7 Tips Dasar Soal Makeup yang Tak Banyak Diketahui Perempuan
shutterstock
Lifestyle

Mulai dari rutinitas sebelum merias wajah hingga menjaga alat dan produk makeup, pemula wajib tahu soal ini.

WowKeren - Menjadi cantik adalah idaman tiap perempuan. Selain rutin melakukan perawatan wajah, menggunakan makeup juga menjadi salah satu hal wajib bagi beberapa perempuan.

Sayangnya, kesukaan memakai makeup tersebut tidak dibarengi dengan pengetahuan yang sepadan. Beberapa perempuan sepertinya masih melakukan beberapa kesalahan dalam mengaplikasikan makeup di wajah mereka. Hal itu bisa timbul lantaran kurangnya pengetahuan soal dasar-dasar makeup.


Ya, seperti misalnya apa saja yang harus dilakukan sebelum mengaplikasikan berbagai produk makeup. Bisa juga mengenai bagaimana cara yang tepat dalam memilih lipstik. Tentu saja, untuk beranjak ke level ahli, kamu wajib tahu dulu dong soal dasar-dasar memakai makeup ini.

Nah, daripada terus terjebak dalam kesalahan, lebih baik kamu segera ketahui beberapa tips dasar soal makeup yang dilansir dari beberapa sumber berikut ini deh. Eits, kebanyakan perempuan juga belum mengetahui tips-tips ini, lho. Jadi, segera ketahui dan jangan lupa berbagai tipsnya ke teman yang lain, ya.

(wk/silm)

1. Sampo Bayi Bisa Digunakan Sebagai Penghapus Makeup


Sampo Bayi Bisa Digunakan Sebagai Penghapus Makeup

Rutinitas membersihkan makeup menjadi salah satu hal yang penting. Kalau tidak dibersihkan dengan benar, makeup yang tersisa dan menumpuk dalam pori-pori wajahmu bisa menyebabkan berbagai masalah kulit.

Sementara banyak perempuan harus menghabiskan banyak uang untuk membeli produk pembersih makeup, ternyata ada cara yang murah dan mudah, lho. Dengan menggunakan bahan ini, kamu juga tak perlu khawatir soal kulit kering yang biasanya menjadi dampak dari pemakaian pembersih makeup yang keras.

Seorang penata rias Hollywood bernama Tony Fleshman, dilansir dari Brightside, mengatakan bahwa ia selama ini hanya membersihkan makeup dengan sampo bayi. Sampo bayi tersebut menjadi bahan favoritnya selama bertahun-tahun untuk membersihkan makeup. Sampo bayi yang murah dan dapat ditemukan di mana-mana tentu akan membuatmu tidak merasakan kesulitan.

Sampo bayi sangat bagus digunakan untuk membersihkan makeup yang tebal sekalipun. Bahan sampo yang dikhususkan untuk kulit bayi yang sensitif juga tidak akan membuat kulitmu terasa kering. Selain itu, sampo bayi juga bisa digunakan untuk mencuci kuas makeup milikmu agar tetap bersih dan terasa lembut.

2. Begini Cara Menutup Dark Circle yang Benar


Begini Cara Menutup Dark Circle yang Benar

Dark circle atau lingkaran hitam di kantung mata menjadi salah satu masalah yang banyak dialami orang. Bagi para perempuan, menutup dark circle saat memakai makeup adalah hal yang wajib dilakukan.

Berbagai jenis concealer digabung untuk mendapatkan warna yang sesuai untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata tersebut. Sayang, meski sudah demikian, lingkaran hitam tersebut tak sepenuhnya bisa tertutup.

Sebelum menggerutu, ada baiknya kamu mengecek ulang bagaimana kamu mengaplikasikan concealer tersebut. Cara yang tpat dalam mengaplikasikan makeup di kantung mata ini sangat berpengaruh pada hasilnya, lho.

Dilansir dari Total Beauty, The Napoleon Perdis Paparazzi Make Up To-Go menganjurkan kita untuk menerapkan teknik "Hollywood V". Teknik tersebut akan membuat lingkaran hitam di kantung matamu tertutup secara sempurna.

Cara menerapkan teknik ini adalah dengan membentuk huruf "V" dari sudut luar ke sudut dalam di bawah matamu menggunakan concealer. Setelah itu, ratakan dengan cara menepuk-nepuk ringan menggunakan spons atau kuas.

3. Tutup Kerutan di Kelopak Mata dengan Eyeshadow Matte


Tutup Kerutan di Kelopak Mata dengan Eyeshadow Matte

Riasan mata menjadi salah satu hal yang cukup susah dalam tahapan merias wajah. Riasan di bagian wajah yang satu ini memang membutuhkan banyak teknik. Mulai dari bagaimana menggoreskan eyeliner hingga mencampur warna eyeshadow yang tepat.

