar tetap giat dan rutin. Setiap bulannya kalian harus mematok target sekian rupiah untuk ditabung. Hitung terlebih dulu keperluan primer kalian setiap bulannya, mulai dari ongkos transportasi, makan, uang kost, kuota dan sebagainya. Setelah itu, pisahkan dengan uang yang akan ditabung. Jadi jangan menunggu sisa di akhir bulan dan uang yang ditabung harus konsisten setiap bulannya.

2. Catat Semua Pengeluaran Setiap Hari


Catat Semua Pengeluaran Setiap Hari

Dalam mengelola keuangan, hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui kemana uang tersebut mengalir. Jadi kalian perlu mencatat berapa pun jumlah yang kalian keluarkan untuk sesuatu. Di zaman yang serba canggih ini sudah banyak aplikasi pencatat keuangan, kok. Jadi kalian tidak perlu repot membawa buku atau kertas lagi.

Selain itu, usahakan menulis angka yang jujur. Gunanya agar tidak ada perbedaan jumlah di catatan dan uang yang tersisa di dompet.

3. Masak Sendiri di Rumah atau Membawa Bekal Agar Hemat


Masak Sendiri di Rumah atau Membawa Bekal Agar Hemat

Makanan merupakan hal yang paling banyak mengeluarkan uang. Tentunya tak salah mengeluarkan uang untuk makanan. Apalagi makan memang kebutuhan primer kita sebagai manusia. Namun, ada baiknya jika kalian memasak sendiri di rumah atau kost. Biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah dari pada membeli di warung.

Dengan membawa bekal, kalian juga dapat menjamin serta menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi. Sudah hemat, sehat pula.

4. Membeli Barang yang Dibutuhkan


Membeli Barang yang Dibutuhkan

Saat berbelanja seringkali seseorang tidak bisa mengontrol kebutuhannya. Misalnya, dari rumah ingin membeli A, B, C namun sesampainya di supermarket malah bertambah jadi D, E dan F. Hal ini lah yang membuat pengeluaran membengkak.

Hal yang perlu kalian lakukan adalah mencatat apa saja yang kalian butuhkan. Fokus untuk membeli barang-barang yang sudah dicatat sebelumnya. Ingat tentang kebutuhan primer dan sekunder.

5. Lakukan Perbandingan Harga Sekecil Apapun


Lakukan Perbandingan Harga Sekecil Apapun

Trik berbelanja lainnya agar dapat mengontrol keuangan adalah membandingkan harga produk di beberapa tempat. Dengan hal tersebut kalian dapat membeli barang yang harganya lebih murah namun kualitas tetap sama. Jangan sepelekan perbedaan Rp 1.000 pun, lho.

6. Manfaatkan Fasilitas Gratis di Kampus atau Tempat Umum


Manfaatkan Fasilitas Gratis di Kampus atau Tempat Umum

Sebagian orang terkadang tidak memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan. Padahal fasilitas tersebut memang disediakan untuk digunakan banyak orang. Misalnya saja drinking fountain yang semakin banyak di tempat umum. Tak jarang orang memilih membeli air minum sendiri daripada mengonsumsi air gratisan tersebut.

Bagi mahasiswa, kalian bisa memanfaatkan wifi yang tersedia di area kampus. Manfaatkan juga buku yang tersedia di perpustakaan sebagai referensi tugas kuliah dari pada harus membeli kuota internet atau membayar sewa warnet.

7. Lakukan Investasi Kecil untuk Masa Depan


Lakukan Investasi Kecil untuk Masa Depan

Investasi mungkin terdengar cukup berat untuk kalangan mahasiswa mengingat harga saham perusahaan besar atau properti tidak terjangkau untuk kalangan mahasiswa. Investasi sendiri tak harus ke hal besar seperti yang disebutkan sebelumnya.

Mahasiswa yang memiliki uang saku terbatas bisa berinvestasi ke uang asing yang selalu naik dari tahun ke tahun. Yang lebih populer lagi menginvestasikan uang dengan membeli logam mulia berseterfikat PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait