Debut Barengan, Netter Bandingkan Popularitas 2PM dan SHINee di Masa Lalu
Selebriti

Seperti ini gambaran popularitas 2PM dan SHINee di era puncak mereka serta pendapat para netter.

WowKeren - SHINee tampil di panggung untuk pertama kalinya pada 25 Mei 2008 lewat lagu bertajuk "Replay". Sedangkan 2PM memulai karier mereka di industri musik dengan lagu berjudul "10 Points Out of 10" serta resmi debut pada 4 September 2018.

Menjadi grup yang debut di tahun yang sama, SHINee dan 2PM pun kerap dibandingkan meski keduanya mengusung konsep yang berbeda. SHINee lebih dikenal sebagai grup beranggotakan pretty boys sementara 2PM mendapat julukan beast-dol berkat imej mereka yang manly.


Selama karier mereka, SHINee dan 2PM juga menapaki jalan yang berbeda. 2PM sempat melejit dan menjadi idol yang dikagumi banyak orang pada 2009-2010 di mana saat itu, lagu-lagu mereka seperti "Again & Again" serta "Heartbeat" banyak dikumandangkan di seantero negeri.

SHINee sendiri memang tak pernah melejit setinggi 2PM meski lagu-lagu mereka seperti "Ring Ding Dong" dan "Lucifer" juga menjadi hits. Kendati demikian, grup besutan SM Entertainment ini menikmati popularitas yang lebih stabil dan awet dibandingkan rekan debutnya.

Popularitas SHINee dan 2PM di masa lalu menjadi bahan pembicaraan netter di situs komunitas online. Sebagian besar netter sepakat kalau popularitas 2PM memang tak boleh diragukan di puncak karier mereka dulu.

"SHINee dan 2PM mirip tapi 2PM meroket dengan 'Again & Again' dan mencapai puncak di industri musik. Pasar idol biasanya penuh dengan cowok cantik yang nggak punya bahu tapi 2PM membawa tren beast-dol. 2009 adalah tahunnya 2PM. Masa emas mereka berlangsung singkat tetapi popularitas mereka sangat luar biasa. Di sekolahku, teman-temanku nonton 'Wild Bunny' dan membicarakan 2PM sepanjang waktu. YouTube tidak populer di Korea pada waktu itu jadi view tidak penting," komentar netter.

"Popularitas SHINee nggak cukup sensasional tapi mereka selalu populer. Masa emas 2PM singkat tapi mereka sensasional. Ini seperti 2PM mencapai puncak dan kemudian menghilang. Mereka yang bersekolah pada 2009-2010 pasti tahu. Chocolate abs sedang tren. Di Gayo Daejun, SNSD mewakili idol cewek dan 2PM mewakili idol cowok. MBC Gayo Daejun adalah pestanya 2PM," kata netter lainnya.

"Dari yang aku rasakan, kalau soal masa emas maka 2PM, kalau soal karier jangka panjang maka SHINee. Masa emas 2PM luar biasa. Mereka adalah grup pertama yang mengusung konsep beast-dol. Menurutku puncak karier mereka adalah 'Heartbeat'. Performance mereka saat merobek baju dan piramida manusia begitu mengejutkan. Aku nggak menganggap mereka mempesona karena aku masih kecil pada saat itu tapi kalau aku melihat mereka pada usiaku saat ini, aku akan sangat menyukai mereka," ujar yang lain.

You can share this post!

Related Posts