Namun, sebelum beranjak ke tahap tersebut, ada baiknya kamu mengetahui satu tips dasar soal makeup mata ini. Tips ini adalah soal bagaimana menutup kerutan di kelopak mata dengan baik.

Seperti kita tahu, pada kelopak mata seringkali ditemukan beberapa kerutan. Hal itu bisa muncul lantaran kurangnya waktu tidur hingga proses penuaan dini. Kerutan tersebut tentu akan terlihat tidak indah jika kamu salah memilih eyeshadow

Jika kamu memiliki kerutan di kelopak mata yang ingin kamu sembunyikan, rahasianya adalah dengan menggunakan eyeshadow matte. Jangan pilih warna eyeshadow yang terlalu menyala dan memiliki efek berkilau.

4. Wajib Mencuci Spons Makeup Sebelum Memakainya


Wajib Mencuci Spons Makeup Sebelum Memakainya

Sebelum menerapkan makeup, kita seringkali disibukkan dengan menyiapkan wajah kita terlebih dahulu. Misalnya nih dengan mencuci wajah, memberikan pelembab hingga memakai masker. Padahal, ada satu hal yang enggak kalah pentingnya, yakni menyiapkan alat makeup agar bisa lebih efektif saat digunakan.

Sebelum menggunakan spons makeup ada baiknya, atau mungkin juga wajib, bagimu untuk mencuci dan membasahinya dengan air terlebih dahulu. Cara ini diterapkan untuk membuat makeup menempel secara lebih alami sekaligus menghemat produk makeup. Alat makeup yang senantiasa bersih juga akan menghindarkanmu dari bakteri yang menumpuk dan menimbulkan masalah kulit.

5. Cara Memilih Warna Lipstik dan Foundation yang Sesuai


Cara Memilih Warna Lipstik dan Foundation yang Sesuai

Memilih lipstik merupakan perkara yang susah-susah gampang. Beberapa perempuan terlihat mengoleskan lipstik di bagian telapak tangan untuk memilih warna yang pas bagi mereka. Namun, tak jarang warna tersebut justru terlihat berbeda saat diterapkan di bibir.

Benar saja karena cara tersebut tak sepenuhnya tepat. Hal itu karena adanya perbedaan warna kulit di berbagai bagian tubuh. Kulit di bibir memiliki warna yang jauh lebih cerah dibandingkan kulit di tangan. Oleh karena itu, saat memilih lipstik, sebaiknya kamu mencobanya di bagian ujung jarimu yang memiliki warna yang hampir sama dengan bibir.

Hal yang sama juga berlaku dalam memilih foundation. Untuk mendapatkan warna yang sesuai, kamu sebaiknya tidak mencobakannya di tangan. Oleskan sedikit krim di bagian dalam lengan bawah atau di ujung atas leher untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan kulitmu.

6. Sembunyikan Kemerahan Bekas Jerawat dengan Obat Tetes Mata


Sembunyikan Kemerahan Bekas Jerawat dengan Obat Tetes Mata

Saat memakai makeup, menutup bekas luka atau kemerahan akibat jerawat juga menjadi hal yang penting. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menutup kemerahan di wajah, kamu bisa melakukan hal yang sangat mudah.

Kuncinya adalah menggunakan obat tetes mata. Beberapa ahli menyebutkan bahwa obat mata sangat efektif untuk meredakan kemerahan di wajah. Dengan begitu, kamu tak perlu bersusah payah menerapkan terlalu banyak concealer atau foundation untuk menutupinya.

Obat tetes mata diketahui mengandung tetrahidrozoline yang memiliki fungsi untuk mengecilkan pembuluh darah. Dengan cara itulah obat tetes mata dikenal ampuh mengurangi kemerahan pada mata akibat iritasi. Nah, hal yang sama juga berlaku untuk kemerahan akibat jerawat atau bekas jerawat yang ada di wajah.

7. Jangan Simpan Alat Makeup di Kamar Mandi


Jangan Simpan Alat Makeup di Kamar Mandi

Meski tidak berhubungan dengan bagaimana menerapkan makeup di wajah, namun tips ini cukup penting untuk diketahui. Mengingat masih banyaknya perempuan yang menyimpan alat-alat makeup mereka di dekat cermin yang ada di kamar mandi.

Selain fakta bahwa bakteri mampu bereproduksi dalam kondisi hangat dan basah lebih cepat, keadaan tersebut juga akan memengaruhi berbagai produk dan alat makeup. Suhu demikian akan menurunkan kualitas kosmetik yang kamu miliki.

Beberapa penata rias profesional bahkan sengaja menempatkan bahan penyerap khusus pada tempat penyimpanan alat dan produk makeup mereka. Ingat, kebersihan dan kehigienisan makeup yang kamu gunakan akan berpengaruh juga pada kesehatan kulit wajahmu. Jadi, hal ini juga sangat penting untuk diterapkan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait